Kapan Bayi Butuh Susu Formula Lanjutan Pendamping ASI?

KAPAN BAYI BUTUH SUSU FORMULA LANJUTAN SEBAGAI MAKANAN PENDAMPING ASI? – Air Susu Ibu (ASI) adalah yang terbaik dan sempurna untuk bayi. Namun sering kali ASI saja tidak lah cukup untuk memenuhi kebutuhan bayi khususnya ketika bayi telah menginjak usia 6 bulan, dimana saat-saat tersebut bayi mulai membutuhkan makanan pendamping ASI.

Kali ini Lebah Ndut akan memberikan beberapa informasi penting sehubungan dengan susu formula lanjutan dan makanan pendamping ASI untuk bayi.

Susu Formula Lanjutan Bayi Makanan Pendamping ASI

Idealnya ASI hendaknya diberikan secara eksklusif hingga bayi berusia 6 bulan dan lebahndut.blogspot.com sangat menganjurkan untuk melanjutkannya hingga anak berusia 2 tahun dengan dilengkapi makanan pendamping yang sesuai.

Di saat itulah bayi membutuhkan susu formula lanjutan sebagai makanan pendamping bagi bayi. Fungsi susu formula/makanan pendamping adalah untuk mencukupi kebutuhan protein dan kalori pada bayi mulai usia 6 bulan.

Lalu, bagaimana memilih susu formula lanjutan yang tepat untuk bayi? Sebagai makanan pendamping ASI, sudah semestinya susu formula bayi yang diberikan hendaknya memiliki komposisi gizi yang sesuai dengan kebutuhan bayi, antara lain:

  • Nukleotida
  • Bifidobakteria Laktis
  • Selenium
  • Kolin berperan sebagai bahan pembentuk fosfatidilkolin bagian penting dari membran sel
  • Makronutrisi, seperti: protein, lemak dan karbohidrat
  • Mikronutrisi, seperti: vitamin, zat besi dan kalsium

Disamping mengandung nutrisi dan gizi dengan kandungan komposisi di atas, pastikan juga bahwa susu formula yang digunakan tidak menyebabkan alergi pada bayi atau gangguan pencernaan pada bayi.

Dan bagi umat Islam tentunya memilih susu formula lanjutan yang HALAL untuk makanan pendamping ASI menjadi salah satu prioritas utama karena “makanan” yang masuk kedalam tubuh bayi haruslah makanan yang HALAL dan baik serta menyehatkan.

Semoga saja setelah membaca artikel dari LEBAHNDUT ini, Anda tahu kapan seharusnya memberikan susu formula kepada bayi sebagai pelengkap makanan pendamping ASI.

Advertisements