ujian.sbmptn.or.id Pendaftaran Online SBMPTN 2013

ujian.sbmptn.or.id Pendaftaran Online SBMPTN 2013 – Bagaimana cara mendaftar SBMPTN 2013 secara online di http://sbmptn.or.id bagi yang hendak mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Negeri tahun 2013

Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Negeri (SBMPTN) 2013 secara online sebentar lagi akan dimulai. Tentunya banyak diantara Anda lulsuan SMA atau sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Karena itulah Anda mmebutuhkan informasi terbaru dan terkini seputar SBMPTN 2013, sehingga Anda tidak kebingungan serta tidak ketinggalan informasinya.

PENDAFTARAN ONLINE SBMPTN 2013

Sebelum LebahNdut jabarkan lebih jauh mengenai pendaftaran SBMPTN 2013 online di http://ujian.sbmptn.or.id ada baiknya jika saya tampilkan dulu beberapa informasi penting sehubungan dengan latarbelakang SBMPTN 2013, tujuan, persyaratan dan ketentuan, serta akhirnya, pendaftaran online SBMPTN 2013.

Latar Belakang SBMPTN 2013

Seleksi bersama dalam penerimaan mahasiswa baru di lingkungan PTN menggunakan pola ujian tertulis secara nasional yang selama ini telah dilakukan menunjukkan berbagai keuntungan dan keunggulan, baik bagi calon mahasiswa, PTN, maupun bagi kepentingan nasional. Bagi calon mahasiswa, Ujian Tertulis sangat menguntungkan karena lebih efisien, murah, dan fleksibel. Hal ini dikarenakan adanya mekanisme lintas wilayah.

Berdasarkan pengalaman yang sangat panjang dalam melaksanakan seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui ujian tertulis, maka pada tahun 2013, Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) tetap menyelenggarakan ujian tertulis sebagai salah satu bentuk seleksi masuk PTN selain Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Seleksi yang mengedepankan asas kepercayaan dan kebersamaan ini disebut Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Selain untuk lulusan tahun 2013, SBMPTN dilaksanakan untuk memberi kesempatan kepada lulusan SMA/MA/SMK/MAK tahun 2011 dan 2012, untuk mengikuti seleksi pada tahun 2013.

Ujian tertulis menggunakan soal ujian yang dikembangkan sedemikian rupa sehingga memenuhi persyaratan validitas, tingkat kesulitan, dan daya pembeda yang memadai. Soal ujian tertulis SBMPTN dirancang untuk mengukur kemampuan umum yang diduga menentukan keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi, yakni kemampuan penalaran tingkat tinggi (higher order thinking), yang meliputi potensi akademik, penguasaan bidang studi dasar, bidang saintek dan/atau bidang social dan humaniora. Selain mengikuti ujian tertulis, peserta yang memilih program studi Ilmu Seni dan/atau Keolahragaan diwajibkan mengikuti ujian keterampilan.

Tujuan SBMPTN 2013

  • Menjaring calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik.
  • Memberi peluang bagi calon mahasiswa untuk memilih lebih dari satu PTN lintas wilayah.

Ketentuan Umum SBMPTN 2013

SBMPTN 2013 adalah mekanisme seleksi masuk PTN melalui Ujian Tertulis dan/atau Keterampilan yang dilaksanakan secara serentak di 62 PTN.

Persyaratan SBMPTN 2013

Pendaftaran SBMPTN 2013

  • Lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara tahun 2011, 2012, dan 2013. Lulusan tahun 2011 dan 2012 memiliki ijazah SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara. Untuk lulusan tahun 2013 sekurang-kurangnya telah memiliki Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah.
  • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi.

Penerimaan SBMPTN 2013

Lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional, lulus SBMPTN 2013, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.

Cara Pendaftaran SBMPTN 2013 Online

  • Pendaftaran dilakukan secara online dan tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman http://ujian.sbmptn.or.id.
  • Tatacara pengisian borang pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan dapat diunduh (download) dari laman http://download.sbmptn.or.id mulai tanggal 30 April 2013.
  • Pendaftaran online dimulai dari tanggal 13 Mei 2013 pukul 08.00 WIB s.d 7 Juni 2013 pukul 22.00 WIB.
  • Bagi pendaftar yang ingin mendapatkan koneksi Internet untuk pendaftaran online dapat memanfaatkan akses Internet via hotspot (Indonesia wifi / @wifi.id) di Plasa Telkom.

ujian.sbmptn.or.id Pendaftaran Online SBMPTN 2013

PERHATIAN:

  • Fitur Javascript pada browser harus diaktifkan.
  • Fitur Cookies pada browser harus diaktifkan.
  • Jika meninggalkan komputer atau diganti oleh pengguna lain, pastikan anda sudah keluar dengan cara menekan tombol “Keluar” yang tersedia
  • Bagi peserta Bidikmisi, KAP dan PIN yang dimasukkan harus sesuai dengan yang tercetak di Kartu Peserta Bidikmisi.
  • Bagi bukan peserta Bidikmisi, KAP dan PIN yang dimasukkan harus sesuai dengan yang tercetak pada Bukti Pembayaran dari Bank
  • Hati-hati dalam mengisi pendaftaran online ini. Kesalahan pengisian dapat berakibat anda harus membayar biaya ujian lagi.
  • Jika KAP dan/atau PIN yang tercetak pada bukti pembayaran salah, segera hubungi Bank Mandiri terdekat.
  • Apabila ada hal-hal yang kurang jelas tentang pendaftaran online ini, dapat menghubungi Help Desk SBMPTN 2013 di alamat http://halo.sbmptn.or.id atau nomor telepon 0804-1-456-456

Demikianlah urain update terlengkap mengenai cara pendaftaran online sbmptn 2013. Selanjutnya silakan anda lansgung menuju http://sbmptn.or.id atau http://ujian.sbmptn.or.id untuk melakukan pendaftaran SBMPTN 2013 dan untuk mendapatkan informasi yang selengkapnya.

Baca juga: