Cabang-cabang Ilmu Biologi

Cabang-cabang Ilmu Biologi – Inilah berbagai macam bidang pengetahuan yang merupakan cabang dan turunan dari ilmu biologi.

Anda boleh saja mengetahui apa definisi biologi, hmm.., tapi apakah Anda tahu apa saja cabang ilmu biologi secara lengkap?

Cabang-cabang Ilmu Biologi

Jika tidak, ada baiknya Anda menyimak sejenak penjelasan singkat dari lebahndut.net mengenai cabang-cabang ilmu biologi yang perlu anda ketahui.

Cabang-cabang Ilmu Biologi

Berikut ini adalah cabang-cabang ilmu biologi terlengkap yang juga merupakan ilmu-ilmu penting dalam dunia iptek yang sangat menarik untuk dipelajari.

1. Anatomi – adalah ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk susunan tubuh makhluk hidup.

2. Bakteriologi – adalah ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk bakteri dan kehidupannya.

3. Botani – adalah ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk tumbuhan dan kehidupannya.

4. Ekologi – adalah ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk makhluk hidup dengan lingkungan alam tempat tinggalnya (habitat).

5. Embriologi – adalah ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk pengkembangan suatu organisme semenjak berbentuk telur hingga menjadi embrio.

6. Entomologi – adalah ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk serangga beserta kehidupannya.

7. Evolusi – adalah ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk perkembangan makhluk hidup mulai dari bentuk yang sederhana hingga yang kompleks.

8. Fisiologi – adalah ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk proses serta kegiatan yang dilakukan oleh makhluk hidup.

9. Genetika – adalah ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk penurunan sifat suatu makhluk hidup kepada keturunannya.

10. Higien – adalah ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk pemeliharaan kesehatan manusia.

11. Histologi – adalah ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk susunan serta fungsi bagian-bagian yang ada pada jaringan makhluk hidup.

12. Mikrobiologi – adalah ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk organisme renik (mikro) serta kehidupannya.

13. Palaeontologi – adalah ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk kehidupan makhluk hidup di masa lalu serta kehidupannya dengan mempelajari fosil yang berasal dari masa lampau.

14. Parasitologi – adalah ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk parasit, baik pengaruh terhadap makhluk hidup lainnya maupun kehidupannya.

15. Sitologi – adalah ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk susunan serta fungsi bagian-bagian yang ada pada sel makhluk hidup.

16. Virologi – adalah ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk virus, baik pengaruh terhadap makhluk hidup lainnya maupun kehidupannya.

17. Zoologi – adalah ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk hewan serta kehidupannya.

Itulah beberapa bidang ilmu yang merupakan cabang biologi. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda.

Baca juga:

Cabang-cabang Ilmu Biologi - Artikel Menarik Lainnya:

LEBAHNDUT - Baca Juga: