Inilah 9 Tips Meningkatkan Follower TikTok secara Organik

Tips Meningkatkan Follower TikTok secara Organik

Meningkatkan jumlah follower TikTok merupakan sesuatu yang sangat penting. Terutama bagi Anda pengguna TikTok yang menjadikan platform ini sebagai sarana untuk menunjang bisnis, ataupun mendapatkan penghasilan.

Dewasa ini, TikTok memang bukan sekedar media hiburan saja. Namun lebih dari itu, media sosial berbasis video pendek ini nyatanya bisa dimanfaatkan untuk mencari uang hingga sarana promosi dan pemasaran online yang efektif.

Hal itu dikarenakan peluang konten yang diunggah di TikTok, di mana mampu menjangkau lebih banyak audiens. Sehingga banyak orang yang menggunakan TikTok sebagai bagian dari strategi marketing online. Bahkan bagi para influencer, TikTok merupakan lahan basah untuk mendapatkan cuan dari paid to promote, endorsement, hingga bisnis afiliasi.

Tips Ampuh untuk Meningkatkan Follower TikTok

Tips Ampuh untuk Meningkatkan Follower TikTok

Maka tidak mengherankan jika banyak TikToker berusaha untuk menambah jumlah follower sebanyak mungkin, dengan berbagai cara. Bagi yang menginginkan jalan pintas, Anda bisa mencari jasa atau layanan yang jual follower tiktok.

Namun bagi Anda yang ingin meningkatkan jumlah follower TikTok secara organik atau alami dan menikmati prosesnya, maka Anda bisa mencoba beberapa tips berikut ini.

1. Tentukan Tema dan Target Audiens

Sebelum Anda terjun lebih dalam ke dunia TikTok, Anda perlu menentukan tema yang ingin Anda angkat. Dengan menentukan tema, maka Anda akan lebih mudah dalam menetukan target audiens.

Dengan target audiens yang jelas dan tepat, maka konten Anda akan lebih mudah diterima dan disukai oleh audiens, yang pada akhirnya juga akun menambah jumlah follower Anda.

Misalnya saja, Anda mengambil tema tentang masakan dan tips seputar dapur. Maka Anda bisa menentukan target audiens dari kalangan emak-emak muda.

2. Menjadi Diri Sendiri yang Unik dan Orisinal

Jika ada seleb TikTok yang sudah populer, maka Anda jangan pernah berpikiran untuk meniru-niru gayanya dengan tujuan untuk menambah jumlah follower Anda. Menjadi diri sendiri merupakan sesuatu yang tepat untuk menciptakan konten yang unik dan orisinal. Bagaimana pun juga, seorang penjipak tidak akan bisa melampaui orang yang dijiplak.

3. Rutin dan Konsisten Mengunggah Konten

Tips meningkatkan jumlah follower TikTok yang selanjutnya adalah dengan cara rutin dan konsisten dalam menggungah konten. Pada saat membangun akun TikTok, jangan fokus pada penambahan julah follower.

Lebih baik Anda fokus membuat konten yang unik dan menarik sehingga audiens akan menyukai unggahan Anda. Jangan pernah berharap follower Anda bertambah pesat dalam waktu singkat, sementara Anda baru mengunggah beberapa konten saja.

4. Gunakan Tagar yang Tepat

Agar konten Anda mendapatkan eksposure dan perhatian dari audiens, maka gunakanlah hashtag atau tagar yang tepat. Hindari pemilihan tagar yang sudah terlalu umum dan populer seperti #fyp #tren #viral. Sebab, hal itut hanya akan membuat konten Anda tenggelam dan sulit ditemukan oleh audiens.

Akan jauh lebih baik jika Anda menggunakan tagar yang sesuai dan benar-benar mewakili konten Anda. Misalnya saja jika konten Anda tentang liburan murah atau piknik ke pantai, maka Anda bisa menggunakan beberapa tagar seperti #liburankepantai, #piknikkepantai, #liburanmurah, atau #piknikasyik.

5. Mengikuti Tren dan Tantangan yang Viral

Untuk menambah jumlah follower TikTok, Anda juga bisa mengunggah konten yang sedang tren, misalnya challenge atau tantangan yang sedang viral. Cara ini akan membuat konten Anda dilihat oleh banyak audiens, dan berpotensi menjadi pengikut Anda di TikTok.

6. Menciptakan Tantangan Sendiri

Alih-alih mengikuti tren dan tantangan yang sedang viral, Anda juga bisa menciptakan tantangan sendiri. Pastikan tantangan tersebut belum perah dibuat sebelumnya, sehingga Anda menjadi pioner dari tantangan tersebut.

Jika konten Anda meledak dan masuk FYP (For You Page), maka jumlah follower Anda pun akan bertambah dengan cepat dan pesat dalam waktu singkat.

7. Meninggalkan Komentar di FYP

Jika jumlah follower akun TikTok tidak juga meningkat, maka Anda bisa mencoba cara lainnya, yakni meninggalkan komentar di konten yang FYP. Cara ini berpotensi membuat akun anda dilihat oleh banyak pengguna lainnya. Jika mereka tertarik, maka akun Anda akan mengalami banyak kunjungan yang bisa saja terkonversi menjadi follower Anda.

8. Kolaborasi dengan TikToker Lain

Cara selanjutnya untuk menambah jumlah follower TikTok adalah berkolaborasi dengan TikToker lain. Langkah ini merupakan sebuah hubungan mutualisme karena akan saling menguntungkan.

Pasalnya, konten tersebut akan lebih banyak dilihat oleh audiens yang merupakan pengikut Anda dan TikToker yang Anda aja kolaborasi. Sehingga sangat berpotensi untuk meningkatkan follower bagi keduanya.

Jika Anda memiliki kenalan TikTok yang sudah lumayan populer dan terkenal, maka hal itu akan sangat bagus. Namun jika tidak, Anda bisa sering-sering mengajak kolaborasi siapa saja untuk membuat konten yang menarik.

9. Membagikan Konten TikTok di Media Sosial Lain

Saat ini ada banyak media sosial lainnya yang tidak kala populer. Sebut saja facebook, twitter, instagram dan lainnya. Dan tentunya setiap orang memiliki akun di beberapa platform medsos tersebut. Hal ini jangan Anda sia-siakan.

Sebab, Anda bisa menggunakannya untuk membagikan konten TikTok Anda. Audiens dari platform medsos lain ini merupakan calon follower yang sangat potensial untuk akun TikTok Anda.

Baca juga: emak swt colmek