Pengertian Unsur Ekstrinsik Cerpen

Pengertian Unsur Ekstrinsik Cerpen – Inilah penjelasan mengenai definisi dan pengertian unsur ekstrinsik cerpen yang bisa Anda baca dan pelajari dari lebahndut.net.

Unsur ekstrinsik cerpen adalah unsur-unsur pembentuk yang ada di luar cerpen itu sendiri. Unsur ekstrinsik cerpen tidak bisa lepas dari keadaan masyarakat saat cerpen tersebut dibuat/ditulis. Unsur ekstrinsik ini sangat berpengaruh terhadap penyajian amanat serta latar belakang dari cerpen itu sendiri.

Unsur-unsur tersebut bisa anda tuliskan setelah Anda membaca cerita tersebut. Tidak hanya unsur sosial tetapi ada juga unsur agama, atau yang melatar belakangi kehidupan pengarang sehingga ia ceritakan lewat sebuah tulisan.

UNSUR EKSTRINSIK CERPEN

Dibawah ini akan dijelaskan unsur-unsur ekstrinsik cerpen sebagai bahan tambahan pengetahuan kita. Unsur ekstrinsik cerpen terdiri dari:

  1. Latar Belakang Masyarakat. Kondisi latar belakang masyarakat sangat berpengaruh terhadap terbentuknya sebuah cerpen. Pemahaman latar belakang masyarakat tersebut bisa berupa pengkajian ideologi negara, kondisi politik, kondisi sosial, hingga kondisi ekonomi masyarakat.
  2. Latar Belakang Pengarang. Latar belakang pengarang bisa meliputi pemahaman kita terhadap sejarah hidup dan juga sejarah hasil karangan-karangan sebelumnya. Latar belakang pengarang bisa terdiri dari:
  • Biografi. Biografi ini berisi riwayat hidup pengarang yang ditulis secara keseluruhan
  • Kondisi Psikologis. Kondisi psikologis ini berisi pemahaman mengenai kondisi mood serta keadaan atau latar belakang yang mengharuskan seorang pengarang menulis cerpen
  • Aliran Sastra. Seorang penulis pasti mengikuti aliran sastra tertentu. Ini berpengaruh terhadap gaya penulisan yang dipakai penulis dalam menciptakan sebuah cerpen.

Itulah penjelasan mengenai pengertian unsur eksentrik cerpen, jangan lupa baca juga kumpulan sinopsis cerpen bahasa inggris untuk menambah wawasan dan pengetahuan Anda.

Baca juga: unsur2 biografi

Pengertian Unsur Ekstrinsik Cerpen - Artikel Menarik Lainnya:

LEBAHNDUT - Baca Juga: