6 Tips Menghilangkan Noda Luntur dengan Mudah dan Efektif

Tips Menghilangkan Noda Luntur

Sobat pasti akan merasa jengkel jika ada pakaian sobat yang terkena noda luntur. Apalagi jika itu menyangkut pakaian kesukaan sobat. Menghilangkan noda luntur akan menjadi perkara yang merepotkan jika sobat tidak mengerti bagaimana caranya.

Meskipun demikian, sobat jangan terburu-buru untuk membuang pakaian yang terkena noda luntur tersebut. Pasalnya pada hari ini kami tim LebahNdut.NET akan membagikan kepada sobat cara ampuh dan efektif untuk mengatasi noda luntur pada pakaian.

Secara umum, jika noda luntur itu mengenai pakaian berwarna putih, maka sobat bisa mengandalkan pemutih sebagai jalan keluarnya. Sayangnya cara itu tidak akan berhasil jika diterapkan pada pakaian yang berwarna.

Tips Menghilangkan Noda Luntur

Berikut ini adalah beberapa cara untuk menghilangkan noda luntur pada pakaian dengan ampuh dan efektif.

1. Jeruk Nipis

Tahukah sobat jika jeruk nipis memiliki kandungan asam yang sangat ampuh untuk menghilangkan noda luntur pada pakaian. Tidak berlebihan jika jeruk purut kami letakkan pada urutan pertama. Caranya sangat sederhana, dimana sobat hanya perlu memeras air jeruk nipis kemudian aplikasikan pada area pakaian yang terkena noda luntur. Jika sobat kurang yakin, sobat bisa juga menggosokkan potongan jeruk nipis pada bagian tersebut selama 5 menit. Kemudian lanjutkan dengan mencuci pakaian seperti biasanya.

2. Belimbing Wuluh

Seperti halnya dengan jeruk nipis, kandungan asam pada belimbing wuluh cukup ampuh dan efektif dalam menghilangkan noda luntur pada pakaian. Cara mengaplikasikannya cukup mudah. Sobat potong saja belimbing wuluh menjadi dua bagian, kemudian langsung sobat gosokkan ke area pakaian yang terkena noda luntur. Setelah itu diamkan saja selama kira-kira 30 menit, lalu akhiri dengan mencucinya seperti biasa dengan menggunakan detergen serta bilas hingga bersih. Jangan lupa untuk menjemurnya di bawah paparan sinar matahari.

3. Cairan Aseton

Cairan aseton biasanya digunakan untuk membersihkan pewarna kuku (kuteks). Namun ternyata fungsi lain aseton bisa sobat manfaatkan untuk mengatasi noda luntur pada pakaian. Cukup dengan menuangkan cairan aseton pada area yang bernoda, diamkan kira-kira 30 menit. Lalu akhiri dengan mencuci pakaian seperti biasa.

4. Vetsin (Micin)

Micin yang sehari-hari digunakan sebagai penyedap rasa untuk masakan ini, ternyata bisa juga dimanfaatkan untuk membersihkan noda luntur pada pakaian. Jika sobat ingin mencobanya, maka pertama-tama sobat siapkan air hangat. Kemudian tambahkan deterjen dan micin, lalu rendam pakaian yang terkena noda luntur selama 30 menit. Setekah itu sobat bisa mencucinya seperti biasa dan membilasnya hingga bersih sebelum akhirnya dijemur.

5. Asam Cuka

Bahan lainnya yang bisa sobat gunakan untuk mengatasi pakaian yang terkena nda luntur adalah asam cuka. Pertama-tama tuangkan asam cuka langsung ke area pakaian yang terkena noda luntur. Lalu kucek pakaian tersebut pelan-pelan. Setelah itu sobat rendam pakaian tersebut ke dalam air yang sudah ditambahkan dengan detergen. Terakhir, cuci dan bilas hingga bersih.

6. Soda Kue (Baking Soda)

Baking soda sudah sejatinya digunakan untuk pengembang kue. Namun siapa sangka jika ternyata baking soda juga bisa digunakan untuk membersihkan noda luntur yang membandel. Caranya cukup sederhana dan mudah dipraktikkan. Pertama-tama sobat campurkan detergen dengan baking soda. Lalu oleskan pada area noda luntur pada pakaian. Rendam dalam air hangat selama 30 menit. Sebelum dijemur, pastikan sobat sudah mengucek dan membilasnya hingga bersih.

Itulah beberapa cara yang bisa sobat coba untuk menghilangkan noda luntur pada pakaian. Selamat mencoba.

Baca juga: