Loading...

Mengobati Muntah-Muntah pada Anak dengan Bahan Alami

Cara Mengobati Muntah Pada Anak dengan Bahan Alami

Orang tua sering merasa bingung apabila anak tiba-tiba mengalami muntah-muntah atau mual. Ada banyak obat muntah anak di apotik yang beredar dan dijual. Tetapi biasanya anak-anak apalagi balita memiliki sistem pencernaan yang lebih sensitif. Sehingga pemilihan obat muntah untuk anak juga cukup sulit. Terlebih jika tidak memiliki pedoman atau anjuran resep dari dokter. Tetapi anda sebagai orang tua juga bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasi mual pada anak.

Berikut adalah daftar bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi muntah-muntah pada anak:

1. Redakan dengan air putih

Cara paling mudah mengobati muntah pada anak adalah dengan memberinya air putih biasa. Lebih baik kasih yang hangat. Air putih akan melancarkan pencernaan dan menetralkan lambung. Cara ini sangat efektif terlebih jika mual atau muntah karena efek obat. Seperti efek obat polip hidung modexa. Minum air putih secara teratur seperti setengah jam sekali.

2. Jahe

Jahe juga cukup efektif mengatasi muntah-muntah. Senyawa yang terkandung dalam jahe bisa mengurangi keasaman lambung. Selain itu jahe juga memiliki efek aromaterapi. Aroma jahe bisa membuat rileks dan tenang. Melegakan tenggorokan dan menyeimbangkan pikiran. Untuk anak-anak bisa disajikan sebagai minuman. Seperti seduh jahe dengan air hangat.

3. Daum mint

Daun mint atau pappermint juga efektif mengurangi muntah-muntah. Seperti halnya jahe, daun mint memiliki aromaterapi yang baik mengurangi kontraksi otot peruk karena mual. Untuk anak-anak daun mint dapat disajikan dengan air hangat atau bisa juga dengan teh. Dapat juga dengan mengunyah daun pappermint langsung.

4. Redakan dengan minyak kamomil

Sama dengan jahe efek yang diberikan minyak kamomil adalah aromaterapi yang menenangkan otot tubuh. Termasuk otot perut. Minyak ini juga biasa digunakan dalam pijat refleksi. Untuk anak-anak, bisa dioleskan disekitar hidung dan perut.

5. Buah lemon

Buah lemon memiliki senyawa yang dapat menetralkan asam lambung. Sehingga efektif mengurangi mual dan muntah. Lemon dapat disajikan dengan cara diseduh dengan air putih hangat bisa juga dengan teh, bisa juga dipadukan dengan daun mint.

Baca juga: