SBMPTN 2014, Matematika Dasar Jadi Soal Paling Sulit

SBMPTN 2014, Matematika Dasar Jadi Soal Paling Sulit – Inilah info dan update terbaru mengenai SBMPTN 2014, Matematika Dasar Jadi Soal Paling Sulit. Banyak orang yang lemah belajar hitung-hitungan, sehingga tak heran jika banyak yang tidak menyukai mata pelajaran seperti Matematika. Dalam ujian tertulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2014, soal Matematika Dasar terbilang paling sulit dibandingkan dengan soal-soal lain.

Hal tersebut dirasakan oleh siswa SMA Negeri 2 Banjar, Yanuar Firmansyah. Dia mengakui bahwa ketika mengerjakan soal ujian, dari berbagai macam soal, Matematika Dasar yang menjadi soal yang sulit.

SBMPTN 2014, Matematika Dasar Jadi Soal Paling Sulit

“Saya mengerjakan soal ujiannya diutamakan yang mudah terlebih dahulu, soal yang sulit baru belakangan seperti soal Matematika Dasar di Tes Kemampuan Dasar Sosial Humaniora (TKD Soshum). Dengan 15 soal Matematika Dasar saya belakangin karena paling susah, tiba-tiba waktunya tinggal lima menit lagi, jadi enggak keburu satu soal pun terjawab,” bebernya saat dihubungi Okezone, Rabu (18/6/2014).

Dia melanjutkan, soal yang paling mudah adalah Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) dalam satu sesi tes, yaitu tes numerik atau angka. Peserta yang mendapatkan lokasi ujian SBMPTN di SD Negeri 5 Merdeka, Bandung itu mengakui ada juga kendala-kendala saat ujian berlangsung.

Seperti suka blank, gugup, ragu-ragu menjawab soal, dan bingung. “Selain itu, ruangannya agak gelap dalam satu kelas yang terdiri dari 20 orang peserta,” ucapnya.

Sementara itu, menurut siswa SMA Negeri 4 Pematang Siantar, Rizal Alexander Simanjuntak, setiap bidang atau soal SBMPTN 2014 masing-masing memiliki tingkat kesulitan. “Lebih susahnya Tes Kemampuan Dasar (TKD) Saintek, karena saya ikut bimbingan belajarnya (bimbel) fokus ke TKD Soshum,” ungkapnya.

Rizal pun juga mempunyai kendala saat ujian berlangsung, seperti susah mengatur waktu karena keterbatasan waktu dari sekian banyak soal. “Dikondisikan waktu untuk mengerjakan soal-soal saja yang susah, karena tiap soal punya masing-masing kesulitan,” tuturnya.

Dia menuturkan, kendala lainnya yaitu lokasi ujian mengenai infrastruktur, seperti mejanya tidak rata dan bolong-bolong di SMP Negeri 4 Jember.

Sumber: http://kampus.okezone.com/read/2014/06/18/560/1000823/matematika-dasar-jadi-soal-paling-sulit-di-sbmptn-2014

About these ads

Baca juga: