8 Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas, Aman dan Sesuai Kebutuhan

Jual Beli Mobil Bekas Garasi.id

Jika Anda ingin memiliki mobil baru, tetapi terbentur dengan terbatasnya keuangan atau budget, maka Anda tidak perlu berkecil hati. Pasalnya, Anda bisa membeli mobil bekas sebagai solusi yang tepat. Untuk itu, sangat disarankan agar Anda membelinya di tempat jual beli mobil bekas yang terpercaya agar terhindar dari segala bentuk penipuan.

Mungkin Anda sering mendengar berbagai kasus yang dialami orang lain, dimana mobil bekas yang mereka beli ternyata cepat rusak. Bahkan tidak sedikit yang harus mengocek kantong lebih dalam untuk biaya perawatan mesin gara-gara salah memilih mobil bekas.

Hal semacam itu bisa saja membuat Anda rahu untuk membeli mobil bekas. Padahal jika Anda memilih dengan teliti, mobil bekas kualitasnya tidak beda jauh dengan mobil dalam kondisi baru.

Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas

Untuk memudahkan Anda memilih mobil bekas yang berkualitas, berikut ini adalah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan.

1. Bekali Informasi yang Cukup

Sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas, maka ada baiknya jika Anda membekali diri dengan berbagai pengetahuan seputar mobil bekas. Anda mendapatkan informasi semacam itu baik melalui media online (blog, forum, sosial media, dll.) maupun offline (majalah otomotif, koran, dll.)

Cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai mobil bekas yang hendak Anda beli, mulai dari merk, harga, tahun dan spesifikasinya, sehingga Anda benar-benar memahami mobil seperti apa yang Anda butuhkan. Pengetahuan yang Anda kumpulkan ini nantinya akan sangat membantu dalam mendapatkan mobil bekas yang berkualitas.

2. Beli dari Orang Pertama

Jika dibandingkan dengan membeli mobil bekas dari showroom atau pun makelar, sebaiknya lebih disarankan agar Anda berburu mobil bekas yang dijual oleh pemiliknya langsung.

Di samping harganya lebih murah, membeli mobil dari pemilik pertama memudahkan Anda dalam menggali informasi mengenai latar belakang mobil tersebut.

3. Cek Bodi Mobil

Jangan sungkan untuk melakukan cek fisik mobil yang hendak Anda beli. Tentu saja Anda harus minta ijin kepada pemiliknya. Hal ini sekaligus untuk mengetahui juga apakah penjual mobil tersebut jujur atau tidak.

Mulailah dengan mengecek penampakan fisik bodi dari samping kanan kiri, atas dan bawah. Cek dengan teliti, misalnya bagaimana kondisi catnya, lalu adakah karat, goresan, bekas tambalan atau pun area yang penyok.

Perhatiakn juga kondisi keempat ban mobil tersebut, kira-kira masih bagus atau kah sudah aus. Hal ini dilakukan guna menghindari pengeluaran yang lebih banyak di kemudian hari.

4. Periksa Mesin Mobil

Setelah bagian fisik mobil tersebut selesai diperiksa, maka saatnya Anda melakukan pengecekan pada mesin mobil. Langkah ini merupakan sesuatu yang sangat penting dan sulit, terlebih lagi jika Anda kurang memahami mengenai piranti dan komponen mobil. Tidak ada salahnya jika Anda mengajak teman yang lebih paham soal mobil.

Mulailah memeriksa bagian selang-selang di dalam kap mesin, dan pastikan tidak ada kebocoran serta korosi. Jika semuanya baik-baik saja, maka Anda bisa memeriksa bagian selanjutnya yakni bagian dalam mobil.

5. Periksa Bagian Dalam Mobil

Pada langkah ini, pastikan Anda memeriksa dengan teliti kondisi jok dan sarungnya. Minta ijin kepada pemilik mobil untulk menyalakan mobil dan AC untuk guna mengetahui apakah komponen-komponenya masih bekerja dengan normal.

Periksa juga setiap lampu apakah masih berfungsi dengan baik, termasuk piranti lain seperti radio, CD, TV, sensor dan kamera parkir (jika ada).

6. Lakukan Test Drive

Langkah selanjutnya adalah melakukan test drive. Minta lah ijin dan ajak pemilik mobil untuk mencobanya. Hal ini perlu Anda lakukan guna mengetahui apakah sistem pengeremannya masih berfungsi dengan baik, lalu bagaimana kondisi tuas kopling dan gas-nya.

Lakukan berbagai manuver ringan untuk merasakan setir, rem, gas, dan kopling apakah masih terasa normal saat digunakan untuk berkendara. Dari test drive ini Anda bisa langsung merasakannya.

7. Periksa Kelengkapan Surat Kendaraan

Setelah semuanya Anda cek, maka hal terakhir sebelum Anda putuskan untuk membeli mobil bekas adalah kelengkapan surat kendaraan. Jangan sampai mobil yang Anda beli tidak memiliki surat-surat kelengkapan.

Pastikan Anda mengecek BPKP, STNK dan mencocokkan nomor rangka apakah sesuai dengan yang tertera. Bila perlu, tidak ada salahnya jika Anda juga meng-kroscek dengan data resmi di kantor SAMSAT.

Hal ini perlu dilakukan agar mobil yang Anda beli benar-benar legal dan aman, sehingga di kemudian hari tidak akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

8. Beli di Tempat yang Terpercaya

Jika Anda ragu untuk membeli langsung ke pemilik mobil, maka jauh lebih bijak jika Anda memutuskan untuk memeblinya di bursa jual beli mobil bekas yang aman dan terpercaya. Salah satunya adalah melalui Garasi.id.

Logo Jual Beli Mobil Bekas Garasi.id

Garasi.id, Tempat Jual Beli Mobil Bekas Terpercaya

Melalui website atau pun aplikasi Garasi.id di smartphone, Anda bisa memanfaatkan fitur “Mobil Pilihan Garasi.id”. Melalui fitur keren ini, Anda dapat megakses daftar atau listing mobil mobil bekas yang sudah melalui tahap inspeksi oleh ahlinya.

Dengan demikian Anda tidak perlu repot memeriksanya sendiri, karena inspeksi yang dilakukan tersebut mencakup 170 poin. Sehingga mobil yang dinyatakan lulus pemeriksaan adalah mobil bekas yang berkualitas dan bukan kaleng-kaleng.

Selanjutnya Anda hanya perlu memilih mobil yang cocok sesuai kebutuhan. Kemudian menyelesaikan proses pembelian dan melengkapi persyaratannya. Setelah semuanya beres, mobil impian pun bisa langsung Anda bawa pulang.