Daftar Kebutuhan Bayi Baru Lahir yang Perlu Disiapkan

Perlengkapan Kebutuhan Bayi Baru Lahir
Loading...

Perlengkapan dan kebutuhan bayi baru lahir tentu saja harus diperhatikan dan dipersiapkan oleh Anda para calon orang tua yang sedang menantikan kelahiran sang buah hati tercinta. Pertanyaannya adalah apa saja yang dibutuhkan oleh bayi yang baru lahir?

Ketika usia kehamilan telah memasuki usia tujuh bulan, ada baiknya calon orang tua mulai mempersiapkan segala kebutuhan dan persiapan, baik secara psikis, fisik dan lainnya.

Berikut ini adalah beberapa daftar perlengkapan kebutuhan bayi baru lahir yang wajib Anda persiapkan, antara lain:

Kain Bedong

Kain bedong adalah salah satu kebutuhan penting bayi yang baru dilahirkan. Kain ini biasanya memiliki ukuran sekitar 110 cm x 90 cm, lebih lebar lebih baik karena akan memudahakan dalam proses pembedongan. Pastikan Anda memilih bahan kain bedong yang lembut dan hangat. Kain bedong ini berguna untuk menjaga suhu bayi agar tetap hangat dan terlindung dari hawa dingin.

Popok Bayi

Tak kalah penting dengan kain bedong, kebutuhan bayi baru lahir berikutnya adalah popok. Barang ini berfungsi sebagai celana bagi bayi, dimana popok harus diganti sesegera mungkin ketika bayi pipis atau pup (buang air besar). Hal ini bertujuan selain menjaga kebersihan juga agar kulit bayi tetap sehat dan halus.

Baju Bayi

Baju bayi baru lahir ada dua jenis yaitu baju bayi lengan pendek untuk cuaca panas, dan baju bayi lengan panjang untuk cuaca dingin. Hal ini agar bayi tetap merasa nyaman pada keadaan cuaca yang berbeda. Untuk jumlahnya sekitar 2 – 3 baju dalam sehari sudah cukup.

Diapers

Diapers kadang-kadang juga sangat membantu terutama jika bayi sering pipis akibat cuaca yang dingin, apalagi saat malam hari. Hal ini bertujuan agar bayi tetap nyenyak dan nyaman dalam tidurnya.

Kaos Kaki dan Sarung Tangan

Kaos kaki dan sarung tangan merupakan perlengkapan yang dibutuhkan bayi lahir yang tidak boleh disepelekan. Karena kedua barang ini memiliki peranan yang sangat vital dalam menjaga kenyamanan sang buah hati. Ada baiknya memilih kaos kaki dan sarung tangan dari bahan yang lembut, hangat dan kualitas bagus agar tidak mudah kendor ketika dipakai sekaligus menambah kenyamanan bayi.

Peralatan Mandi Bayi

Sabun mandi dan shampoo sebagai alat mandi bayi yang utama jangan sembarang dalam memilihnya. Apalagi jika kulit bayi sangat sensitif maka tidak bisa menggunakan sembarang sabun yang bisa membuat kulit bayi kering atau bahkan mengalami iritasi.

Perlengkapan Kesehatan Bayi

Perlengkapan kesehatan bayi sangat penting dan dibutuhkan bayi baru lahir. Mulai dari baby oil, minyak kayu putih, termometer, cutton bad, minyak telon, kain kassa, plester anti deman serta perlengkapan tambahan lainnya yang bisa mendukung kebutuhan kesehatan bayi.

Selimut Bayi Baru Lahir

Untuk melindungi bayi dari cuaca dingin juga bisa menggunakan selimut. Pastikan memilih selimut bayi yang terbuat dari bahan yang halus, lembut dan hangat agar bayi merasa nyaman. Dengan menggunakan selimut, maka bai akan tetap hangat meski dalam cuaca dingin atau saat bepergian.

Botol Dot dan Alat Steril Botol

ASI (Air Susu Ibu) adalah nutrisi terbaik bagi bayi, apalagi yang baru lahir. Namun kadang ditemui ibu yang mengalami kesulitan dalam menghasilkan ASI. Saat seperti inilah dibutuhkan susu formula yang dapat diminum melalui botol dot.

Termos Air Panas

Termos air panas dapat digunakan untuk menyimpan air panas terutama saat bepergian. Bila sewaktu-waktu dibutuhkan untuk membuat susu formula atau keperluan mandi, maka air hangat dapat dengan mudah disiapkan.

Gendongan Bayi dan Kain panjang (Jarik)

Jika menggendong bayi dalam jangka waktu yang lama, maka Anda membutuhkan gendongan bayi yang nyaman. Gendongan bayi akan memudahkan Anda menggendong bayi dan membuat bayi merasa nyaman sekaligus terlindungi.

Sebenarnya masih ada banyak kebutuhan bayi baru lahir yang perlu Anda persiapkan. Semoga saja informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda khususnya para calon orang tua yang tengah menantikan kehadiran sang buah hati.

Baca juga: