Loading...

3 Jenis Terapi Kesuburan Sesuai Prosedur Medis

Jenis Terapi Kesuburan Sesuai Prosedur Medis yang Baik dan Aman

Bagi beberapa pasangan, punya momongan bukanlah sesuatu yang mudah. Banyak yang menunggu nya bertahun-tahun. Berbagai terapi kesuburan dilakukan, seperti perawatan kesuburan metode IUI. Tentu saja yang paling tepat adalah datang ke dokter spesialis kandungan. Terapi yang sesuai dengan prosedur medis dan dunia kedokteran.

Perawatan Kesuburan Metode IUI

Jika Anda datang ke klinik kesuburan, akan banyak metode terapi yang dapat ditawarkan. Biasanya, setiap terapi disesuaikan dengan masalah yang dialami. Di antaranya adalah terapi dengan obat-obatan, terapi dengan operasi, dan inseminasi buatan.

Ketiga jenis terapi tersebut akan diuraikan di bawah ini secara singkat.

1. Terapi Kesuburan dengan Obat-Obatan

Jenis terapi ini biasa digunakan kepada wanita yang mengalami masalah dalam ovulasi. Meski beberapa di antaranya digunakan pula untuk meningkatkan kesuburan pria.

Wanita yang diberikan terapi obat-obatan oleh dokter adalah yang mengalami haid tidak teratur, proses ovulasi atau pembuahan tidak teratur, tidak bisa berovulasi, adanya kista di ovarium, dan wanita yang mempunyai kadar hormon androgen tinggi.

Obat yang sering direkomendasikan oleh dokter, antara lain clomifene, tamoxifen, hormon GnRH (Gonadotropin-releasing hormon) atau dopamin, dan metformin. Setiap obat diberikan sesuai masalah yang terjadi pada ovulasi.

2. Terapi Kesuburan dengan Operasi

Terapi kesuburan merupakan alternatif terakhir yang disarankan dokter jika jenis lain tidak berhasil. Operasi dapat dilakukan pada wanita atau pria, tergantung sumber masalahnya.

Jika keterlambatan memiliki momongan didiagnosis karena tersumbatnya tuba fallopi atau saluran sel telur, operasi harus dilaksanakan. Wanita dapat mengalami masalah di tuba falopinya karena adanya bekas luka di dalam, memiliki endometriosis, dan miom atau fibroid.

Sedangkan pria mungkin dioperasi jika bermasalah dengan penyimpanan sperma atau pada bagian epididimis dalam testis, varises, dan jumlah sperma yang abnormal.

3. Inseminasi Buatan

Inseminasi buatan atau metode intrauterine insemination atau IUI merupakan perawatan kesuburan dengan teknologi terkini.

Metode ini menempatkan sperma di dalam rahim dalam jumlah yang tepat dan kondisi yang pas.

IUI meningkatkan jumlah sperma yang dapat mencapai tuba fallopi. Penempatannya dilakukan ketika folikel siap. Cairan mani yang berisi sebelumnya sudah dikeluarkan terlebih dahulu dan dipersiapkan dalam laboratorium andrologi. Para ahli yang kemudian menyuntikkannya ke dalam rahim.

Itulah 3 jenis terapi kesuburan terkini yang dapat Anda lakukan sesuai petunjuk dokter. Mau bertanya dan layanan lebih lengkap? Bukalah website dari Bocah Indonesia! Sebuah layanan dengan spesialis fertilitas terkemuka.

Baca juga: