Ketahui 5 Tips Memilih Enterprise Cloud Server Provider Terbaik di Indonesia

Ketahui Tips Memilih Enterprise Cloud Server Provider Terbaik di Indonesia

Menjalankan bisnis di era digital seperti sekarang ini akan membutuhkan tempat untuk menyimpan berbagai data penting agar tetap aman dan mudah digunakan setiap saat. Penggunaan enterprise cloud server terbaik indonesia akan mampu menghemat pengeluaran bisnis Anda, sebab tidak membutuhkan perangkat fisik sebagai media penimpanan data.

Selain lebih aman, data juga mudah diakses kapan saja oleh seluruh karyawan yang membutuhkannya.

Saat ini sudah banyak provider yang menyediakan layanan enterprise cloud server. Namun Anda sebagai pelaku bisnis jangan sembarangan dalam memilihnya.

Tips Memilih Layanan Enterprise Cloud Server

Tips Memilih Layanan Enterprise Cloud Server

Berikut ini adalah beragam tips dalam memilih layanan enterprise private cloud provider paling aman di Indonesia, sehingga mampu menunjang aktivitas bisnis atau perusahaan Anda.

1. Memahami Apa Saja yang Ditawarkan

Tips dalam memilih enterprise private cloud provider yang pertama adalah memahami apa saja yang ditawarkannya. Sebelum memutuskan untuk berlangganan, pastikan Anda sudah membaca layanan dan fitur yag ditawarkannya.

Jika ada hal yang kurang jelas atau Anda kurang memahaminya, janagn ragu untuk menanyakannya. Pastikan Anda memilih cloud server dengan RAM, CPU, dan kapasitas penyimpanan sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Pilih Layanan Cloud Server yang Aman

Tips yang selanjutnya adalah memilih layanan clour server yang aman. Salah satu alasan banyak orang menggunakan layanan penyimpanan awan karena tingkat keamanannya yang sangat tinggi.

Maka dari itu jangan sampai Anda salah memilih provider yang kurang profesional dengan kualitas layanan yang rendah dan keamanan yang kurang. Pasalnya, keamanan data Anda merupakan sesuatu yang sangat penting.

Dalam hal keamanan ini, sebaiknya Anda menanyakan perihal data center yang dimilikinya. Jika data center yang digunakan merupakan milik pribadi dan lokasinya ada di Indonesia, maka keamanan layanan cloud server tersebut tidak perlu diragukan lagi.

3. Harga Layanan yang Wajar

Selanjutnya, pastikan Anda memilih layanan enterprise private cloud server yang terpercaya dengan harga yang wajar. Jangan mudah tergiur dengan penawaran harga yang terlampau murah karena bisa saja kualitasnya akan buruk.

Namun juga jangan memilih cloud server dari provider yang mematok harga langganan sangat mahal agar tidak terlalu membebani pengeluaran perusahaan Anda.

4. Perhatikan Downtime & Track Record

Dalam memilih layanan enterprise private cloud server, jangan lupa untuk memperhatikan sejarah downtime. Adapun downtime itu sendiri merupakan sebuah periode atau durasi waktu, di mana layanan cloud server tidak bisa diakses oleh pengguna.

Jangan memilih layanan cloud server yang memiliki downtime yang besar, karena hal ini sangat penting untuk aktivitas perusahaan Anda. Sebab, ketika layanan sedang down, maka karyawan di perusahaan Anda akan kesulitan ketika hendak mengakses data yang dibutuhkan.

Agar Anda semakin yakin dalam memilih enterprise cloud server yang tepat, maka sebaiknya Anda juga melihat rekam jejak dari provider yang akan Anda gunakan. Baca reviewnya yang ada di dunia maya terkait kualitas, downtime, dan layanannya secara umum.

5. Client Support yang Bisa Diandalkan

Dalam menggunakan layanan cloud server mungkin Anda akan mengalami kendala teknis. Ketika hal itu terjadi, maka Anda akan membutuhkan client support yang bisa diandalkan dalam membantu menyelesaikan masalah Anda.

Maka dari itu, pilihlah cloud server provider yang memiliki tim client support yang siaga 24 jam. Terlebih lagi jika perusahaan Anda juga beraktivitas selama 24 jam non stop.

Demikianlah beragam tips dalam memilih layanan cloud server terbaik untuk perusahaan Anda. Saat ini sudah ada banayk sekali provider yang menawarkan layanan semacam ini. Salah satunya yang banayk direkomendasikan adalah CBNCloud.

Jika Anda berminat untuk berlangganan layanan private cloud server yang aman dengan mudah di CBNCloud, maka Anda bisa mengirim inquiry via email ke [email protected].

Baca juga: