Pertolongan Pertama pada Luka Bakar Parah

Pertolongan Pertama pada Luka Bakar Parah – Inilah update informasi mengenai Pertolongan Pertama pada Luka Bakar Parah, tips bagaimana cara mudah mengatasi luka bakar yang sangat parah di situs LebahNdut.NET.

Sebelumnya telah kami informasikan artikel kesehatan terbaru lainnya, yaitu pertolongan pertama pada diare yang sangat membantu dalam mengatasi masalah diare.

Pertolongan Pertama pada Luka Bakar Parah

Info dan artikel sehubungan dengan Pertolongan Pertama pada Luka Bakar Parah ini kami ambil dari sumber berita online terpercaya, untuk tambahan referensi atau wacana bagi Anda. Mari kita simak bersama melalui info artikel di bawah ini.

Pertolongan Pertama pada Luka Bakar Parah

Peristiwa bencana kebakaran atau ledakan berisiko menyebabkan terjadinya luka bakar yang parah dan fatal. Sebelum membawa korban ke rumah sakit, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meminimalisir kerusakan tubuh yang terjadi.

Luka bakar parah atau luka bakar tingkat III adalah luka bakar yang menghancurkan semua lapisan kulit. Kontak terlalu lama dengan sumber panas dan luka bakar akibat tersengat listrik adalah penyebab utama luka bakar tingkat III.

Menurut Stanley M. Zildo seperti dikutip dari bukunya yang berjudul ‘First Aid, Cara Benar Pertolongan Pertama dan Penanganan Darurat’, gejala luka bakar tingkat III berupa daerah luka tampak berwarna putih, kulit hancur dan sedikit nyeri karena ujung saraf telah rusak.

Beberapa tindakan yang dapat dilakukan jika menemui kasus ini adalah:

1. Jika korban masih dalam keadaan terbakar, padamkan api menggunakan selimut, bed cover, karpet, jaket atau bahan lain. Jangan melepaskan pakaian yang melekat pada luka.

2. Terkadang korban mengalami kesulitan napas, khususnya bila luka terdapat pada leher, wajah dan di sekitar mulut, bisa juga akibat menghirup asap. Lakukan pemeriksaan untuk memastikan korban bisa bernapas.

3. Tempelkan kain basah atau air dingin untuk menurunkan suhu pada daerah luka. Jangan gunakan air es untuk luka di bagian wajah, tangan dan kaki sebab dapat menyebabkan syok.

4. Tutup luka bakar dengan perban steril dan tebal, kain bersih, sarung bantal, popok bersih atau bahan lain yang dapat ditemukan. Tetapi jangan gunakan bahan yang mudah rontok seperti kapas atau kapuk. Jangan oleskan minyak atau ramuan lain pada luka.

5. Segera telepon ambulans. Korban perlu mendapat penanganan medis dengan segera.

Anda baru saja membaca artikel kami tentang Pertolongan Pertama pada Luka Bakar Parah. Semoga saja tulisan tentang Pertolongan Pertama pada Luka Bakar Parah dari situs info terkini dan terbaru ini bermanfaat bagi Anda.

About these ads

Baca juga: