Cara Memasang Instalasi Listrik di Rumah

Cara Mudah Memasang Instalasi Listrik di Rumah dengan Aman
Loading...

Memiliki instalasi listrik yang benar tentunya adalah hal mutlak yang dibutuhkan untuk memiliki rumah yang nyaman dan juga aman. Termasuk di dalam memperhatikan perangkat instalasi listrik yang digunakan. Namun pada kenyataannya, masih banyak orang yang belum tahu tata cara dalam memasang instalasi listrik di rumah yang benar. Berikut beberapa tipsnya.

1. Pahami Terlebih Dulu Denah Rumah

Hal pertama yang mesti Anda ketahui terlebih dulu adalah dengan memahami denah rumah secara baik-baik. Denah rumah ini bisa dibilang akan sangat mempengaruhi proses instalasi listrik nantinya. Soalnya dengan mengetahui denah rumah ini dengan baik maka Anda juga mengetahui berbagai seluk beluk pemasangan dan apa saja perangkat yang dibutuhkan nantinya.

2. Menyiapkan Perangkat Instalasi

Berikutnya adalah dengan menyiapkan perangkat instalasi terlebih dulu. Perlu diketahui bahwa perangkat instalasi ini sendiri terbilang cukup rumit jadi harus diperhatikan dengan benar-benar. Tidak ada salahnya untuk meminta bantuan profesional guna memilihkan berbagai perangkat yang memang dibutuhkan. Supaya nantinya tidak salah pilih dalam menjatuhkan pilihan.

3. Pilih Pengaman yang Tepat

Dalam memasang instalasi listrik ini tentunya dibutuhkan pengaman untuk mencegah berbagai hal yang tidak diinginkan. Pengaman itu sendiri berupa sekering hingga MCB. Hal yang sama juga berlaku untuk listrik industri. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa mencari tahu di sini http://sewatama.com/id/mengenal-ragam-manfaat-load-bank-untuk-operasional-industri/

4. Persiapkan Kabel NYM dan Kabel BC

Jangan lupakan juga untuk mempersiapkan kabel NYM dan kabel BC dalam pemasangan instalasi listrik ini. Fungsinya sendiri seperti kabel NYM yang bermanfaat untuk menghubungkan sumber listrik secara lebih mudah. Sesdangkan untuk kabel BC berguna untuk menghubungkan sumber listrik yang ada dengan arde.

5. Pemasangan Kabel Instalasi

Proses terakhir sekaligus yang terpenting adalah memasang kabel instalasi tersebut. Mengingat pentingnya, maka ada baiknya bagi Anda untuk benar-benar memahami proses instalasi ini sendiri. Apabila Anda memang ragu untuk melakukannya maka ada baiknya untuk meminta pertolongan pada mereka yang lebih profesional.

Dengan semua penjelasan di atas pastinya jadi lebih mudah bagi Anda untuk mengetahui proses pemasangan instalasi listrik di rumah yang tepat. Tentunya banyak yang mesti dipersiapkan, tidak terkecuali dalam mempersiapkan perangkat instalasi listrik yang tepat.

Baca juga: