Cara Membuat Website Sendiri Gratis Tanpa Coding, Mudah!

Cara Membuat Website Sendiri Gratis Tanpa Coding Mudah

Ada beragam cara membuat website yang bisa Anda pilih. Mulai dari membuat membuat web sederhana sendiri, hingga menggunakan jasa desain website yang terpercaya. Bahkan, saat ini sudah ada banyak tutorial yang mengajarkan bagaimana cara bikin website yang mudah tanpa perlu coding.

Namun sebelumnya, sudah tahukah Anda apa yang dimaksud dengan website? Dan apa saja manfaat dari website itu sendiri?

Apa itu Website?

Apa itu Website

Sederhananya, website adalah kumpulan dari beragam halaman situs yang terdapat di dalam sebuah domain (bisa juga berupa subdomain), di mana berada di dalam World Wide Web (WWW) di internet.

Apa saja Fungsi & Manfaat Website?

Apa saja Fungsi dan Manfaat Website

Secara umum, website memiliki berbagai fungsi dan manfaat. Antara lain adalah sebagai berikut:

1. Menyampaikan Informasi

Fungsi dari website yang pertama adalah sebagai sarana untuk menyampaikan informasi. Banyak pihak yang menggunakan website untuk menyampaikan berita dan informasi, misalnya saja website portal berita, website perusahaan, dan masih banyak lagi.

2. Sebagai Wadah Portofolio

Dewasa ini, sudah ada banyak orang yang memanfaatkan website untuk memajang hasil karya mereka atau sebagai wadah portofolio. Misalnya saja mereka para freelancer, desainer, fotografer, dan para kreator lainnya.

3. Media Bisnis dan Pemasaran

Seiring dengan kemajuan zaman dan teknologi, banyak orang memasarkan produk dan bisnisnya di internet. Salah satunya adalah dengan membuat website, baik untuk menunjang branding maupun sebagai bagian dari strategi marketing online.

4. Mencari Uang secara Online

Iya benar sekali, Anda tidak salah membacanya. Saat ini ada banyak cara mencari uang secara online dengan menggunakan website. Mulai dari menjadi blogger dan publisher pada jaringan periklanan tertentu, menjual produk atau jasa, menjadi afiliasi, dan masih banyak lagi jenisnya.

5. Sebagai Media Hiburan

Website juga bisa dijadikan sebagai media hiburan. Tentu Anda sudah sangat familiar dengan situs YouTube.com. Banyak orang yang membuka YouTube untuk mencari hiburan baik itu berupa video musik, video lucu, dan video menarik lainnya.

Cara Membuat Website Gratis dan Mudah untuk Pemula

Cara Membuat Website Gratis dan Mudah untuk Pemula

Kini Anda sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan website, dan apa saja manfaatnya. Selanjutnya, Anda juga perlu mengetahui cara membuat situs web yang mudah untuk Anda para pemula.

1. Tentukan Tujuan Pembuatan Website

Sebelum Anda membuat website, tentunya Anda sudah memiliki tujuan dari pembuatan website tersebut. Tujuan ini akan membuat anda untuk membangun jenis atau tipe website yang tepat.

Seperti manfaat dan fungsi website yang sudah dijelaskan di depan, tujuan dari pembuatan website tentu saja tidak jauh dari poin-poin di atas. Adapun tujuan membuat website itu sangat beragam. Sebut saja untuk website toko online, website komunitas atau forum, website perusahaan, website pendidikan atau edukasi, portal berita, web blog atau blog, hingga portofolio dan lainnya.

2. Tentukan Nama Domain yang Tepat

Setelah Anda memahami tujuan dan jenis website yang ingin Anda buat, maka Anda perlu memilih dan membeli nama domain yang tepat. Domain merupakan alamat website Anda nantinya, misalnya saja IniNamaDomain.com.

Adapun pemilihan nama domain ini sendiri juga harus disesuiakan dengan jenis website yang akan Anda bikin. Misalnya saja website untuk portal berita, maka Anda bisa memilih nama domain yang mengandung kata “berita”, “kabar”, “info”, “news” dan lainnya.

Sementara itu, jika website tersebut nantinya akan dibuat sebagai website perusahaan, blog pribadi, atau portofolio, maka Anda bisa menyisipkan nama Anda atau nama perusahaan Anda di dalam domain tersebut. Misalnya saja NamaAnda.com, NamaAndaBlog.com, NamaPerusahaanAnda.com dan masih banyak lagi.

3. Memilih Hosting sesuai Kebutuhan

Untuk menyimpan semua file dan database dari website Anda, maka Anda akan membutuhkan sebuah hosting. Adapun hosting ini sendiri juga sangat beragam jenisnya. Mulai dari shared hosting, cloud hosting, VPS, hingga dedicated server.

Sebagai pemula, Anda bisa memilih tipe hosting paling murah, yakni shared hosting. Pasalnya, website yang baru Anda bangun biasanya masih sedikit file dan databasenya serta jumlah pengunjungnya (traffic/visitor).

4. Memilih Platform Website

Setelah Anda memiliki domain dan hosting yang siap digunakan, maka Anda bisa mulai membuat website. Namun sebelumnya Anda perlu menentukan jenis platform yang ingin Anda gunakan.

Dalam hal ini Anda bisa menggunakan website builder, CMS gratis, hingga coding sendiri, terutama buat Anda yang sudah mahir. Namun bagi anda yang masih pemula, Anda bisa membuat website sederhana tanpa coding dengan menggunaan website builder ataupun CMS.

Adapun CMS yang sangat populer dan dan cocok untuk pemula salah satunya adalah WordPress. Di shared hosting yang menggunakan cPanel, biasanya sudah disediakan fitur one-click untuk menginstall CMS sesuai dengan pilihan dan kebutuhan Anda.

Hanya dengan beberapa klik dan pengaturan sederhana, Anda bisa membuat website tanpa harus memiliki kemampuan coding. Menariknya lagi, CMS ini sifatnya gratis sehingga Anda tidak perlu membayar. Selain itu juga disediakan beragam theme (tema atau tampilan), serta aneka plugin pendukung, khususnya pada CMS WordPress.

Kesimpulan

Website dewasa ini merupakan sesuatu yang sudah umum dan digunakan oleh banyak orang. Anda bisa membuatnya sendiri secara gratis dan tanpa coding dengan memanfaatkan CMS. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan layanan atau jasa pembuatan website di niagaweb.

Baca juga: