Apa itu Akuntansi? Definisi Pengertian Akuntansi

Apa itu Akuntansi? Definisi Pengertian Akuntansi – Inilah penjelasan mengenai pengertian dan definisi apa itu Akuntansi, barangkali ada diantara Anda yang sedang mencari arti dan makna istilah AKUNTANSI.

Apa itu Akuntansi? Definisi Pengertian Akuntansi

Akuntansi adalah suatu proses mencatat, meringkas, mengolah, mengklasifikasi dan menyajikan data, transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat digunakan oleh orang yang menggunakannya dengan mudah dimengerti untuk pengambilan suatu keputusan serta tujuan lainnya.

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, Akuntansi berasal dari kata accounting yang artinya dalam bahasa indonesia adalah menghitung atau mempertanggungjawabkan.

Akuntansi menurut American Accounting Association (lembaga yang bertugas memberikan gelar Akuntan di AS) menjelaskan bahwa Akuntansi merupakan Proses pengidentifikasian, pengukuran dan pelaporan informasi ekonomi, untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas, bagi pihak pemakai informasi.

Dijabarkan juga oleh Warren dkk (2005:10) bahwa secara umum, akuntansi dapat diartikan sebagai sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak- pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan.

Hal senada juga diungkapkan oleh American Institute of Certified Public Accountant (Muhammad, 2002:11), Pengertian Akuntansi adalah seni pencatatan, penggolongan, dan pengikhtisaran dengan cara tertentu dan dalam ukuran moneter, transaksi dan kejadian-kejadian yang umumnya bersifat keuangan dan termasuk menafsirkan hasil-hasilnya.

Littleton (Muhammad, 2002:10) mengemukakan bahwa tujuan utama dari akuntansi adalah untuk melaksanakan perhitungan periodik antara biaya (usaha) dan hasil (prestasi). Konsep ini merupakan inti dari teori akuntansi dan merupakan ukuran yang dijadikan sebagai rujukan dalam mempelajari akuntansi.

Ditegaskan pula oleh ABP Statement No. 4 dalam Smith Skousen (1995 : 3), akuntansi merupakan suatu aktivitas jasa. Fungsinya adalah menyediakan informasi kuantitatif, terutama yang bersifat dalam pengambilan keputusan ekonomis dalam menetapkan pilihan-pilihan yang logis diantara berbagai tindakan alternatif.

Widjaya Tunggal menjelaskan bahwa Akuntansi sering kali dinyatakan sebagai bahasa perusahaan (language of business) yang berguna untuk memberikan informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan. Informasi ini merupakan data yang disajikan/diperoleh perusahaan yang bersifat keuangan dan dinyatakan dalam istilah-istilah moneter.

Itulah pengertian Akuntansi atau definisi Akuntansi. Cari makna istilah lainnya hanya di situs definisi dan pengertian www.lebahndut.net. Sekarang Anda sudah tahu apakah “Akuntansi” itu.

Baca juga:

Apa itu Akuntansi? Definisi Pengertian Akuntansi - Artikel Menarik Lainnya:

LEBAHNDUT - Baca Juga: