Inilah 7 Kelebihan Menggunakan Blog Self Hosting yang Perlu Diketahui

Kelebihan Menggunakan Blog Self Hosting yang Perlu Diketahui

Dewasa ini, blog dan website sudah menjadi salah satu media yang bisa dimanfaatkan untuk beragam kebutuhan online. Terlebih lagi saat ini sudah terdapat provider hosting murah paling update dan berkualitas, misalnya saja DomaiNesia yang beralamatkan di www.domainesia.com.

Tidak hanya menyediakan hosting dengan kualitas jempolan. Nyatanya DomaiNesia juga menyediakan aneka domain dengan berbagai ekstensi, termasuk domain id, yang sangat cocok untuk blogger dan pelaku bisnis online skala lokal di Indonesia.

Memang benar, ngeblog bisa dilakukan tanpa modal, misalnya saja denga memanfaatkan fasilitas gratis di blogger.com (blogspot) dan wordpress.com. Namun yang namanya menumpang, tentu saja banyak sekali keterbatasan dan aturan-aturan yang harus Anda patuhi untuk dapat terus menggunakannya. Jika terjadi pelanggaran, tidak menutup kemungkinan blog yang sudah Anda bangun akan dihapus secara sepihak oleh penyedia layanan blog gratisan tersebut.

Maka dari itu tidak mengejutkan jika banayk blogger dan para pemilik blog ataupun website yang lebih memilih membangun blog self hosting atau di hosting berbayar. Semua itu dilakukan bukan tanpa alasan.

Beragam Kelebihan Menggunakan Blog Self Hosting

Beragam Kelebihan Menggunakan Blog Self Hosting

Berikut ini adalah beberapa kelebihan jika Anda membangun blog di hosting berbayar (self hosting)

1. Tidak Perlu Khawatir Blog Dihapus

Jika Anda membuat blog di platform gratisan seperti blogspot ataupun wordpress.com, maka ada risiko blog Anda dihapus bahkan akun Anda dihapus (banned), jika saja melakukan pelanggaran. Baik itu pelanggaran yang anda sengaja atau tidak.

Hal itu tidak akan terjadi jika Anda membuat blog di hosting berbayar. Sehingga Anda tidak perlu cemas atau khawatir blog Anda akan terhapus.

2. Akses Blog Lebih Kencang & Mudah Terindeks

Dengan membangun blog di hosting berbayar yang berkualitas tinggi seperti DomaiNesia, maka blog Anda akan mudah diakses oleh pengunjung dengan cepat. Sebab, hosting lokal dengan IP Indonesia tentu saja lebih kencang jika dibuka oleh pengunjung lokal dibandingan dengan blog di platform gratisan yang menggunakan IP server luar negeri.

Selain itu, indeks dari postingan yang Anda publish di blog juga lebih cepat terindeks oleh mesin pencari (misalnya Google). Terlebih lagi jika Anda menggunakan CMS (Content Management System) yang SEO friendly seperti WordPress.

3. Banyak Pilihan CMS & Bahasa Pemrograman

Di hosting berbayar biasanya terdapat fitur yang memudahkan Anda untuk menginstall blog dengan beragam pilihan CMS. Sebut saja WordPress, Joomla, Drupal, Magento, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Anda juga bisa membuat website dengan koding manual yang berbasis HTML, PHP dan bahasa pemograman lainya yang Anda inginkan. Sehingga Anda akan memiliki banyak  pilihan dan sangat fleksibel sesuai dengan apa yang Anda kehendaki dan butuhkan.

4. Lebih Mudah Dioprek dan Modifikasi

Ketika Anda menginstall blog di hosing berbayar, maka Anda akan bisa leluasa mengoprek, mengedit ataupun memodifikasi tampilan blog Anda sesuai denagn keinginan dan kebutuhan Anda.

Jika Anda menggunakan CMS WordPress misalnya, maka akan tersedia banyak pilihan theme dan juga plugins untuk mendukung aktivitas blogging. Di mana theme dan plugin yang Anda pakai tersebut juga bisa Anda utak-atik asalkan Anda memahami perkodingan.

5. Cocok untuk Segala Macam Kebutuhan

Membuat blog atau websiste di hosting berbayar bisa Anda gunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Misalnya saja untuk sekedar melampiaskan hobi menulis sebagai blogger, wadah portofolio bagi Anda para freelancer, hingga untuk kebutuhan bisnis seperti membuka toko online ataupun branding perusahaan Anda.

6. Memberi Kesan Lebih Profesional

Karena menggunakan hosting berbayar, maka tampilan blog atau website Anda bisa disetting sedemikian rupa, sehingga akan terlihat lebih rapi dan profesional. Hal ini akan menjadi nilai plus bagi Anda para freelancer, pemilik perusahaan atau brand, ataupun pelaku bisnis online.

7. Kontrol Penuh di Tangan Anda

Jika Anda menumpang di platform blog gratisan, maka kontrol Anda akan sanagt terbatas. Sementara itu jika Anda membangun blog di hosting berbayar, maka kontrol sepenuhnya ada di tangan Anda.

Anda bisa membangun, mengisi serta mengelola blog atau website sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Keleluasaan dan kontrol penuh inilah yang tidak bisa Anda dapatkan ketika memanfaatkan platform blog gratisan.

Baca juga: