Ketahui Apa itu Out of Home (OOH) Advertising dan Beragam Jenisnya

Ketahui Apa itu Out of Home (OOH) Advertising dan Beragam Jenisnya

Ketika Anda sedang berkendara di jalan raya mungkin Anda sering melihat iklan berupa papan besar. Bagi Anda yang belum paham, iklan semacam itu merupakan contoh dari out of home advertising atau OOH.

Meskipun saat ini banyak orang yang menggunakan jaringan periklanan online untuk memasarkan bisnisnya, nyatanya masih banyak pula yang tetap menggunakan jenis OOH advertising untuk mempromosikan produk atau jasanya.

Apa itu Out of Home Advertising?

Perlu Anda ketahui, ooh adalah jenis iklan yang menargetkan calon pelanggan ketika mereka sedang berada di luar rumah atau luar ruangan.

Dengan kata lain, teknik iklan OOH ini mampu menjangkau audience mana kala calon pelanggan tersebut “sedang bergerak”, misalnya saja sedang berkendara di jalan raya. Adapun iklan OOH ini sendiri sejatinya sangat fleksibel serta mukebiasaan mereka.

Beragam Jenis OOH Advertising

Dalam praktiknya, terdapat beragam jenis OOH advertising yang biasa Anda temui, antara lain adalah sebagai berikut:

1. Billboard

Contoh OOH advertising yang sangat umum ditemui dan digunakan adalah billboard. Sejak dulu hingga sekarang jenis iklan luar ruangan yang satu ini masih sering digunakan.

Iklan billboard biasanya berupa iklan cetak atau pun digital dalam ukuran besar guna memasarkan sebuah produk, perusahaan, brand, hingga kampanye tertentu.

Iklan jenis billboard ini umumnya ditempatkan di area yang banyak dilewati orang, misalnya saja jalan raya ataupun jalan tol.

2. Sarana Publik

Jenis iklan OOH yang berikutnya adalah sarana publik, mulai dari halte bus, pojok ATM, hingga bangku taman kota. Iklan OOH yang satu ini tidak sekedar dilewati saja, namun memang digunakan oleh masyarakat umum atau publik.

3. Point-of Sale Display

Jenis iklan OOH yang ketiga adalah Point-of Sale display (POS). Di mana iklan POS ini banyak dijumpai di dekat kasir misalnya di kawasan swalayan. Tujuannya adalah agar konsumen yang melihatnya menjadi tergerak untuk membelinya, ketikia mereka tengah melakukan pembayaran atau antri di kasir.

4. Kendaraan Umum

Jenis iklan OOH yang keempat ini tentu Anda juga sering melihatnya. Iklan jenis ini biasanya berupa stiker yang ditempel pada body kendaraan atau bisa juga di kaca bagian belakang.

Sesuai namanya, iklan OOH yang satu ini banyak dijumpai di kendaraan umum, mulai dari angkot, bus, kereta api hingga taksi.

Baca juga: