Rekomendasi Minuman untuk Perut Kembung yang Alami, Yuk Coba!

minuman untuk perut kembung

Musim dingin seperti sekarang ini kerap menjadi penyebab perut terasa kembung dan tidak nyaman. Tak jarang, minuman untuk perut kembung dari bahan alami menjadi solusinya.

Selain karena tidak memiliki efek samping, minuman herbal untuk perut kembung ternyata juga sangat baik bagi kesehatan tubuh. Apa saja itu? Simak rekomendasinya di sini!

Rekomendasi Minuman untuk Perut Kembung Alami

Perut kembung sebetulnya bisa diatasi dengan cara-cara alami, seperti makan secukupnya dan menghindari jenis makanan atau minuman penghasil gas seperti soda.

Di samping itu, ada pula minuman alami yang bisa dijadikan sebagai obat herbal perut kembung. Berikut beberapa di antaranya.

Air Hangat

Air hangat merupakan rekomendasi minuman untuk perut kembung dan mual yang dikenal memiliki khasiat cukup ampuh.

Pasalnya, saat perut terasa kembung dan kurang nyaman, hal tersebut mungkin saja dikarenakan tubuh kekurangan cairan.

Sehingga, mengonsumsi air hangat akan membantu tubuh melepaskan gas yang terjebak di dapan perut ataupun usus.

Adapun jumlah air yang dianjurkan ialah sebanyak 2 liter setiap hari atau setara dengan 6 sampai 8 gelas.

Jus Pepaya

Rekomendasi minuman untuk perut kembung berikutnya adalah jus pepaya. Selain karena kaya akan serat, pepaya juga mengandung berbagai zat baik.

Menurut American Journal of Biochemistry and Biotechnology (2012), pepaya memiliki kandungan enzim papain yang berkhasiat menyehatkan sistem pencernaan.

Dengan begitu, pepaya disebut mampu mencegah kembung dan membantu melegakan perut yang begah.

Banana Smoothies

Selain jus pepaya, banana smoothies juga bisa menjadi pilihan minuman untuk perut kembung dan mual yang ampuh.

Sebab, pisang memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi. Zat tersebut bisa membantu mencegah kembung ataupun penumpukan cairan dalam pencernaan.

Maka dari itu, smoothies dari pisang sangat cocok dijadikan sebagai sarapan di pagi hari demi mendukung kelancaran sistem pencernaan.

Nah di samping pisang, buah atau sayuran lainnya seperti jeruk, semangka, seledri, dan mentimun juga dapat dibuat menjadi smoothies yang lezat.

Teh Jahe

Selama ini, teh jahe sering kali direkomendasikan sebagai minuman untuk perut kembung. Mengapa?

Jahe sendiri merupakan tanaman rempah yang memiliki sifat anti-inflamasi karena menyimpan senyawa antioksidan dan gingerol di dalamnya.

Itulah yang membuat jahe cukup ampuh dalam mengurangi gejala perut kembung. Di sisi lain, jahe teh jahe juga memberikan efek relaksasi dan menghangat badan.

Rekomendasi Minuman Herbal untuk Perut Kembung

Selain berbagai rekomendasi di atas, minuman herbal juga bisa digunakan untuk mengatasi perut kembung.

Salah satunya ialah Vegeta Herbal, suplemen dengan kandungan serat dan laksatif alami.

Vegeta Herbal berasal dari kombinasi tumbuh-tumbuhan alami seperti psyllium husk, rhei radix (kelembak), foeniculi (adas) serta liquiritiae (akar manis).

Dengan berbagai kandungan tersebut Vegeta Herbal dapat membantu menjaga kesehatan usus besar, mengatasi perut kembung serta mencegah berbagai gangguan pencernaan lain.

Untuk mengonsumsinya, serbuk sachet Vegeta Herbal bisa langsung diseduh ke dalam segelas air, kemudian diminum. Sangat praktis, bukan?

Itu dia berbagai rekomendasi minuman untuk perut kembung. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Baca juga: