adplus-dvertising


Beberapa Penyebab Ketiak Gatal dan Cara Mengatasinya

Apa Saja Penyebab Ketiak Gatal dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Permasalahan ketiak gatal dapat menyebabkan seseorang merasa kurang nyaman. Bahkan dalam beberapa kasus, hal semacam ini bisa menganggu konsentrasi dalam mengerjakan aktivitas sehari-hari serta menurunkan rasa percaya diri.

Secara umum, ketiak gatal dapat diatasi dengan mudah. Namun demikian, ada beberapa penyebab dan kondisi ketiak gatal yang perlu ditangani dengan cara yang lebih serius.

Perlu sobat ketahui, bahwa ketiak merupakan bagian tubuh yang paling hangat dan lembap. Maka tidak mengherankan jika ketiak mudah mengalami gatal. Secara umum, terjadinya ketiak gatal itu sendiri dipicu oleh kurang bersihnya ketiak. Dan masalah tersebut umumnya akan mereda dengan sendirinya.

Permasalahan menjadi lebih serius ketika gatalnya ketiak tersebut disebabkan oleh hal lainnya, seperti infeksi jamur atau bakteri. Sehingga sobat akan membutuhkan penanganan dengan obat. Pasalnya, di samping menimbulkan rasa gatal, kondisi semacam ini juga dapat memicu terjadinya ruam dan bengkak di area ketiak.

Penyebab Ketiak Gatal

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa memicu terjadinya ketiak gatal, antara lain:

1. Dermatitis Atopik (Eksim)

Salah satu penyebab ketiak gatal yang paling populer adalah eksim yang terjadi di area ketiak. Kemunculannya ditandai dengan adanya rasa gatal di ketiak, warna kemerahan, serta kulit ketiak yang kering dan berkerak. Rasa gatal yang ditimbulkannya sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman.

2. Dermatitis Seboroik

Kondisi lain penyebab ketiak gatal dapat dipicu oleh dermatitis seboroik. Kasus semacam ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya akibat produksi minyak kulit yang berlebih, dampak dari udara kering dan dingin, terjadinya stres, adanya gangguan kesehatan, termasuk penggunaan obat tertentu.

Tidak hanya sekedar rasa gatal, kemunculan dematitis seboroik juga disertai dengan kulit ketiak yang bersisik, timbulnya semacam serpihan seperti ketombe yang berwarna putih atau kuning, bahkan bisa membuat kulit ketiak sobat menjadi kemerahan.

3. Dermatitis Kontak

Kontak langsung dengan bahan tertentu yang tidak dapat diterima oleh kulit sobat seperti losion, deodoran hingga detergen pencuci pakaian yang digunakan juga dapat menyebabkan kulit gatal. Di samping munculnya rasa gatal, terkadang juga bisa menimbulkan munculnya ruam kemerahan, kulit melepuh, kering dan pecah-pecah. Penyebab atau kondisi semacam ini dinamakan dengan dermatitis kontak.

4. Infeksi Jamur

Penyebab ketiak gatal selanjutnya adalah candidiasis atau infeksi jamur. Selain memunculkan rasa gatal, infeksi jamur juga dapat menimbulkan ruam kemerahan dan pembengkakan pada area ketiak.

Penyebab munculnya infeksi jamur pada umumnya dipicu karena kurang menjaga kebersihan, sering mengenakan pakaian ketat, atau terlalu sering beraktivitas dalam cuaca panas.

5. Psoriasis

Psoriasis adalah salah satu penyakit autoimun yang dapat menyebabkan beberapa keluhan pada kulit, salah satu di antaranya adalah rasa gatal pada ketiak. Gatal pada ketiak akibat psoriasis biasanya ditandai dengan adanya penebalan kulit berwarna kemerahan, dengan sisik berwarna putih bersih yang mudah mengelupas.

6. Intertrigo

Intertrigo adalah ruam atau gatal yang mucul pada lipatan kulit termasuk ketiak. Selain rasa gatal, gesekan pada lipatan kulit ini juga dapat meradang dan menimbulkan rasa perih.

Intertrigo dapat menyerang siapa saja, namun pada orang obesitas dan diabetes risiko terjangkitnya lebih tinggi.

7. Hidradenitis Supppurativa

Penyebab ketiak gatal yang terakhir adalah hidradenitis suppurativa. Selain rasa gatal yang mengganggu, kondisi semacam ini ini juga dapat memicu munclnya benjolan mirip bisul dan komedo pada pangkal tumbuhnya rambut ketiak. Benjolan ini kadang bisa hilang sendiri, namun juga dapat pecah serta mengeluarkan nanah.

Cara Mengatasi Ketiak Gatal

Ketiak yang gatal akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Namun sebisa mungkin sobat harus menahan diri untuk tidak menggaruknya. Karena dengan menggaruk ketiak yang gatal hanya akan memperparah gejala, bahkan menimbulkan infeksi serta peradangan akibat luka kecil yang muncul ketika digaruk.

Sobat bisa melakukan beberapa hal berikut ini untuk mengatasi rasa gatal daripada menggaruk ketiak:

1. Hindari Mencukur Area Ketiak

Ketika ketika sobat sedang gatal, maka sebaiknya sobat jangan mencukur bulu di area tersebut. Pasalnya, hal tersebut bisa memperparah peradangan pada kulit ketiak, kecuali bila hal itu merupakan saran dari dokter.

2. Hindari Bahan Penyebab Alergi

Tips ini berguna untuk sobat yang ketiaknya gatal akibat alergi atau iritasi seperti pada dermatitis kontak. Pada kondisi tersebut, sobat disarankan untuk menghindari pemakaian bahan pemicu gatal tersebut. Sedangkan untuk meringankan gejalanya, lebih baik diberikan krim pereda radang dan antigatal.

3. Gunakan Salep Antijamur

Pada kasus ketiak gatal yang disebabkan infeksi jamur atau bakteri, salep antijamur atau antibiotik akan sangat menbantu, sesuai dengan penyebabnya. Namun bila infeksi sudah parah, ada baiknya jika sobat berkonsultasi ke dokter untuk pengobatan lebih lanjut.

4. Oleskan Krim Khusus

Untuk ketiak gatal yang disebabkan oleh psosiaris, sobat dapat menggunakan krim oles yang mengandung asam salisilat atau steroid. Krim tersebut biasanya diberikan dengan resep dokter.

Sedangkan untuk kasus ketiak gatal yang disebabkan oleh hidradenitis supurativa, maka sobat bisa mencoba krim kortikosteroid dan obat penunjang lainnya, seperti ibuprofen dan antibiotik, yang mana semua itu bisa sobat dapatkan dengan resep dokter.

Secara umum, jika sobat mengalami ketiak gatal maka akan mereda dengan sendirinya. Namun, jika keluhan ketiak gatal yang sobat alami tidak juga sembuh atau sering kambuh setelah diobati, maka sebaiknya sobat segera berkonsultasi dengan dokter.