3 Nama Pakaian Adat Bali beserta Masing-masing Keunikannya

Nama Pakaian Adat Bali beserta Masing masing Keunikannya

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keberagaman budaya di tiap-tiap daerahnya, salah satunya adalah pakaian adat. Tiap-tiap daerah sendiri memiliki pakaian adat yang menjadi ciri khas daerah tersebut, termasuk Bali.

Pakaian adat Bali memiliki variasi ornamen perhiasan dan corak busana yang disesuaikan dengan status sosial dan ekonominya. Selain itu, bagi pria dan wanitanya memakai pakaian adat yang berbeda, baik baju, kain, maupun aksesoris yang digunakan.

Pakaian Adat Bali

Terdapat beberapa jenis pakaian adat Bali yang biasa dipakai masyarakat Bali untuk kepentingan acara yang berbeda seperti, acara adat, ibadah, hingga aktivitas sehari-hari.

Berikut pakaian adat Bali yang biasa  dipakai masyarakat Bali saat menghadiri upacara adat maupun kegiatan sehari-hari. Simak selengkapnya!

1. Payas Agung

Payas Agung

Pakaian adat Bali Payas Agung (Instagram/@rennybaliwedding)

Pakaian adat Bali Payas Agung merupakan pakaian adat suku Bali yang memiliki tampilan yang jauh lebih mewah dan menawan dari pakaian adat Bali lainnya. Biasanya, pakaian ini digunakan sebagai busana pengantin atau dipakai saat upacara munggah deha (upacara kedewasaan), upacara pitra yadnya (upacara ngaben), upacara adat mesangih (upacara potong gigi), serta upacara adat lainnya.

Pada wanita mengenakan atasan yang dikenal dengan angkin prada (serupa stagen) yang dilengkapi dengan selendang yang disampirkan ke bahu. Sementara bagian bawahannya menggunakan kain songket khas Bali yang dililitkan di pinggang menjuntai sampai ke mata kaki.

Sedangkan pada pria, mereka mengenakan kamben, kampuh, dan umpal dengan motif keemasan. Selain itu, busana ini dilengkapi dengan aksesoris berupa sebilah keris yang dihiasi batu mulia untuk menambah kesan mewah, serta menunjukkan kekuatan dan kegagahan. Akan tetapi, penggunaan Payas Agung pada wanita maupun pria, sama-sama disertai dengan mahkota.

2. Payas Madya

Payas Madya

Pakaian Adat Bali Payas Madya (idntimes.com)

Pakaian adat Bali yang selanjutnya adalah pakaian adat Payas Madya. Payas Madya merupakan pakaian tradisional yang khusus dikenakan saat melakukan upacara atau sembahyang ke pura. Pada pakaian adat ini, atasannya memakai pakaian berwarna putih yang merupakan pakaian sebagai lambang kesucian. Masyarakat Bali percaya bahwa seseorang yang pergi sembahyang ke pura harus dalam keadaan suci.

Untuk pria, mereka mengenakan busana berupa kemeja putih yang melambangkan kesucian. Selain itu, mereka juga menggunakan kamben yang dililitkan dari arah kiri ke arah kanan, yang memiliki arti agar sang pria memegang kebenaran atau dharma. Dan untuk bagian kepala menggunakan udeng yang diikat dari dua sisi, yakni dari arah kanan dan kiri. Hal ini melambangkan sisi positif dan sisi negatif yang mana ketika mereka saling bertemu akan menjadi kutub yang netral.

Sama seperti pria, busana wanita menggunakan kebaya Bali yang dipilih dengan warna putih. Dan juga, para wanita bali menggunakan kamben yang dililitkan di pinggang dari arah kanan ke arah kiri sebagai simbol sakti atau kekuatan untuk menyeimbangkan pria. Wanita Bali juga mengenakan stagen atau bulang yang dipakai di antara kamben dan kebaya sebagai simbol rahim wanita.

3. Payas Alit

Payas Alit

Pakaian Adat Bali Payas Alit (blogkulo.com)

Payas Alit merupakan pakaian adat Bali yang paling sering digunakan masyarakat Bali sehari-hari karena tampilannya yang lebih sederhana. Dalam bahasa Bali, ‘alit’ memil kecil atau tingkatan yang paling rendah, dimana busana ini memiliki tingkatan paling rendah dibandingkan dua jenis pakaian adat Bali lainnya.

Pada zaman dahulu, pakaian adat Bali ini diperuntukan untuk rakyat biasa. Oleh karena itu, Pakaian ini cenderung terkesan sederhana, namun tetap terlihat anggun. Sama seperti Payas Madya, pakaian ini juga menggunakan busana atasan berwarna putih bersih dengan dilengkapi dengan udeng untuk para pria Bali. Sedangkan untuk para wanita Bali, mereka aksesoris selendang dan kamben.

Itu dia ulasan mengenai nama pakaian adat Bali bagi pria dan wanita beserta masing-masing keunikannya yang telah kita rangkum dari Indozone. Semoga bermanfaat!

Baca juga: