Tips Agar Tidur Tidak Mendengkur (Ngorok)

Tips Agar Tidur Tidak Mendengkur (Ngorok) – Inilah tips bagaimana caranya agar tidur tidak mendengkur atau ngorok yang dapat mengganggu kenyamanan tidur orang lain, dan kualitas tidur anda pun menjadi kurang. Tips menghentikan kebiasaan mendengkur ini lebahndut persembahkan untuk Anda para pengunjung setia situs kesehatan terbaru lebahndut dot net.

Terkadang tanpa disadari, sebagian orang mendengkur/ ngorok saat tidur. Kebiasaan itu menurut ahli Daniel P Slaughter bisa mengganggu sistem pernapasan selama tidur, meningkatkan risiko penyakit jantung bahkan masalah dalam pernikahan dan keharmonisan hubungan percintaan Anda.

Tips Cara Agar Tidur Tidak Mendengkur (Ngorok)

Nah, berikut adalah beberapa tips untuk menghentikan kebiasaan mendengkur seperti dikutip dari Web MD untuk www.lebahndut.net.

Tips Cara Agar Tidur Tidak Mendengkur (Ngorok)

Pertama, ubah Posisi Tidur Anda. Tidur dengan posisi telentang akan membuat pangkal lidah dan langit-langit bergerak ke tenggerokan anda. Hal ini akan menimbulkan suara dengkuran saat tidur. Cobalah ubah posisi tidur anda menjadi miring.

“Sebuah bantal dapat membantu anda memperbaiki posisi tidur ini,” kata Slaughter.

Pakar lainnya Chokroverty menyarankan untuk menaruh bola tenis di belakang baju tidur anda. Hal ini dapat membantu anda agar tidak tidur telentang. “Atau anda dapat tidur dengan berbaring pada posisi kepala ke atas,” ungkap Chokroverty.

Cara ini dapat membuka jalan pernapasan bagian hidung dan mencegah bunyi dengkuran. Namun, metode ini juga dapat menyebabkan sakit leher.

Kedua, turunkan Berat Badan. Jika anda mulai mendengkur saat berat badan mulai naik, mungkin karena itulah anda menjadi suka mengorok. Segeralah diet untuk menurunkan berat badan bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

“Kenaikan berat badan terutama di leher dapat menyempitkan diameter tenggorokan sehingga menimbulkan bunyi dengkuran saat tidur,” kata Slaghter.

Ketiga, hindari Konsumsi Minuman Beralkohol. Alkohol dan obat penenang dapat mengurangi kinerja otot-otot di bagian belakang tenggorokan. Hal inilah yang dapat menyebabkan bunyi dengkuran saat tidur.

“Minum alkohol 4-5 jam sebelum tidur bisa menyebabkan seseorang mengorok. Orang-orang yang biasanya tidak mendengkur akan mendengkur setelah minum alkohol, “kata Chokroverty.

Keempat, cukup Tidur. Menurut Slaughter, kebiasaan tidur yang buruk memiliki efek yang sama dengan minum alkohol. Anda seharusnya memiliki waktu yang cukup untuk tidur. Jam kerja yang panjang tanpa tidur yang cukup dapat menyebabkan kelelahan. Saat anda lelah, otot tubuh tidak bekerja dengan baik sehingga menimbulkan suara dengkuran.

Kelima, atasi Hidung Tersumbat Hidung yang tersumbat karena cuaca dingin, flu atau pergantian udara yang cepat dapat memicu terjadinya dengkuran.

Mandi air hangat dapat menjadi solusi tepat untuk mengatasi itu. Slaughter menambahkan air bergaram dapat menjadi alternatif untuk mengatasi hidung tersumbat.

Keenam, Tukar Bantal Anda. Alergi yang disebabkan karena debu dan kotoran di bantal bisa memicu terjadinya dengkuran. Karena itu, sebaiknya anda mengganti bantal, menjaga kebersihan bantal, sarung bantal, kasur maupun lingkungan sekitar tempat tidur anda.

Ketujuh, banyak Minum. Slaughter menjelaskan sekresi di hidung menjadi lengket saat anda dehidrasi. “Ini dapat memicu terjadinya dengkuran,” kata Slaughter.

Menurut Institute of Medicine, wanita sehat harus minum air sekitar 11 gelas/ hari sedangkan pria harus minum sekitar 16 gelas/ hari.

Demikianlah tips ringan seputar bagaimana agar tidak mendengkur ketika tidur. Baca juga cara diet sehat alami dan osteoporosis pada wanita. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Tips Agar Tidur Tidak Mendengkur (Ngorok) - Artikel Menarik Lainnya:

LEBAHNDUT - Baca Juga: