Apa itu Supervisi? Definisi Pengertian Supervisi

Apa itu Supervisi? Definisi Pengertian Supervisi – Inilah penjelasan mengenai pengertian dan definisi apa itu Supervisi, barangkali ada diantara Anda yang sedang mencari arti dan makna istilah SUPERVISI.

Apa itu Supervisi? Definisi Pengertian Supervisi

Supervisi adalah istilah baru yang menunjuk pada suatu pekerjaan pengawasan tetapi sifatnya lebih “human, manusiawi”. Di dalam kegiatan supervisi, pelaksanaan bukan mencari-cari kesalahan atau kekurangan, tetapi lebih banyak mengandung unsur pembinaan, agar pekerjaan yang disupervisi diketahui kekurangannya (tetapi bukan semata-mata kesalahannya).

Di dalam buku Pedoman Kurikulum tahun 1975 dan diperbarui sebagai kurikulum 1984, disebutkan bahwa supervisi merupakan pembinaan yang diberikan kepada seluruh staf sekolah agar mereka dapat meningkatkan kemampuan untuk mengembangkan situasi belajar mengajar yang dengan lebih baik.

K.A. Acheson dan M.D Gail mengemukakan bahwa Supervisi merupakan suatu proses membantu guru memperkecil ketidak sesuain antara tingkah laku mengajar yang nyata dengan tingkah laku mengajar yang ideal.

Didalam bukunya “Effective Supervision” Wayne K. Hoy dan Patrick B. Forsyth mengatakan bahwa pelerjaan supervisi bukan bertujuan untuk untuk memberikan vonis tentang kemampuan seseorang atau mengontrol pekerjaannya, tetapi lebih mengarah kepada bentuk kerja sama antara atasan dan bawahan.

Itulah pengertian Supervisi atau definisi Supervisi. Cari makna istilah lainnya hanya di situs definisi dan pengertian www.lebahndut.net. Sekarang Anda sudah tahu apakah “Supervisi” itu.

Baca juga: apa itu supervisi, arti supervisi, definisi supervisi, supervisi itu apa, apa itu kemampuan supervisi, apa itu supervise, apa maksud supervisi, arti dari supervisi, maksud dari supervise

Apa itu Supervisi? Definisi Pengertian Supervisi - Artikel Menarik Lainnya:

LEBAHNDUT - Baca Juga: