adplus-dvertising


Berbagai Cara Mudah Untuk Mengecek Nomor BPJS Ketenagakerjaan Dengan NIK

Berbagai Cara Mudah Untuk Mengecek Nomor BPJS Ketenagakerjaan Dengan NIK

Sebenarnya masih banyak peserta BPJSTK yang belum paham mengenai cara cek BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK. Padahal, cara mengecek tersebut tergolong cukup mudah dan praktis lho.

Nomor BPJS Ketenagakerjaan itu sendiri merupakan nomor yang wajib disimpan oleh setiap pesertanya. Hal itu bukan tanpa sebab, karena BPJS Ketenagakerjaan akan dibutuhkan Ketika seseorang hendak mengurus berbagai kepentingan yang berhubungan dengan BPJS.

Sebagai contoh, misalnya kamu ingin mengajukan pencairan uang JHT (Jaminan Hari Tua) yang diharuskan untuk mengisi nomor BPJS Ketenagakerjaan pada formulirnya. Namun, tak sedikit dari peserta BPJSTK yang kehilangan kartu BPJSnya.

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan memberikan beberapa cara mudah untuk mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan menggunakan NIK. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

1. Melalui Call Center BPJS

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan, yakni melalui call center BPJS. Caranya pun cukup mudah, dimana kamu hanya perlu melakukan panggilan telepon di nomor 175.

Jika sudah demikian, nantinya kamu akan terhubung langsung dengan call center dari BPJS. Namun perlu diingat, bahwa panggilan ke call center BPJS ini akan dikenai tarif telepon.

2. Melalui Media Sosial BPJS

Selain call center BPJS, kamu juga bisa mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan melalui media sosial BPJS. Dalam hal ini, kamu bisa langsung mengunjungi media sosial resminya dialamat www.bpjsketenagakerjaan.go.id/kontak.html.

Tak hanya itu, tersedia pula layanan WhatsApp di nomor 0819-1159-10 atau di nomor 0855-1500-910. Akan tetapi, layanan BPJS Ketenagakerjaan melalui WhatsApp hanya berlaku bagi para pekerja migran Indonesia saja (TKI).

3. Melalui Layanan SMS Gateway

SMS gateway merupakan layanan informasi dua arah yang diberikan langsung lewat pesan singkat menggunakan system informasi. Adapun mengenai layanan SMS gateway yang dapat kamu akses melalui nomor 08777-5500-400.

Bahkan, SMS gateway pun menghadirkan layanan informasi bagi peserta melalui kanal komunikasi yang mudah serta ramah lho. Lantas, bagaimana cara mengecek BPJS Ketenagakerjaan melalui SMS gateway?

Mengenai caranya, kamu hanya tinggal mengerik NIK spasi Nomor Induk Kependudukan. Untuk contohnya, ketik “NIK 0123456789” kemudian kirim sebagai pesan SMS ke nomor 08777-5500-400.

4. Melalui Kantor Cabang BPJS

Jika memiliki waktu luang, maka kamu bisa langsung mengunjungi kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdaftar didaerah sekitar. Dengan begitu, tentunya kamu dapat langsung mengetahui nomor BPJS Ketenagakerjaan milikmu.

Akan tetapi, ada beberapa persyaratan yang harus kamu bawa saat hendak mengecek BPJS Ketenagakerjaan di kantor cabang BPJS. Ya, persyaratan yang dimaksud diantaranya berupa KK (Kartu Keluarga), e-KTP, dan surat palkaring (jika diperlukan). Palkaring itu sendiri merupakan bukti bahwa kamu sedang atau pernah bekerja di sebuah perusahaan.

5. Melalui Website sso.bpjsketenagakerjaan.go.id

  • Untuk tahap pertama, kamu harus mengunjungi situs sso.bpjsketenagakerjaan.go.id
  • Setelah itu masukan alamat email dan password yang sudah terdaftar
  • Kemudian klik “saya bukan robot” atau reCAPTCHA
  • Klik “Login”, lalu pilih cek kartu digital
  • Dengan begitu, maka nantinya akan muncul nomor BPJS Ketenagakerjaan milikmu

6. Melalui Situs www.bpjsketenagakerjaan.go.id.

  • kunjungi situs www.bpjsketenagakerjaan.go.id
  • Kemudian masukan alamat email dan password yang sudah terdaftar
  • Lanjutkan dengan meng-klik “saya bukan robot” atau reCAPTCHA
  • Setelah itu klik “Login”, lalu pilih cek kartu digital
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul nomor BPJS Ketenagakerjaannya.

Baca juga: