Berbagai Manfaat Membuat Website atau Blog Pribadi yang Perlu Anda Ketahui

Berbagai Manfaat Membuat Website atau Blog Pribadi yang Perlu Anda Ketahui

Dewasa ini, kemajuan teknologi informasi dan komunikasi serta internet berjalan begitu pesatnya. Salah satu yang terlihat adalah banyaknya orang yang memiliki website atau blog pibadi. Dan mereka tidak hanya memanfaatkan platform gratisan, seperti blogspot. Namun juga platform CMS yang membutuhkan hosting, misalnya CMS WordPress.

Apalagi kini banyak sekali provider hosting lokal dengan harga terjangkau. Salah satunya adalah domainesia.com sebagai pilihan terbaik hosting indonesia saat ini. Hal ini menjadikan semakin banyak orang berlomba-lomba untuk membuat blog pribadi.

Saat ini website tidak hanya diperuntukkan untuk perusahaan besar, ataupun organisasi terkenal, atau lembaga pemerintahan saja. Lebih dari itu, sebuah website bisa digunakan untuk kepentingan pribadi. Sebut saja sharing info dan pengalaman dalam berbagai hal, catatan diary online, menulis tutorial, atau sekedar untuk menampilkan karya yang dimilikinya (portofolio).

Manfaat Membuat Website atau Blog Pribadi

Lantas, apa saja sih manfaat membuat website ataupun blog pribadi itu? Manfaat dari membuat website sejatinya ada banyak sekali. Namun demikian, masih banyak orang yang belum mengetahui apa saja manfaat dari website ataupun blog.

1. Sebagai Nama atau Identitas di Dunia Maya

Dengan memiliki website pribadi, secara tidak langsung Anda telah mengukuhkan identitas di internet. Terlebih lagi jika nama Anda termasuk nama pasaran yang dimiliki banyak orang. Maka sebaiknya Anda secepatnya mengamankan nama domain untuk website sesuai nama Anda. Pasalnya, setiap nama domain itu unik, sehingga tidak akan ada domain yang memiliki nama sama persis.

Katakanlah nama Anda adalah Dedi dan berniat memiliki sebuah website dengan alamat atau nama domain www.dedi.com. Maka Anda harus secepatnya membeli nama domain tersebut sehingga tidak keduluan orang lain yang kebetulan memiliki nama yang sama dengan Anda.

Setelah nama domain dedi.com dibeli oleh orang lain, maka Anda tidak bisa membeli domain dengan nama yang sama persis. Anda pun harus memilih variasi nama domain lainnya, misalnya dedi123.com, dedionline.com, dan variasi nama lainnya.

2. Sarana Berbagi Hobi dan Pengalaman

Website atau blog juga bisa Anda jadikan sebagai sarana untuk berbagi hobi dan pengalaman. Banyak sekali jenis hobi yang bisa dijadikan konten website. Mulai dari hobi memasak, hobi nonton film, hobi traveling, dan masih banyak lagi hobi-hobi lainnya.

Atau mungkin Anda ingin berbagi pengalaman saat mendaki gunung, pengalaman jalan-jalan ke luar negeri, dan pengalaman-pengalaman lainnya yang ingin Anda bagi melalui website yang Anda miliki.

3. Tempat untuk Memajang Karya Portofolio

Bagi Anda yang ingin mendapatkan pengakuan dan penghargaan atas skill dan kemampuan yang Anda miliki. Maka Anda bisa memanfaatkan website untuk memajang semua karya Anda atau portofolio yang Anda miliki.

Portofolio yang Anda pajang di website ini akan memudahkan Anda ketika mencari pekerjaan ataupun menawarkan poyek tertentu. Selain itu, jika Anda hendak melamar kerja di perusahaan, mereka dapat melihat portofolio di website Anda sebagai bahan penilaian selain dari CV (resume) yang Anda kirimkan dan wawancara yang Anda jalani.

Dan jika Anda seorang freelancer, maka portofolio di website Anda bisa sangat berguna ketika Anda “nge-bid” sebuah proyek yang membutuhkan skill seperti yang Anda miliki.

4. Menghasilkan Uang

Dewasa ini, bekerja tidak melulu harus pergi ke kantor dari pagi hingga sore dengan segala rutinitas yang bagi sebagian orang sangat membosankan. Ditambah lagi dengan macetnya jalanan yang semakin membuat banyak orang yang stres. Maka Anda bisa memanfaatkan website sebagai alternatif dan solusi bagi Anda yang tidak cocok dengan keterikatan atau hubungan kerja bos dan karyawan.

Banyak cara dan jalan yang dapat ditempuh untuk menghasilkan uang melalui website. Jika Anda menjadi seorang blogger atau publisher, maka Anda bisa “menguangkan” website Anda lewat program periklanan yang memanfaatkan trafik atau lalu lintas pengunjung website Anda.

Selain itu, Anda juga bisa mengikuti program posting berbayar, di mana Anda akan mendapatkan bayaran dengan mengulas produk ataupun website orang lain. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menjual barang ataupun karya Anda melalui website.

Nah, itulah beberapa manfaat memiliki website pribadi yang mungkin saja masih banyak orang belum mengetahuinya.

Baca juga: