Khasiat dan Kandungan Beras Coklat bagi Kesehatan Tubuh

Khasiat dan Kandungan Beras Coklat bagi Kesehatan Tubuh

Beras coklat atau brown rice dikategorikan sebagai gandum utuh yang sehat dan dapat dijadikan sebagai sumber serat yang berasal dari benih utuh. Beras coklat mengandung karbohidrat, serat, fosfor, selenium, kalium, magnesium, dan vitamin B yang kompleks.

Beras coklat dapat menjadi salah satu makanan pokok yang tepat untuk dikonsumsi karena memiliki khasiat lengkap dan nutrisi yang baik, selain itu kandungan gizi dalam beras coklat membantu tubuh terhindar dari penyakit, dan pola hidup sehat yang kamu jalani tetap terjaga.

Nilai serat yang tinggi pada beras coklat dapat membantu sistem pencernaan karena  membantu meningkatkan sistem kerja usus dan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Selain itu mengkonsumsi nasi coklat dapat mencegah masalah sakit perut lainnya seperti sembelit.

Untuk membeli beras coklat pun tidak sulit, kamu dapat menemukan beras ini pada platform belanja bahan makanan sehat di Healthy Choice. Tidak hanya beras coklat, terdapat beberapa jenis beras sehat lainnya yang ditawarkan seperti beras hitam, beras merah, beras organik dan makanan sehat lainnya.

Beberapa Khasiat yang Terkandung dalam Beras Coklat

1. Mencegah Kanker Payudara

Mencegah Kanker Payudara

Beras coklat memiliki kandungan lignin yang dapat mencegah pertumbuhan sel-sel kanker payudara, sehingga seseorang yang memiliki riwayat kanker payudara dianjurkan mengganti nasi putih dengan nasi coklat sebagai makanan pokoknya.

2. Mampu Menguatkan Tulang

Jika tubuh mengalami kekurangan magnesium dapat menyebabkan penurunan kepadatan tulang dan menyebabkan terjadi osteoporosis. Beras coklat mengandung magnesium yang merupakan mineral penting untuk menjaga kesehatan tulang, selain itu beras coklat juga memiliki kandungan kalsium dan vitamin D.

3. Dapat Menurunkan Resiko Kanker Usus Besar

Dapat Menurunkan Resiko Kanker Usus Besar

Kandungan gizi selenium dan fenoloid yang tinggi dalam beras coklat dapat menurunkan resiko kanker usus besar, karena beras coklat memiliki kandungan serat yang tinggi maka dapat membantu menjaga kesehatan usus besar dan saluran pencerna.

4. Membantu Menjaga Berat Badan

Mengkonsumsi makanan yang tinggi akan serat umumnya akan membuat kamu merasa kenyang lebih cepat dan lebih lama, sehingga dapat membantu mengurangi nafsu makan dan menjaga berat badan. Beras coklat memiliki sumber serat yang indeks glikemiknya rendah.

5. Menjaga Kesehatan Sistem Saraf

Penyakit saraf cukup umum ditemukan saat ini karena beberapa faktor, diantaranya dapat disebabkan karena penggunaan gadget yang berlebih. Agar terhindar dari penyakit saraf, kamu dapat mengkonsumsi beras coklat yang kaya akan kandungan mangan, dimana hal ini diperlukan tubuh untuk membentuk asam lemak dan berbagai jenis hormon yang diperlukan demi menjaga kesehatan sistem saraf.

6. Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol

Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol

Mengkonsumsi nasi coklat secara rutin dapat menghindari tubuh dari kolesterol jahat (LDL), dimana beras coklat merupakan sumber serat larut air dan mengandung minyak yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

7. Mencegah Penyakit Jantung

Selain oatmeal, mengkonsumsi nasi coklat dibanding dengan nasi putih biasa akan sangat baik bagi penderita penyakit jantung. Memenuhi asupan tubuh dengan beras coklat dapat membantu melindungi jantung agar lebih sehat dan terhindar dari gangguan pembuluh darah.

Baca juga: