Selain Pelumas, Ketahui Beragam Fungsi dari Oli Mesin Kendaraan

Selain Pelumas, Ketahui Beragam Fungsi dari Oli Mesin Kendaraan

Bicara tentang kendaraan roda empat tentunya bukan hanya tentang spesifikasi yang canggih dan harga terjangkau saja, tetapi ada satu hal yang sangat penting untuk dilakukan yaitu perawatan. Perawatan yang dilakukan mampu menjaga keadaan mobil selalu prima dan selalu siap untuk digunakan untuk berkendara. Beda halnya jika jarang dilakukan perawatan pada mobil, maka pengemudi akan merasakan ketidaknyamanan dalam mengemudi. Ketidaknyamanan yang mungkin dirasakan mulai dari tarikan sangat berat dibanding saat keadaan normal, tidak bisa melakukan akselerasi, dan terdapat suara pada mesin. Saat sudah terjadi keadaan seperti itu, maka harus segera bawa ke bengkel untuk dicek dan diperbaiki bagian yang mengalami gangguan ataupun kerusakan.

Kemungkinan yang bisa saja menyebabkan terjadinya berbagai masalah pada kendaraan karena lupa ganti oli mobil. Apalagi fungsi dari oli mobil sangat penting bukan hanya sebagai pelumas saja, tetapi ada banyak fungsi lainnya pada mesin. Bagi yang sering telat ganti oli atau abai dalam melakukan perawatan, maka perlu untuk mengetahui beberapa fungsi dari oli mesin berikut ini.

Menghindari Adanya Kebocoran Gas

Fungsi lainnya dari oli yang berkualitas yaitu mampu menghindari adanya bocor pada gas yang berada di ruang pembakaran karena oli mampu berperan melumasi semua bagian atau komponen di sekitar mesin. Dengan proses pelumasan yang baik, maka setiap komponen akan tetap bekerja sesuai fungsinya dan tetap rapat sehingga tidak ada gas yang mengalami bocor. Sebagai contoh, oli akan melumasi 2 bagian yaitu silinder dan juga piston sehingga tetap rapat antara komponen tersebut dan tidak ada celah gas yang keluar atau bocor dari area pembakaran.

Bisa Sebagai Pendingin

Mesin yang terus bekerja tentunya lama-kelamaan akan menimbulkan panas dan pada saat inilah fungsi oli sebagai pendingin dibutuhkan sehingga suhu akan tetap dalam kondisi yang normal. Tetapi dengan seiringnya penggunaan oli sehingga kualitasnya jadi berkurang, maka dibutuhkan oli yang baru. Tentunya oli juga memiliki waktu pakai yang berbeda setiap kendaraan tergantung pemakaian, ada yang 6 bulan wajib diganti atau setelah menempuh jarak ribuan kilometer.

Mencegah Munculnya Korosi

Korosi atau karat bisa saja muncul dan mengendap pada bagian mesin sehingga mengganggu kerja dari mesin secara keseluruhan. Dengan oli berkualitas tentunya juga berfungsi mencegah munculnya korosi pada semua komponen mesin. Pastikan juga pemilik kendaraan harus membeli oli yang tepat, salah satunya adalah volume oli yang bisa saja berbeda antar kendaraan.

Melihat ketiga fungsi oli diatas selain sebagai pelumas, tentunya penting untuk mobil bekas rutin ganti produk yang satu ini. Apalagi bagi yang selama ini sedang mencari mobil bekas tentunya menginginkan mendapatkan kendaraan yang selalu ganti oli berkala. Untuk mempermudah pencarian sekaligus pembelian, maka bisa memanfaatkan platform mobbi yang sudah dikenal sejak lama dengan mo88i. Daftar kendaraan bekas yang tersedia di mobbi tentunya sudah melewati beberapa pengecekan yang lengkap sehingga dijamin dari segi kualitas serta harganya yang bersaing.

Baca juga: