Tips Membeli Laptop Bekas Aman dan Hemat

Tips Membeli Laptop Bekas Aman dan Hemat – Inilah beberapa tips cara membeli laptop yang aman dan hemat untuk Anda yang hendak membeli laptop/notebook second karena keterbatasan budget.

Sekarang ini laptop sudah menjadi kebutuhan hampir setiap orang di Indonesia, mulai dari pelajar hingga pekerja kantoran. Sehingga akhir-akhir ini penjualan laptop di pasaran terus meningkat, akibatnya sejumlah produsen berlomba-lomba untuk mengeluarkan berbagai macam jenis laptop agar dapat menjangkau seluruh konsumen di setiap segmen.

Banyaknya produk yang ada di pasaran menyebabkan terjadinya perang harga antar produsen, hal ini mendorong turunnya harga laptop yang tentu akan sangat menguntungkan para konsumen.

Tips Aman Membeli Laptop Bekas

Meski saat ini harga laptop terus mengalami penurunan dan cenderung ke depannya akan terus menurun, namun sebenarnya para konsumen tidak harus membeli laptop dalam keadaan baru, yang bekas pun banyak di pasaran dengan harga dua kali lipat lebih murah dan dengan kondisi yang masih baik untuk digunakan. Dengan harga yang jauh lebih murah dari pada yang baru, para konsumen pun dapat menghemat anggaran pembelian laptop.

Namun saat sudah mantab untuk membeli laptop bekas, konsumen harus memperhatikan beberapa hal agar dapat mendapatkan laptop dengan kondisi yang benar-benar baik dan dapat digunakan dalam waktu yang lama.

Tips Aman Membeli Laptop Bekas

Berikut ini beberapa hal yang harus konsumen perhatikan saat akan membeli laptop bekas di pasaran :

1. Cek kondisi fisik luar laptop

Langkah pertama saat anda memastikan sebuah laptop bekas dalam kondisi baik adalah dengan mengecek kondisi fisik luar laptop tersebut. Apakah kondisi luar laptop tersebut masih baik, apakah ada banyak goresan pada laptop, pokoknya cek semua kondisi fisik laptop tersebut. Jadilah pembeli yang cerewet dan teliti, tanyakan setiap hal yang kurang pas menurut anda.

2. Periksa segel pada bagian bawah laptop

Hal ini sangat penting, pastikan bahwa segel mesin di bawah laptop belum rusak atau terbuka karena apabila terbuka atau rusak itu artinya laptop tersebut sudah pernah dibuka mesinnya atau mungkin sudah pernah diservice. Lebih baik membeli laptop yang masih tersegel dengan baik.

3. Periksa layar LCDnya

Pastikan bahwa layar LCD laptop bekas yang akan anda beli masih dalam kondisi baik, minta pada penjual untuk menyalakannya dan periksalah dengan seksama bahwa tidak ada dead pixel, goresan atau apa pun yang menyebabkan layar LCD tidak dapat digunakan dengan baik.

4. Periksa kondisi batere laptop bekas tersebut

Biasanya kelemahan dari laptop bekas adalah baterenya yang sudah ngedrop atau tidak bertahan lama. Cobalah batere laptop bekas yang anda beli dengan menyalakan laptop tersebut, biasanya batere yang sudah jelek hanya akan bertahan lama. Pilih laptop bekas dengan batere yang masih baik atau paling tidak dapat bertahan satu atau dua jam.

5. Pastikan semua komponen perangkat keras berfungsi

Pasikan semuanya bekerja dengan baik, jangan sampai ada komponen yang tidak dapat bekerja. Mulai dari vga, sound card, cd/dvd rom, usb port pastikan semua bekerja dengan baik.

6. Mintalah garansi dari toko penjual laptop bekas

Mintalah garansi personal yang diberikan oleh toko laptop bekas tersebut. Hal ini sangat penting untung mengantisipasi apabila setelah pembelian terjadi kerusakan.

Itulah beberapa poin penting dalam tips aman dan hemat membeli notebook/laptop bekas second sehingga dengan budget terbatas Anda tetap dapat memiliki laptop idaman dengan aman dan nyaman.

About these ads