Foto Gunung Gamalama Meletus 16 Mei 2012

FOTO GUNUNG GAMALAMA TERNATE MALUKU UTARA MELETUS 16 MEI 2012VIDEO GUNUNG GAMALAMA MELETUS. Musibah kembali menimpa bangsa Indonesia, setelah sebelumnya terjadi kecelakaan jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100 di gunung Salak Bogor yang banyak memakan korban jiwa, hari 16/05/2012 kembali terjadi bencana gunung gamalama meletus.

Warga di sekitar lokasi panik dan berhamburan keluar rumah setelah gunung Gamalama di Ternate, Maluku Utara, kembali meletus sekitar pukul 11.00 WITA. Bumyi letusan gemuruh terdengar keluar dari kawah dan letusan gunung Gamalama menghasilkan asap hitam tebal. Awan tebal menyebabkan pandangan visual tidak bisa melihat letusan gunung gamalam secara sempurna.

Suara gemuruh akibat letusan tersebut membuat warga panik dan berhamburan keluar rumah. Bahkan kepanikan juga terjadi di sekolah-sekolah di Kota Ternate, yang memaksa pihak sekolah terpaksa memulangkan siswa lebih awal karena khawatir terjadi letusan lebih besar lagi.

Meskipun demikian, secara umum aktivitas warga di pusat Kota Ternate tetap normal. Darmo Lamene, Kepala Pos Pemantau Gunung Gamlama, menyebutkan status gunung masih Waspada, karena masih terjadi peningkatan aktivitas dengan gempa embusan yang cukup besar.

Darmo Lamene juga meminta warga agar tidak panik dan selalu mentaati arahan dari pemerintah setempat. Warga juga diimbau tidak beraktivitas di radius dua kilometer dari kawah Gamalama demi keselamatan dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Foto-foto Gunung Gamalama Meletus

Foto Gunung Gamalama Meletus

Lava Gunung Gamalama Meletus

Aliran Lahar Dingin Gunung Gamalama Meletus

Letusan Hebat Gunung Gamalama Meletus

Berdasarkan informasi dari wikipedia, Gunung Gamalama adalah sebuah gunung stratovolcano kerucut yang merupakan keseluruhan Pulau Ternate, Kepulauan Maluku, Indonesia. Gunung Gamalama mempunyai ketinggian 1.715 meter di atas permukaan laut. Gunung Gamalama ditutupi Hutan Montane pada ketinggian 1.200 – 1.500 m dan Hutan Ericaceous pada ketinggian di atas 1.500 m.

Sebelumnya pada 11 Desember 2011 Gunung Gamalama juga pernah meletus. Aktivitas Gunung Gamalama meletus pada tanggal 11-12-2011 Pukul 17.30 WIT mengeluarkan asap hitam tebal mengarah ke arah Selatan Kota Ternate. Video diambil dari Kelurahan Sango Kec.Ternate Utara.

Video Gunung Gamalama Meletus Tanggal 11 Desember 2011 (Doc.Depolis, sumber YouTube)

LebahNdut turut prihatin terhadap musibah gunung gamalama yang meletus. Semoga saja Gunung Gamalama di Ternate, Maluku Utara segera normal kembali seperti sedia kala sehingga masyarakat di sekitarnya dapat beraktivitas dan hidup dengan aman dan normal.

100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.
Advertisements