Apa itu Aktiva Tetap? Definisi Pengertian Aktiva Tetap

Apa itu Aktiva Tetap? Definisi Pengertian Aktiva Tetap – Inilah penjelasan mengenai pengertian dan definisi apa itu Aktiva Tetap, barangkali ada diantara Anda yang sedang mencari arti dan makna istilah AKTIVA TETAP.

Apa itu Aktiva Tetap? Definisi Pengertian Aktiva Tetap

Aktiva Tetap adalah aset berwujud yang dimiliki untuk digunakan dalam produksi atau penyediaan barang atau jasa, untuk direntalkan kepada pihak lain, atau untuk tujuan administratif; dan diharapkan untuk digunakan selama lebih dari satu periode. Contoh aset tetap antara lain: properti, bangunan, pabrik, alat-alat produksi, mesin, kendaraan bermotor, furnitur, perlengkapan kantor, komputer, dan lain-lain.

Definisi Aktiva Tetap Menurut Para Ahli

Pengertian Aktiva Tetap Menurut Horngren & Harison (1997: 502) adalah: “Aktiva yang dapat digunakan dalam jangka yang lama dan bentuk fisiknya memberikan kegunaan dari aktiva tersebut.”

Pengertian Aktiva Tetap Menurut Hendi Somantri (2000:121) “Aktiva tetap atau disebut plant assets adalah aktiva berwujud yang dimiliki untuk digunakan dalam kegiatan usaha perusahaan, dan mempunyai masa manfaat lebih dari satu tahun”.

Pengertian Aktiva Tetap Menurut John J. Wild dalam bukunya “Analisa Laporan Keuangan” yang diterjemahkan oleh Yanivi S. “Aktiva tetap adalah aktiva berwujud tak lancar yang digunakan dalam proses manufaktur, penjualan atau jasa untuk menghasilkan pendapatan dan arus kas selama lebih dari satu periode.” (2005;304)

Pengertian Aktiva Tetap Menurut Haryono Yusuf dalam bukunya “Dasar-dasar Akuntansi Keuangan”, bahwa “Aktiva tetap adalah aktiva berwujud yang digunakan dalam operasi perusahan dan tidak dimaksudkan untuk dijual dalam rangka kegiatan normal perusahaan”.(2001:153)

Pengertian Aktiva Tetap Menurut Zaki Baridwan (2000;22): “Aktiva Tetap adalah aktiva-aktiva yang dapat digunakan lebih dari satu periode seperti tanah, gedung-gedung, mesin dan alat-alat, perabot, kendaraan, dan lain-lain.”

Pengertian Aktiva Tetap Menurut Slamet Sugiri (2009;137) Aset tetap adalah aset berwujud yang:
a. dimiliki untuk digunakan dalam produksi atau penydiaan barang atau jasa, untuk direntalkan pada pihak lain, atau untuk tujuan administratif
b. diharapkan untuk digunakan selama lebih dari satu periode

Pengertian Aktiva Tetap Menurut Abdul Halim dan Bambang Supomo (2001:154) aktiva tetap adalah “Aktiva tetap adalah kekayaan yang dimiliki dan digunakan untuk beroperasi dan memiliki masa manfaat dimasa yang akan datang lebih dari satu periode anggaran serta tidak dimaksudkan untuk dijual.”

Pengertian Aktiva Tetap Menurut Arthur J Keown dan telah diterjemahkan oleh Chaerul D. Djakman, dalam bukunya “Dasar-dasar Manajemen Keuangan” (2001:82): Aktiva tetap atau jangka panjang (fixed atau Long-term assets) terdiri atas peralatan, bangunan, tanah

Pengertian Aktiva Tetap Menurut PSAK 16 (2004: 16.1) menyatakan bahwa; “Aktiva tetap adalah aktiva tetap yang berwujud yang diperoleh dalam bentuk siap pakai atau dengan dibangun terlebih dahulu yang digunakan dalam operasi perusahaan dan mempunyai masa manfaat lebihdari satu tahun.”

Pengertian Aktiva Tetap Menurut IAI melalui PSAK No.16 (2004:16.2) mengemukakan pengertian aktiva tetap sebagai berikut: “aktiva tetap adalah aktiva berwujud yang diperoleh dalam bentuk siap pakai dengan dibangun terlebih dahulu, yang digunakan dalam operasi perusahaan tidak dimaksudkan untuk dijual dalam rangka kegiatan normal perusahaan dan mempunyai masa manfaat lebih dari satu tahun.”

Pengertian Aktiva Tetap Menurut Jerry J. Weygandt (2007:566) yang di alih bahasakan oleh Ali Akbar Yulianto, Wasilah, dan Rangga Handika, mengemukakan pengertian aktiva tetap sebagai berikut: “Aset tetap (plant assets) adalah sumber daya yang memiliki tiga karakteristik: memiliki bentuk fisik, digunakan dalam kegiatan operasional, dan tidak untuk dijual ke konsumen.”

Pengertian Aktiva Tetap Menurut Warren, Reeve & Fess (2006:504) yang di alih bahasakan oleh Aria farahmita, Amanugrahani dan Taufik hendrawan, mengemukakan pengertian aktiva tetap sebagai berikut: “aktiva tetap (fixed assets) merupakan aktiva jangka panjang atau aktiva yang relative permanen.”

Pengertian Aktiva Tetap Menurut H. Greuning dalam bukunya “Standar Pelaporan Keuangan Internasional: Pedoman Praktis” yang diterjemahkan oleh Edward Tanujaya, menjelaskan bahwa: “Aktiva tetap adalah aktiva berwujud yang dimiliki untuk digunakan dalam produksi atau penyediaan barang atau jasa, seperti penyewaan kepada pihak lain atau untuk tujuan administrasi dan dipekirakan akan digunakan selama lebih dari satu periode”. (2005;170)

Pengertian Aktiva Tetap Menurut Wit & Erhans (2000;82): Aktiva tetap adalah aktiva berujud yan berumur lebih dari satu tahun yang dimiliki oleh perusahaan dengan tujuan untuk dipakai dalam perusahaan bukan untuk dijual kembali.

Pengertian Aktiva Tetap Menurut Soemarso S.R dalam bukunya Akuntansi Suatu Pengantar, menyatakan bahwa: “Aktiva Tetap Berwujud (Tangible Fixed Assets) Adalah aktiva berwujud yang masa manfaatnya lebih dari satu tahun,digunakan dalam kegiatan perusahaan, dimiliki tidak untuk dijual kembali dalam kegiatan normal perusahaan, serta nilainya cukup besar.” (2005:20)

Pengertian Aktiva Tetap Menurut Mulyadi (2001; 591) dalam bukunya sistem akuntansi, bahwa: “Aktiva tetap adalah kekayaan yang di miliki perusahaan yang memiliki wujud, mempunyai manfaat yang ekonomis lebih dari satu tahun, dan di peroleh perusahaan untuk melaksanakan kegiatan perusahaan, bukan untuk di jual kembali, karena kekayaan ini mempunyai wujud, seringkali aktiva tetap di sebut dengan aktiva tetap berwujud (tangible fixed assets)”.

Itulah pengertian Aktiva Tetap atau definisi Aktiva Tetap. Cari makna istilah lainnya hanya di situs definisi dan pengertian www.lebahndut.net. Sekarang Anda sudah tahu apakah “Aktiva Tetap” itu.

Baca juga: Aktiva Lancar Dan Aktiva Tetap, AKTIVA TETAP MENURUT PARA AHLI, definisi aktiva, Kimcil pabrik kayu lapis temanggung

Apa itu Aktiva Tetap? Definisi Pengertian Aktiva Tetap - Artikel Menarik Lainnya:

LEBAHNDUT - Baca Juga: