BIOGAS: Pengertian Manfaat dan Komposisi Biogas

BIOGAS Pengertian Manfaat dan Komposisi Biogas – Apakah pengertian biogas itu? Bagaimana terjadinya dan apa saja komposisi dari BIOGAS? Lalu apa kira-kira manfaat dan kegunaan biogas?

Hmm.., mungkin beberapa pertanyaan dasar mengenai biogas di atas sering kali mengusik otak Anda yang belum begitu paham mengenai biogas. Untuk itu posting kali ini, Lebahndut akan mencoba berbagi pemahaman dan pengetahuan seputar biogas untuk Anda semua.

Biogas Pengertian Manfaat dan Komposisi Biogas

Disini kita sama-sama belajar, jadi harapan lebahndut.net, tulisan kali ini dapat menjadi sebuah referensi awal mengenai beberapa hal pokok tentang biogas.

Pengertian Biogas

Apakah biogas itu? Biogas adalah campuran gas yang dihasilkan dari aktivitas bakteri metanogenik pada kondisi anaerobik atau fermentasi bahan-bahan organik (Wahyuni 2010). Biogas merupakan produk dari pendegradasian substrat organik secara anaerobik. Karena proses ini menggunakan kinerja campuran mikroorganisme dan tergantung terhadap berbagai faktor seperti suhu, pH, hydraulic retention, rasio C:N dan sebagainya sehingga proses ini berjalan lambat (Yadvika et al. 2004).

Sementara itu, menurut Indiartono (2006), teknologi biogas pada dasarnya memanfaatkan proses pencernaan yang dilakukan oleh bakteri metanogen yang produknya berupa gas metan (CH4) yang mencapai 60 %. Bakteri ini bekerja pada lingkungan yang tidak ada udara (anaerob), sehingga proses ini juga disebut pencernaan anaerob (anerob digestion).

Komposisi biogas

Bahan baku biogas dapat berasal dari segala kotoran binatang, termasuk manusia. Sampah organik juga dapat digunakan sebagai bahan pokok pembuatan biogas (Aprianti 2007). Menurut (Meynell 1976) semua bahan organik yang terdapat dalam tanama, karbohidrat, selulosa adalah salah satu bahan baku biogas. Selulosa secara normal mudah dicerna oleh bakteri, tapi selulosa dari beberapa dari beberapa bahan tanaman sedikit sulit didegradasi bila dikombinasikan dengan lignin. Lignin merupakan molekul kompleks yang memiliki bentuk rigid dan struktur berkayu dari tanaman, dan bakteri hampir tidak dapat mencernanya. Pada Tabel 2 di bawah ini, terdapat beberapa bahan yang dapat digunakan untuk menghasilkan biogas yang berasal dari tumbuhan maupun dari kotoran hewan.

Menurut Wahyuni (2010), satu (1) m3 setara dengan elpiji 0,46 kg, Minyak tanah 0,62 liter, minyak solar 0,52 liter, bensin 0,80 liter, dan kayu bakar 3,5 kg.

Manfaat Biogas

Biogas merupakan energi terbarukan. Bahan baku pembuatan biogas merupakan bahan alami dan banyak kita jumpai di sekitar kita.

Mengurangi ketergantungan terhadap gas LPG. Pemanfaatan biogas sebagai pengganti gas LPG akan menciptakan kemandirian energi sehingga masyarakat akan tetap mendapatkan bahan bakar jika terjadi kelangkaan LPG.

Mengurangi pencemaran. Konversi limbah / sisa bahan organik menjadi biogas akan dapat mengurangi tingkat pencemaran sehingga dapat menciptakan lingkungan yang bersih.

Mengurangi pemanasan global (Global warming). Gas metana (CH4) merupakan salah satu penyumpang utama terhadap fenomena efek rumah kaca. Limbah atau sisa organik yang dibuang di tempat sampah dapat mengeluarkan gas metana melalui proses anaerob oleh berbagai mikroorganisme. Hal ini tentunya membahayakan lingkungan. Namun, jika limbah tersebut dimanfaatkan untuk membuat biogas, maka gas metana tidak terlepas ke atmosfer.

Ampas biogas dapat digunakan sebagai pupuk. Ampas biogas yang telah kehilangan gasnya (slurry) mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tumbuhan.

Referensi:

Arati J.M. 2009. Evaluating The Economic Feasibility Of Anaerobik Digestion Of Kawangware Market Waste[Tesis]. Manhattan: Kansas State University.

Indiartono Y. S. 2006. Reaktor Biogas Skala Kecil/ Menengah. http://www.indeni.org/content/view/63/48/. [21 Des 2010]

Meynell P. J. 1976. Methane : Planning Digester. Great Britain : Prism Press.

Wahyuni S. 2010. Biogas. Jakarta : Penebar Swadaya.

Yadvika S, Sreekrishnan T.R, Sangeta K, dan Vineet R. 2004. Enchancement of Biogas Production From Solid Substrat Using Different Techniques- A Riview. J Biore Technol 95:1-10

Itulah sedikit ulasan mengenai pengertian, komposisi dan manfaat biogas dalam kehidupan manusia. Semoga Anda dapat mengambil manfaat dari artikel ilmiah yang singkat ini.

Baca juga:

BIOGAS: Pengertian Manfaat dan Komposisi Biogas - Artikel Menarik Lainnya:

LEBAHNDUT - Baca Juga: