Loading...

Penyebab Haid Tidak Teratur yang Perlu Wanita Ketahui

Penyebab Haid Tidak Teratur pada Wanita

Normalnya pada wanita di usia subur akan mengalami haid secara lancar setiap bulannya. Namun karena beberapa kondisi, tak jarang beberapa wanita ada yang tidak mendapatkan tamu bulanannya secara teratur. Jika Anda mengalami hal demikian, sebaiknya jangan hanya berpangku tangan. Karena haid yang tidak teratur bisa menjadi indikasi sistem reproduksi ada yang bermasalah.

Siklus menstruasi yang normal biasanya berlangsung selama 21-35 hari. Sehingga jika Anda mengalami menstruasi lebih dari siklus tersebut, maka menstruasi Anda termasuk dalam kategori tidak teratur. Anda perlu mengetahui penyebab haid tidak teratur ini agar bisa melakukan beberapa upaya supaya haid teratur kembali. Adapun penyebab haid tidak teratur, adalah sebagai berikut.

1. Stress.

Kondisi stress bisa menyebabkan kadar hormone kartisol meningkat. Sehingga turut mempengaruhi produksi hormon reproduksi yang berperan dalam siklus menstruasi.

2. Penggunaan alat kontrasepsi.

Salah satu efek samping penggunaan alat kontrasepsi, seperti pil KB, penggunaan KB spiral atau IUD adalah bisa mengacaukan siklus menstruasi wanita.

3. Berat badan yang turun secara drastis.

Penurunan berat badan yang ekstrem akan menyulitkan tubuh dalam memproduksi hormon estrogen yang cukup untuk proses ovulasi.

4. Pre-menopause.

Masa transisi sebelum mengalami menopause yang sering disebut dengan pre-menopause biasanya akan mengalami gejala, seperti perubahan siklus menstruasi yang diakibatkan oleh kadar estrogen yang tidak menentu dalam tubuh.

Beberapa hal yang sudah disebutkan tersebut bisa menjadi pengganggu proses ovulasi yang mengakibatkan siklus menstruasi ikut kacau. Hal inilah yang membuat beberapa wanita tidak mengalami menstruasi dalam beberapa waktu, bahkan tidak mendapatkan menstruasi hingga beberapa bulan. Jika penyebabnya adalah salah satu diantara yang sudah disebutkan, seperti stress misalnya. Maka sebaiknya kelola stress Anda dengan baik agar bisa segera mendapatkan haid. Dan jika berat badan turun drastis, ketahui apa penyebabnya. Jika dikarenakan diet ekstrem, maka sebaiknya hindari hal ini dan beralih ke diet sehat. Sehingga diharapkan siklus menstruasi kembali normal. Dan jika sudah mendapatkan menstruasi, jangan lupa untuk menggunakan pembalut Laurier yang seperti produk-produk pembalut lainnya bertujuan sebagai pengganti cara mengatasi haid jika tidak ada pembalut seperti zaman dahulu. Laurier merupakan salah satu pembalut terbaik di Indonesia yang memiliki berbagai keunggulan dari produk-produk pembalutnya.

Baca juga: