Harga Ponsel Firefox OS dan Spesifikasi

Harga Ponsel Firefox OS dan Spesifikasi – Inilah berita seputar ponsel terbaru PONSEL FIREFOX OS. Apakah Anda sedang mencari info harga dan spesifikasi ponsel firefox OS? ZTE dan Alcatel menjadi produsen pertama yang membuat ponsel dengan sistem operasi Firefox OS. Keduanya berbagi panggung di Mobile World Congress (MWC) 2013, Barcelona, Spanyol, untuk memamerkan ponsel Firefox OS.

Dua ponsel itu diberi nama ZTE Open dan Alcatel One Touch Fire, yang sama-sama memiliki ukuran layar 3,5 inci dengan dukungan resolusi minim. Memori internal yang disediakan juga terbatas, tetapi bisa diperluas dengan kartu memori eksternal MicroSD.

Harga Ponsel Firefox OS dan Spesifikasi

Ya, komponen yang digunakan masih menggunakan perangkat keras kelas bawah. Karena itulah, ponsel Firefox OS yang ada saat ini belum bisa berjalan mulus dan sempurna. Ini bisa disebut sebagai ponsel percobaan yang masih berada dalam tahap pengembangan.

Setelah sekian lama diperbincangkan, akhirnya Mozilla meluncurkan Firefox OS, sistem operasi Firefox untuk perangkat mobile. Peluncuran sistem operasi mobile anyar ini dilakukan di hadapan ratusan wartawan dari seluruh dunia di Barcelona, Spanyol, Minggu (24/2/2013) petang, sehari sebelum pembukaan World Mobile Congress di kota itu.

“Firefox OS membawa kebebasan dan inovasi yang tak terbatas sebagai sistem terbuka bagi pengguna telepon seluler di seluruh dunia,” ujar CEO Mozilla Gary Kovacs di Barcelona, Minggu.

Firefox OS berbasis HTML 5 dan merupakan sistem operasi yang sepenuhnya terbuka. Setiap fitur dalam Firefox OS dapat dikembangkan oleh para pengembang aplikasi. Kovacs menerangkan, Firefox OS didesain sebagai sistem operasi yang indah, clean, intuitif, personal, dan mudah digunakan.

“Firefox OS memiliki semua yang dibutuhkan pengguna telepon pintar seperti panggilan telepon, pesan singkat, e-mail, kamera, fitur-fitur media sosial, dan tentu saja perambah Firefox. Anda akan menemukan pengalaman berbeda dengan sistem operasi baru ini,” paparnya.

Untuk memperkaya konten aplikasi, terang Kovacs, Mozilla telah menandatangani kerjasama strategis dengan sejumlah pengembang.

“Dengan demikian konsumen akan mendapatkan pengalaman telepon pintar yang dinamis dan kaya. Kami menjanjikan sebuah sistem operasi yang memudahkan pengguna untuk mendapatkan apa saja yang mereka sukai di internet, termasuk integrasi Facebook dan Twitter,” kata Kovacs.

Mozilla, selaku pemilik dan pengembang Firefox OS, berharap dapat meluncurkan ponsel dengan sistem operasi rubah api itu pada akhir 2013. Mereka sedang kerja keras mencari dukungan sana-sini, mulai dari produsen ponsel, operator seluler, hingga perusahaan game dan internet agar mau membuat aplikasi di Firefox OS.

Mozilla tampaknya menargetkan Firefox OS untuk pasar berkembang. Negara pertama yang diincar adalah Brasil, Kolombia, Hongaria, Meksiko, Montenegro, Polandia, Serbia, Spanyol, dan Venezuela.

Di Indonesia, Mozilla sempat menggelar acara pengenalan sistem operasi Firefox OS kepada para pengembang aplikasi, Januari lalu. Pada kesempatan ini Mozilla mensosialisasikan alat dan bahasa pemrograman yang dibutuhkan untuk membangun aplikasi di Firefox OS, antara lain HTML5 dan JavaScript.

Firefox OS merupakan penamaan ulang dari proyek “Boot to Gecko” (B2G), yang pada mulanya juga proyek sistem operasi mobile berbasis web terbuka (open source) dari Mozilla. Proyek B2G diumumkan Mozilla pada 25 Juli 2011.

Ada tiga perusahaan yang telah memproduksi perangkat mobile berbasis sistem baru ini yaitu Alcatel, LG, dan ZTE. Tahun ini, kata Kovacs, Huawei akan menyusul memproduksi telepon seluler berbasis Firefox OS. Semua perangkat mobile itu menggunakan prosesor Snapdragon dan Qualcomm.

Bagi Anda yang tak sabar untuk mengetahui seperti apa sistem operasi baru ini, bersabarlah. Sebab, telepon selular Firefox OS baru akan tersedia di Brazil, Colombia, Hungaria, Mexico, Montenegro, Polandia, Serbia, Spanyol, dan Venezuela.

Untuk harga terbaru ponsel Firefox OS ini kami belum mendapatkan informasi yang selengkapnya.

About these ads

Baca juga: