Tidak Dapat Izin Akibat Pandemi COVID-19, Shopee Liga 1 Ditunda Hingga Tahun 2021

Tidak Dapat Izin Akibat Pandemi COVID 19 Shopee Liga 1 Ditunda Hingga Tahun 2021

Sepak bola merupakan salah satu jenis olah raga yang memiliki banyak sekali penggemarnya di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Para penggila bola rela bersak-desakan untuk dapat menyaksikan klub idolanya yang tengah berlaga. Namun banyak juga yang memilih untuk menyaksikannya melalui TV atau pun live streaming online, misalnya melalui website vidio.com. Salah satu yang banyak ditonton adalah live streaming real madrid dan berbagai klub besar dunia lainnya.

Kompetisi Shopee Liga 1 di Indonesia

Seperti halnya negara lainnya, Indonesia juga memiliki kompetisi sepak bola yang sangat besar. Adapun Shopee Liga 1 merupakan liga sepak bola profesional dengan level tertinggi.

Pada awalnya, kejuaraan sepak bola nasional memiliki nama Liga Super Indonesia (disebut juga dengan nama Indonesia Super League). Di dalamnya terdapat 18 tim atau klub bola yang bertarung dalam kompetisi promosi serta degradasi. Kompeetisi Liga 1 ini sendiri dibentuk sejak 2008 oleh PSSI, yang mana dioperatori PT. Liga Indonesia Baru. Di dalam PT. Liga Indonesia Baru ini pun terdapat 18 klub yang sekaligus menjadi pemegang saham utama di dalamnya.

Juara Liga 1 di Indonesia

Sejak kompetisi liga tertinggi di Indonesia ini dilaksanakan, sudah banyak klub yang menjadi juaranya.

  • Musim 2008-2009: Persipura Jayapura
  • Musim 2009-2010: Arema FC
  • Musim 2010-2011: Persipura Jayapura
  • Musim 2011-2012: Sriwijaya FC
  • Musim 2013: Persipura Jayapura
  • Musim 2014: Persib Bandung
  • Musim 2017: Bhayangkara FC
  • Musim 2018: Persija Jakarta
  • Musim 2019: Bali United

Shopee Liga 1 Tertunda Akibat COVID-19

Mewabahnya pandemi COVID-19 memberikan dampak yang luar biasa dalam berbagai bidang. Kompetisi sepak bola dan kejuaraan dunia olah raga, misalnya ajang balap motoGP, secara umum termasuk satu bidang yang sangat terimbas oleh pandemi virus corona ini.

Di Indonesia misalnya, kompetisi sepak bola pada tahun ini tidak dilanjutkan akibat adanya COVID-19 yang tidak kunjung mereda ini. Hal ini membuat Indonesia menjadi negara di Asia Tenggara satu-satnya yang tidak menereuskan kompetisi sepak bola musim ini. Padahal jika dilihat dengan kompetisi beberapa negara tetangga bahkan sudah selesai terlaksana.

Secara tidak langsung, hal ini juga memperlihatkan bahwa Indonesia cukup jauh tertinggal dalam pengelolaan kompetisi sepak bola pada kondisi pandemi COVID-19 seperti saat ini. Meskipun sejatinya dari pihak PSSI maupun PT. Liga Indonesia Baru sendiri sangat berharap bahwa kompetisi dapat dilanjutkan.

Seperti yang terlihat, sejatinya kompetisi Shopee Liga 1 dan Liga 2 musim 2020 sesuai rencana awalnya akan tetap dilanjutkan sejak awal Oktober lalu. Namun sayangnya, izin dari pihak Polri yang tidak kunjung turun memaksa pihak PSSI untuk menagmbil keputusan berat, yakni menunda kompetisi bola musim ini hingga tahun 2021.

Negara tetangga seperti Filipina dan Singapura sebelumnya juga terancam menunda kompetisi sepak bola akibat wabah pandemi COVID-19. Namun akhirnya kompetisi Singapore Premier League dapat dilanjutkan kembali semenjak tanggal 17 Oktober lalu. Sementara itu, kompetisi Philippines Football League juga mulai dilanjutkan pada tanggal 28 Oktober.

Terus berjalannya kompetisi liga sepak bola di Singapura dan Filipina menjadikan Indonesia sebagai negaga anggota ASEAN satu-satunya yang tidak melanjutkan kompetisi bola musim ini.

Ditundanya kompetisi sepak bola Shopee Liga 1 hingga tahun 2021 akan banyak menimbulkan berbagai konsekuensi. Sebut saja perubahan format kompetisi yang harus disesuaikan kembali, hingga banyaknya ketertinggalan waktu yang harus dikejar nantinya sehingga kompetisi Shopee Liga 1 musim 2021 tidak akan semakin tertunda dan tertinggal sangat jauh.

Semoga saja pandemi COVID-19 ini segera berakhir, sehingga segala sesuatunya bisa segera kembali berlangsung dengan normal, termasuk jalannya kompetisi Shopee Liga 1 di Indonesia.

Baca juga: