Weekend di Jogja Bisa Ngapain Aja?

Ngapain Aja Weekend di Jogja

Keramahan dan kehangatan Kota Jogja memang selalu membuat rindu. Tidak cukup rasanya bila hanya berkunjung dalam waktu singkat. Namun, sebenarnya kita bisa, lo menikmati kota Jogja di akhir pekan saja sambil backpackeran. Simak informasinya di bawah ini.

Naik Kereta Api Malam

Naik Kereta Api Malam

(sumber: kokosten.com)

Pesan kereta kelas ekonomi dengan harga yang paling murah untuk menghemat biaya. Sebaiknya pilih jadwal kereta api dengan keberangkatan malam hari. Keuntungan kereta malam, selain bisa beristirahat sepanjang malam, kita juga dapat menghemat waktu untuk memaksimalkan akhir pekan di Jogja.

Pesan Hotel Terjangkau

Hotel di Jogja cukup lengkap, dari mulai kelas melati hingga kelas bintang 5. Namun, karena kali ini kita sedang backpackeran, jadi pilih hotel murah dan terjangkau saja. Agar lebih pasti mendapatkan kamar, usahakan sebelum berangkat kita sudah booking hotel online terlebih dahulu.

Sewa Motor untuk Keliling Jogja

Agar menghemat waktu dan biaya, sebaiknya sewa motor untuk berkeliling ke berbagai tempat wisata kekinian yang ada di Jogja. Biaya untuk sewa motor selama dua hari masih cukup terjangkau, sekitar Rp50.000,00 ā€“ Rp70.000,00 per harinya.

Dari Tempat Bersejarah sampai Ke Pantai Indah

Weekend di Jogja

(sumber: nusantaratrip.com)

Selain dikenal sebagai Kota Pelajar, Jogja juga dikenal sebagai Kota Budaya. Hal ini karena Jogja memiliki banyak sekali warisan kebudayaan. Jogja juga memiliki beberapa pantai dengan pemandangan yang indah. Berikut beberapa daftar tempat wisata menarik dan terjangkau untuk backpacker yang terdiri dari tempat bersejarah sampai pantai-pantai indah.

1. Keraton

Belum resmi rasanya jika ke Jogja, tetapi tidak berkunjung ke keraton. Keraton merupakan pusat pemerintahan kesultanan. Di tempat ini, kita bisa menikmati berbagai pertunjukan seni dan belajar sejarah Jogja.

2. Benteng Vredeburg

Disebut juga sebagai Loji Gede/Loji Besar yang dibangun oleh VOC dan berfungsi sebagai pos pengamatan aktivitas penghuni keraton. Selain belajar sejarah perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajah, di tempat ini kita juga bisa berfoto dengan latar arsitektur khas Belanda.

3. Candi Prambanan

Terkenal dengan julukan Candi Roro Jonggrang, Candi Prambanan menjadi candi Hindu terbesar di Indonesia. Tidak hanya menikmati kemegahan candi, di sana kita juga dapat menikmati pertunjukan Sendratari Ramayana yang fenomenal.

4. Pantai Timang

Yang terkenal dari Pantai Timang adalah adanya kereta gantung yang biasa digunakan oleh nelayan lobster. Kereta tersebut bisa kita naiki sambil menguji adrenalin. Pantai Timang masih cukup alami, karena belum banyak wisatawan yang datang berkunjung ke sana.

5. Pantai Wediombo

Adanya deretan batu karang yang kokoh dan menakjubkan membuat Pantai Wediombo menjadi perbincangan seru para pelancong. Di pantai ini, setiap setahun sekali, juga masih dilaksanakan upacara adat ngalangi. Akses ke Pantai Wediombo juga sudah cukup mudah.

6. Pantai Baron

Bisa dibilang menjadi primadona pariwisata di Kabupaten Gunung Kidul, Pantai Baron memang sudah terkenal sejak lama. Oleh karena itu, fasilitas dan infrastruktur yang ada di sana sudah ditata serta dikelola dengan cukup baik, sehingga wisatawan yang berkunjung ke sana menjadi lebih nyaman.

Bermalam Minggu di Jogja

Perjalanan hari pertama yang memuaskan sekaligus menghibur, bisa ditutup dengan bersantai di angkringan. Sambil menikmati wedang jahe, aneka gorengan, dan tentu saja nasi kucing, membuat kita benar-benar sedang berada di Jogja. Bisa juga dengan berburu kuliner khas lain yang tersebar di sudut Kota Jogja. Jangan lupa, besoknya, hari Minggu, saatnya untuk belanja dan berburu oleh-oleh.

Untuk kenyamanan berwisata ransel, ada baiknya untuk selalu pesan tiket dan cari hotel murah online. Pemesanan secara online memang mudah dan cepat. Untuk pesan tiket kereta dan penginapan murah di Jogja, kita bisa menggunakan aplikasi atau website dari Airy. Harganya yang terjangkau, tentu semakin menambah hemat pengeluaran kita sebagai backpacker.