Beberapa Pantangan Ibu Hamil yang Harus Diperhatikan

Pantangan Ibu Hamil yang Harus Diperhatikan

Sobat yang sedang hamil tidak bisa mengkonsumsi ataupun melakukan hal yang sembarangan. Beberapa hal harus dijaga demi kesehatan serta keselamatan sobat dan janin yang sobat kandung. Salah satunya adalah dengan menghindari pantangan ibu hamil.

Agar proses kehamilan sobat bisa aman dan nyaman, ada baiknya sobat menghindari berbagai pantangan saat sobat hamil. Berikut ini adalah beberapa hal yang pelu diperhatikan bagi orang yang sedang hamil.

1. Merokok

Merokok saat hamil dapat memberikan dampak buruk terhadap janin. Jika sobat sedang hamil maka sobat dilarang keras untuk merokok. Kelak bayi sobat bisa terlahir dengan berat badan yang kurang. Tentu saja hal ini bisa meningkatkan risiko tmunculnya masalah kesehatan serta pertumbuhan dan perkembangan buah hati. Pantangan ini berlaku untuk ibu hamil dan suaminya, termasuk asap rokok yang menempel di pakain.

2. Mengonsumsi Minuman Keras

Pantangan ibu hamil berikutnya adalah mengonsumsi minuman keras. Karena hal ini dapat menyebabkan bayi lahir dengan sindrom alkohol janin. Gejalanya biasanya berupa bayi yang terlahir dengan berat badan rendah, adanya gangguan perilaku, ketidakmampuan dalam belajar, dan terdapat hambatan dalam tumbuh kembang kelak.

3. Makanan yang Tidak Matang

Pastikan sobat selalu mengkonsumsi yang dimasak dengan kematangan sempurna. Beberapa makanan seperti telur dan daging jika tidak dimasak hingga matang bisa menyebabkan sobat yang sedang hamil mengalami penyakit yang disebabkan oleh berbagai bakteri.

4. Sauna atau Berendam Air Panas

Sauna atau berendam air panas berdasarkan studi memiliki risiko keguguran dan cacat lahir hingga dua kali lipat. Sobat disarankan membatasi waktu mandi air hangat hingga kurang dari 15 menit.

5. Mengonsumsi Kafein Berlebihan

Saat sobat tengah hamil, maka sebaiknya konsumsi kafein harian sobat tidak melebihi 200 mg atau sekitar dua cangkir kopi. Asupan kafein melebihi batas aman bisa meningkatkan potensi bayi lahir dengan berat badan rendah bahkan bisa terjadi keguguran.

6. Membersihkan Kotoran Kucing

Perlu sobat ketahui bahwa dalam kotoran kucing bisa terdapat parasit yang bernama Toxoplasma gondii. Parasit jenis ini sangat berbahaya bagi sobat yang sedang hamil. Jika terinfeksi parasit ini, sobat bisa mengalami keguguran atau melahirkan bayi lahir dalam keadaan meninggal.