Apa itu Observasi? Definisi Pengertian Observasi

Apa itu Observasi? Definisi Pengertian Observasi – Inilah penjelasan mengenai pengertian dan definisi apa itu Observasi, barangkali ada diantara Anda yang sedang mencari arti dan makna istilah OBSERVASI.

Apa itu Observasi? Definisi Pengertian Observasi

Observasi adalah teknik paling mendasar dalam teknik penilaian non testing. Observasi akan menghasilkan data yang merangsang dilakukanya hipotesis tentative tentang individual dan meyakinkan hipotesis yang lain.

Observasi yang efektif melalui pengamatan secara jelas, sadar dan selengkap mungkin tentang perilaku individu sebenarnya dlam keadaan tertentu.

Pentingnya observasi adalah kemampuan dalam menentukan factor-faktor awal mula perilaku dan kemampuan untuk melukiskan secara akurat reaksi individu yang diamati dalam kondisi tertentu. Observasi mungkin perlu dilakukan dalam jangka waktu tertentu untuk menentukan sejauh mana beberapa factor yang kecil sesuai dengan desain yang lebih besar.

Pengumpulan data melalui observasi langsung atau dengan pengamatan langsung adalah cara pengambilan data dengan menggunakan mata tanpa ada pertolongan alat standar lain untuk keperluan tersebut.

Pengamatan baru tergolong sebagai teknik mengumpulkan data, jika pengamatan tersebut memiliki kriteria sebagai berikut:

  • Pengamatan di gunakan untuk penelitian dan telah direncanakan secara sistematik;
  • Pengamatan harus berkaitan dengan tujuan penelitian yang telah direncanakan;
  • Pengamatan tersebut dicatat secara sistematis dan dihubungkan secara proporsiumum dan bukan dipaparkan sebagai suatu set yang menarik perhatian saja;
  • Pengamatan dapat dicek dan di kontrol atas validitas dan reabilitasnya;

Itulah pengertian Observasi atau definisi Observasi. Cari makna istilah lainnya hanya di situs definisi dan pengertian www.lebahndut.net. Sekarang Anda sudah tahu apakah “Observasi” itu.

Baca juga: apa itu observasi

Apa itu Observasi? Definisi Pengertian Observasi - Artikel Menarik Lainnya:

LEBAHNDUT - Baca Juga: