adplus-dvertising


Streaming Talkshow Rosi Kompas TV di Vidio, Kritisi Bahasan Politik di Papua

Streaming Talkshow Rosi Kompas TV di Vidio, Kritisi Bahasan Politik di Papua

Talkshow Rosi Kompas TV pada hari Kamis, 7 Oktober 2021 dipandu oleh Rosianna Silalahi membahas tentang politik menarik di Papua. Program tayangan ini selalu menghadirkan narasumber yang berkualitas, berbobot, dan kredibel.

Pembahasan menarik tentang politik di Papua ini menghadirkan narasumber Puteri Indonesia Papua Barat tahun 2015 Syarifah Olvah Bwefar Alhamid dan Direktur Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) Asfinawati

Studio Rosi sempat hangat saat memulai pembahasan mengenai simbol bintang kejora yang pernah ramai menjadi perbincangan karena muncul di pembukaan PON XX Papua

Momen tersebut bertepatan dengan pidato tentang panggung keadilan dan panggung kesetaraan yang disampaikan bapak Presiden Jokowi.

Simbol Bintang Kejora

Fakta yang terjadi di lapangan ketika berlangsungnya PON XX di Papua banyak yang tidak diperbolehkan masuk untuk menyaksikan karena masyarakat memakai simbol bintang kejora yang terdapat di atribut pakaiannya.

Banyak yang berkomentar karena kasus ini, jika diulas balik pada zaman Presiden Gusdur tak mempermasalahkan tentang atribut bintang kejora Hingga menegaskan bahwa atribut bintang kejora bukan berarti warga Papua tersebut ingin merdeka dari Indonesia.

Perlakuan dari aparat yang terjadi kemarin dianggap terlalu over protektif ketika melihat simbol-simbol tertentu. Utamanya ketika melihat simbol bintang kejora, negara menjadi lebih menekan alias represif terhadap sebuah daerah.

Tanggapan Olvah Puteri Indonesia 2015

Olvah menolak uraian pendapat tentang simbol bintang kejora yang disampaikan Asfinawati. Putri asli Papua ini menyampaikan bahwa kondisi Papua yang sebenarnya tidak demikian.

Tanggapan Olvah tersebut juga didukung oleh Ngabalin. Ia menegaskan ulang bahwa di Papua tidak ada tindakan refresif. Selama kepemimpinan bapak Jokowi sudah sebanyak 13 kali mendatangi Papua serta meresmikan berbagai infrastruktur dari segi olahraga seperti kegiatan PON yang baru saja berlangsung hingga perbaikan di berbagai sektor.

Upaya dan langkah yang dilakukan bapak Presiden Jokowi ini memperlihatkan bahwa pemerintah berusaha memberikan keadilan dan perhatian di seluruh wilayah, tak ada diskriminasi seperti yang banyak dicuatkan. Komitmen pemerintah pusat sudah diupayakan semaksimal mungkin, masyarakat dapat menilai sendiri kinerja yang telah dipersembahkan untuk Papua.

Banyak pembahasan yang tak kalah menarik di Studio Talkshow Rosi. Saksikan Rosi melalui streaming Kompas TV di Vidio. Platform streaming Vidio memudahkan penonton menyaksikan berbagai program tayangan televisi. [Penulis: Anindya Pratiwi]

Baca juga: