Inilah 4 Tips Memilih Travel Haji Jakarta yang Terpercaya agar Terhindar dari Penipuan

Tips Memilih Travel Haji Jakarta yang Terpercaya agar Terhindar dari Penipuan

Semangat umat muslim di tanah air untuk menjalankan ibadah haji sering kali dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Karena itulah terkadang sangat sulit mencari travel haji jakarta yang amanah dan terpercaya.

Padahal di Jakarta sendiri banyak sekali travel dan biro haji yang bisa dipilih. Di mana nominal untuk biaya haji jakarta ini sendiri tentu saja sangat beragam. Sebab, semua itu tergantung kepada travel haji yang Anda gunakan, seerta penwaran paket haji yang Anda pilih.

Banyaknya oknum yang tidak bertanggung seperti melakukan penipuan melalui perusahaan travel haji fiktif, hingga melakukan penggelapan dana calon jamaah haji, tentu saja membuat banyak orang cemas. Untuk itulah sangat penting bagi Anda mengenali bagaimana ciri-ciri travel haji jakarta yang terpercaya.

Tips Aman Memilih Travel Haji Jakarta yang Terpercaya

Berikut ini adalah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih travel haji jakarta yang terpercaya, amanah dan melayani dengan profesional.

1. Pilih Travel Haji yang Resmi Terdaftar di Kemenag

Sangat penting bagi Anda untuk memilih travel atau biro haji jakarta yang secara resmi dan legal telah terdaftar di Kementerian Agama (Kemenag). Misalkan saja Anda mendapatkan penawaran dari travel haji yang tidak ada di daftar resmi Kemenag, maka sebaiknya langsung saja Anda menolaknya.

2. Pastikan Travel Haji Memiliki Alamat Asli & Tidak Fiktif

Tips selanjutnya, pastikan Anda memeriksa bahwa travel haji jakarta tersebut memiliki alamat kantor yang jelas, serta ada bangunan fisiknya. Pasalnya, saat ini alamat sangat mudah dimanipulasi, sehingga ketika dicek teryata tidak ada kantornya.

Travel haji jakarta yang terpercaya tentu saja akan memiliki kantor yang nyata. Sebab, kantor tersebut akan memudahkan para calon jamaah haji ketika hendak bertanya-tanya atau konsultasi secara langsung.

3. Lihat Rekam Jejak & Testimoni

Tips memilih travel haji jakarta yang berikutnya adalah melihat track record (rekam jejak) dari para jamaah haji yang pernah menggunakan jasanya. Akan lebih baik lagi jika yang anda intai penilaian itu orang terdekat seperti keluarag, teman atau tetangga Anda sendiri.

Selain itu, Anda juga bisa mencari dan membaca testimoni jamaah haji yang ada di website ataupun forum dan grup online di dunia maya. Jika reviewnya kebanyakan positif dan merasa puas, maka travel haji jakarta tersebut layak anda pilih.

4. Harga & Fasilitas yang Wajar

Hati-hati jika ada biro haji jakarta yang menawarkan harga layanan haji yang sangat murah, jauh dari harga di pasaran. Sebab, bisa saja itu merupakan modus untuk mencari mangsa. Lebih baik Anda memilih yang mematok harga wajar.

Selain itu, pastikan pihak travel haji menggunakan nomor rekening atas nama perusahaan travel haji. Bukan atas nama perorangan, individu atau pribadi. Hal ini diperlukan demi kehati-hatian. Jika saja nantinya terjadi masalah, akan lebih mudah mengurusnya dan mebawanya ke ranah hukum.

Di samping harga yang wajar, tentunya Anda juga perlu menanyakan apa saja fasilitas yang ditawarkan oleh travel haji jakarta tersebut. Adapun fasilitas ini sendiri biasanya akan sebanding dengan paket serta harga yang Anda pilih. Jika dirasa fasilitasnya tidak sepadan dengan harganya, maka sebaiknya Anda mencari second opinion dari perusahaan travel haji lainnya.

Demikianlah sedikit tips aman dalam memilih travel haji jakarta yang terpercaya. Dengan memperhatikan hal-hal di atas, Anda akan terhindar dari upaya penipuan.

Saat ini sudah ada banyak perusahaan travel atau biro haji jakarta yang amanah dan bisa diandalkan. Salah satunya adalah Alhijaz Indowisata, travel haji jakarta yang sudah banyak melayani jamaah haji di Indonesia. Untuk informasi selengkapnya, silakan Anda menuju website resminya di alhijaz-indowisata.com.

Baca juga: