Mengapa Kemasan Plastik untuk Sayuran dan Buah itu Penting?

Mengapa Kemasan Plastik untuk Sayuran dan Buah itu Penting

Tidak semua kemasan sama, dan ada banyak contoh di mana ada alasan yang sangat valid bagi produsen dan pengecer untuk mengemas barang-barang mereka. Kemasan plastik untuk sayuran digunakan dalam rantai pasokan makanan karena membantu mengamankan distribusi makanan jarak jauh serta meminimalkan limbah makanan karena menjaga makanan segar lebih lama. Bahan kemasan yang digunakan dapat menahan keluar masuknya gas agar konsentrasinya di dalam kemasan berubah sehingga laju respirasi produk menurun, mengurangi pertumbuhan mikrobia dan kerusakan oleh enzim, serta memperpanjang umur simpan.

Pengemasan melindungi isi dari sumber eksternal panas, kelembapan, bau, dan dalam beberapa kasus cahaya. Lapisan tipis plastik juga melindungi dari banyak tangan dan kendaraan yang melewatinya dan memastikan tidak ada bakteri atau kuman jahat yang menginfeksi produk.

Banyak produk memiliki masa kadaluarsa yang sangat singkat. Mentimun sangat rapuh dan apabila tanpa di kemas menggunakan plastik mentimun akan kehilangan banyak kelembapan dan hanya bertahan selama tiga hari di rak. Dengan kemasan plastik untuk sayuran masa kadaluarsa sayuran dapat lebih panjang.

Alasan Mengapa Produk Sayuran Perlu Dikemas dengan Baik

Beberapa alasan mengapa produk sayuran perlu dikemas dengan baik, antara lain:

  • Mempercantik penampilan produk.
  • Dapat dipakai untuk klasifikasi produk menurut grade sehingga mempermudah pemasaran
  • Mempermudah penanganan, transportasi dan penyimpanan.
  • Melindungi mutu produk dari kerusakan mekanis, mengurangi kehilangan air dan menjamin kebersihan produk.
  • Melindungi produk dari lingkungan yang kurang menguntungkan.

Kemasan plastik untuk sayuran banyak digunakan dengan pertimbangan bahan tersebut mudah dibentuk sesuai dengan keinginan, tidak bersifat korosif (mudah berkarat), tidak memerlukan penanganan khusus. Dalam dunia perdagangan dikenal ada plastik khusus untuk mengemas bahan pangan (food grade) dan plastik untuk mengemas bahan bukan pangan (non-food grade). Oleh karena itu bila akan memilih plastik untuk mengemas bahan dan produk pangan maka harus dipilih yang food grade.

Kemasan plastik untuk sayuran yang dipilih adalah kemasan yang mempunyai permeabilitas yang tinggi terhadap CO2 agar dapat mengeluarkan CO2 dari produk sebagai hasil dari proses pernafasan. Jenis kemasan yang sesuai adalah polistiren busa seperi LDPE, EVA, ionomer atau plastik PVC.

Sayuran mudah layu dan terlihat tidak segar, tapi kini sudah ada cara ampuh yang bisa digunakan untuk menjaga kesegaran sayuran ataupun buah. Dengan kemasan plastik untuk sayuran, buah dan sayur bisa tetap segar dan mengurangi serta menghambat untuk cepat layu.

Buah pisang, apel yang sudah dikupas, pepaya, brokoli, jagung, dan banyak sayur atau buah lain bisa dibungkus dengan kemasan plastik. Untuk buah-buahan yang sudah dikupas pun juga bisa menggunakan plastik untuk menjaga kesegaran.

Semoga artikel di atas dapat membantu Anda dalam memilih kemasan yang tepat untuk buah dan sayuran yang Anda beli.

Baca juga: