Mengenal Universitas Pertamina dan Beragam Keunggulannya

Mengenal Universitas Pertamina dan Beragam Keunggulannya

Dalam dua dekade belakangan kesadaran masyarakat akan pendidikan sudah meningkat dengan drastis. Itulah mengapa kuliah bukanlah hal yang istimewa, sebab hampir sebagian besar lulusan SMA dan juga SMK melanjutkan studi ke bangku kuliah.

Hal ini tentunya akan memberikan dampak yang baik karena kualitas pendidikan masyarakat akan meningkat. Namun ternyata hal tersebut menjadikan persaingan di dunia kerja semakin berat. Kampus Teknologi dan Bisnis Energi biasanya lebih diminati karena peluang kerjanya dianggap lebih baik. Namun ternyata sebagian besar sarjana tidak memiliki kesiapan yang cukup untuk memasuki dunia kerja.

Universitas negeri pastinya masih menjadi incaran utama, terutama karena alasan biaya. Namun jika Anda mencari Kampus Swasta Unggulan, banyak pula universitas swasta yang memiliki kualitas bagus. Salah satu universitas swasta yang banyak diminati adalah Universitas Pertamina atau UPER.

Keunggulan Universitas Pertamina

Keunggulan Universitas Pertamina

Universitas Pertamina adalah kampus swasta yang berada di bawah yayasan pertamina. UPER merupakan kampus non kedinasan yang berfokus pada tains dan teknologi. Namun saat ini UPER juga memiliki banyak jurusan lain seperti berbagai program studi sosial dan humanoria.

UPER merupakan salah satu universitas swasta yang banyak direkomendasikan karena beberapa kelebihan sebagai berikut:

  1. Mahasiswa dibiasakan untuk selalu berpikir kritis dan juga mengasah kemampuan menyelesaikan masalah yang cukup kompleks melalui tugas dan juga proyek yang diberikan.
  2. Selain pemikiran kritis dan juga kemampuan penyelesaian masalah. Lingkungan pembelajaran dikondisikan agar mahasiswa memiliki karakter yang kuat dan tangguh.
  3. Menerapkan nilai moral yang dapat membangun karakter yaitu: Spirituality, Integrity, Excellence, Profesionalism, Global Mindset, dan Social Responsibility.
  4. Pembelajaran tahun pertama menggunakan dua bahasa atau bilingual dan semenjak tahun kedua menggunakan bahasa inggris.
  5. Staf pengajar yang berkualitas lulusan dalam dan juga luar negeri
  6. Sarana dan prasarana pembelajaran yang lengkap

Beasiswa Universitas Pertamina

Sekalipun merupakan salah satu kampus swasta, Universitas Pertamina juga menyediakan beasiswa bagi para mahasiswa. Ada beberapa beasiswa tematik yang bisa didapatkan. Namun beasiswa yang paling menjadi incaran adalah beasiswa APERTI BUMN.

Beasiswa APERTI BUMN merupakan beasiswa aliansi perguruan tinggi BUMN. Beasiswa ini diselenggarakan oleh Universitas Pertamina (UPER), Sekolah Tinggi Teknik PLN (STT PLN), Telkom University (TEL-U), Sekolah Tinggi Manajemen Logistik (STIMLOG), Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI), Poltek POS, Institut Teknologi dan Bisnis BRI (BRI Institute) serta Institut Teknologi Telkom Surabaya (ITTS).

Program ini menjadi incaran utama karena jika mendapatkan beasiswa APERTI mahasiswa akan mendapat benefit berupa pembebasan biaya SPI dan juga 100% pembebasan SPP sampai lulus. Sepadan dengan benefitnya dari seluruh pendaftar hanya akan diambil 40 orang dan setiap perguruan tinggi hanya terdapat kuota 5 mahasiswa.

Jika mengejar beasiswa APERTI dirasa terlal berat, Universitas Pertamina juga menyediakan banyak beasiswa tematik lainnya yang bisa diperoleh oleh mahasiswa. Beberapa beasiswa tersebut adalah:

  1. Beasiswa Ujung Negeri untuk lulusan SMA dari daerah 3T
  2. Karakter unggulan yang diperuntukan bagi lulusan SMA sekolah karakter seperti SMA Taruna, pesantren, boarding school ataupun sekolah afiliasi
  3. Beasiswa Generasi Juara yang diperuntukkan bagi lulusan SMA yang berprestasi baik akademis maupun non akademis yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama maupun kompetisi mandiri lainnya.
  4. Beasiswa Future Leaders yang diperuntukan kepada lulusan SMA yang aktif berorganisasi.
  5. Beasiswa Influencer yang diperuntukkan kepada lulusan SMA yang juga merangkap sebagai influencer dan memiliki minimal 5000 follower atau subscriber. Dengan catatan konten yang ditampilkan merupakan konten berkualitas dan mendidik.
  6. Beasiswa BAZMA diperuntukkan untuk lulusan SMA yang kurang mampu.

Demikianlah sedikit informasi mengenai Universitas Pertamina, berbagai keunggulannya serta beasiswa Universitas Pertamina. Untuk informasi lebih lengkap bisa Anda kunjungi website universitaspertamina.ac.id.

Baca juga: