Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan STB TV Digital

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan STB TV Digital

Mulai beberapa bulan yang lalu, beberapa wilayah di Indonesia sudah tidak bisa menerima siaran TV analog. Hampir semua channel televisi sudah berpindah ke modulasi digital secara bertahap. Untuk tetap dapat menikmati channel TV digital ini, maka terdapat dua cara yang bisa Anda coba.

Pertama, mengganti televisi Anda dengan TV digital. Dan yang kedua, tetap menggunakan TV analog namun dengan bantuan stb tv digital untuk menayangkan siaran digital ke TV analog Anda.

Apa itu TV Digital?

Banyak orang masih bingung mengenai televisi digital, kebanyakan orang awam mengira TV digital adalah TV layar datar. Sebenarnya TV digital adalah jenis televisi yang penayangan sinyal televisinya menggunakan modulasi digital, sinyal televisi yang dimaksud adalah siaran yang berupa gambar dan suara.

Siaran TV digital tidak memerlukan internet karena bukan streaming dan juga bukan merupakan TV berlangganan. Karena Ada pula yang menyamakan TV digital dengan TV android. Padahal keduanya sangatlah berbeda.

Muncul juga pertanyaan seperti bukankah siaran yang ditayangkan sama dengan TV analog? Siaran yang ditayangkan sama, yang berbeda adalah cara kerja dan kualitas tayangannya. TV analog ditransmisi melalui gelombang radio yang memisahkan antara data gamba dan suara. Sedangakan TV digital data dimodulasi dalam bentuk digital dan sintal gambar serta suara tidak terpisahkan. Sehingga kualitas tayangan menjadi lebih baik.

Apa itu STB TV Digital?

Cara yang kedua untuk menikmati siaran TV digital adalah tetap menggunakan TV analog yang ditambah dengan pemasangan STB TV digital. STB TV digital adalah Set Top Box TV digital yaitu sebuah alat yang dapat mengonversi sinyal digital menjadi sinyal yang bisa ditayangkan di TV analog Anda.

Ada berbagai macam STB TV digital yang beredar di pasaran, tentunya dengan harga yang sangat variatif. STB TV digital bisa Anda dapatkan di toko-toko elektronik ataupun marketplace dengan harga mulai 115 ribu rupiah, tergantung merk yang Anda kehendaki. Bahkan Anda bisa mendapatkan STB TV digital gratis dari pemerintah jika memenuhi persyaratan yang ditentukan.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan STB TV Digital

Penggunaan STB TV digital memang dirasa lebih menguntungkan dibandingan dengan mengganti TV analog Anda dengan TV digital, namun sebagai bahan pertimbangan berikut adalah kelebihan dan Kekurangan STB TV digital:

1. Kelebihan STB TV Digital

Beberapa kelebihan jika Anda menggunakan TV digital adalah:

  • Lebih murah dibandingkan membeli televisi baru.
  • Tidak memerlukan antena luar.

2. Kekurangan STB TV Digital

Selain kelebihan terdapat pula beberapa kekurangan STB TV Digital yaitu:

  • Kurang praktis karena berupa peralatan tambahan.
  • Beberapa STB memiliki kualitas yang kurang bagus dan sulit disetting.
  • Kualitas siaran menyerupai TV analog karena STB mengonversi data digital kembali seperti analog.

TV Digital dari AQUA Japan

Jika Anda ingin menikmati kualitas siaran TV digital yang sebenarnya, cara yang paling tepat memang mengganti televisi Anda menjadi TV digital. Saat ini hampir semua brand mengeluarkan produk TV digital. Namun sebagai brand yang berpengalaman, AQUA Japan merilis produk TV Digital dari seri LE32AQT6200T yang merupakan TV AQUA new model digital TV 32.

Dilengkapi dengan penangkap sinyal digital yang memberikan kenyamanan saat menonton acara tv kesayangan Anda. Selain Itu juga memiliki beberapa keunggulan seperti gambar kualitas HD (1080x720p), HDMI port, USB Movie dan fitur melakukan perekaman siaran televisi dengan Video Recording.

Demikianlah perbandingan jika Anda menggunakan STB TV digital atau mengganti TV Anda dengan TV digital. Tentunya hal tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan juga kemampuan masing-masing.

Baca juga: