6 Tips Mencari Kost untuk Mahasiswa Baru agar Hemat dan Sesuai Kebutuhan

Tips Mencari Kost untuk Mahasiswa Baru agar Hemat dan Sesuai Kebutuhan

Bagi Anda para mahasiswa baru yang diterima di kampus atau universitas di luar kota, tantang pertama yang akan Anda hadapi pertama kali adalah tempat tinggal di saat menjalani perkuliahan. Dalam hal ini, Anda bisa mengontrak rumah, atau sewa kost.

Mencari kost yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhan bukanlah perkara yang mudah. Apalagi bagi Anda yang sebelumnya belum pernah kost sama sekali. Tentunya banayk hal yang harus Anda pertimbangkan dan persiapkan dengan matang.

Tips Hemat Memilih Kost untuk Mahasiswa Baru

Bagi Anda para mahasiswa baru yang ingin mencari kost, Anda bisa menyimak beragam tips di bawah ini agar bisa menghemat pengeluaran untuk sewa kamar kost.

1. Cari Lokasi Kost Dekat Kampus

Tips yang pertama adalah mencari lokasi kost terdekat dengan kampus. Hal ini bertujuan agar Anda bisa lebih menghemat pengeluaran transportasi dari kost ke kampus dan sebaliknya. Terlebih lagi bagi Anda yang tidak punya kendaraan pribadi, maka Anda bisa jalan kaki ke kampus.

Selain itu, di kawasan dekat kampus umumnya juga terdapat banyak fasilitas pendukung, seperti pojok ATM, mini market hingga tempat fotocopy serta rental komputer dan warung makan.

2. Pilih Durasi Bulanan

Sebagai pemula, lebih baik Anda mencari kost dengan durasi sewa bulanan. Hal ini berlaku di awal-awal saja. Tujuannya adalah jika saja kost yang Anda tempati ternyata kurang memuaskan atau tidak sesuai kebutuhan, Anda dapat sewaktu-waktu pindah dalam waktu cepat.

Setelah Anda mendapatkan kamar kost yang nyaman dan sesuai apa yang Anda harapkan, maka Anda bisa memperpanjang masa sewanya dengan durasi tahunan. Masa sewa kost tahunan kerap kali memberikan potongan harga atau diskon.

3. Sharing Kamar Kost

Jika memungkinkan, Anda juga bisa mencari kost yang bisa dipakai untuk berbagai atau sharing kamar kost dengan teman kuliah Anda. Sebaiknya Anda menanyakan langsung kepada pemilik atau pengelola kost tersebut.

Kamar kost dengan sewa bulanan sebesar Rp 600.000 rupiah misalnya, jika ditempati berdua bisa saja harga sewanya hanya Rp 1.000.000 saja. Dengan cara ini, Anda bisa menghemat untuk biaya kost selama kuliah.

4. Terdapat Dapur Bersama

Pengeluaran terbesar mahasiswa selama kost selain sewa kamar tentu saja urusan perut atau makan. Untuk penghematan, Anda bisa mencari kost yang memiliki fasilitas dapur bersama.

Anda bersama teman atau sesama penghuni kost bisa patungan membeli bahan makanan untuk dimasak dan disantap bersama-sama. Selain dapat menghemat pengeluaran, hal ini juga bisa semakin mendekatkan serta mengakrabkan Anda dengan penghuni kost lainnya.

5. Sesuaikan Bujet

Tidak setiap mahasiswa berasal dari keluarga dengan kondisi finansial yang sama. Maka alangkah bijaknya jika sewa kost yang Anda pilih menyesuaikan dengan kemampuan atau bujet yang Anda miliki. Jangan mencari kost yang terlalu mahal hanya karena gaya atau gengsi semata. Terlebih lagi bagi Anda yang segala sesuatunya masih ditanggung orang tua.

6. Berburu Kost Murah secara Online

Anda bisa mencari kost murah dengan cara mendatangi satu per satu tempat atau rumah yang menyewakan kost. Selain itu, Anda juga bisa berburu kost murah secara online.

Saat ini sudah ada beragam website properti dan sewa kost yang bisa Anda manfaatkan untuk mencari kost yang Anda butuhkan. Salah satunya adalah duniakost.com.

Baca juga: