Ketahui 5 Cara Meluruskan Pintu Kayu yang Melengkung

Cara Meluruskan Pintu Kayu yang Melengkung

Anda perlu mengetahui cara meluruskan pintu kayu yang melengkung. Sebab, melengkungnya pintu kayu bisa saja menjadi masalah, bagi pemilik rumah. Misalnya saja, pintu yang melengkung dapat membuat pintu mejadi sulit untuk dibuka ataupun ditutup.

Kayu yang melengkung, biasanya disebabkan oleh proses pengeringan kayu yang kurang sempurna. Hal ini dapat mengakibatkan terjadinya penyusutan pada permukaan kayu yang tidak merata. Sehingga, arah serat yang berubah akan menyebabkan kayu menjadi bengkok. Karena itulah, Anda akan membutuhkan cara perbaiki pintu yang turun.

Selain itu, penyebab kayu melengkung lainnya adalah kualitas kayu itu sendiri. Pasalnya, kayu yang memiliki kualitas buruk seperti serat yang tidak lurus atau permukaan yang tidak merata, berpotensi membuat kayu lebih riskan mengalami pelengkungan maupun pembengkokan.

Di samping itu, tekanan yang berat pada daun pintu kayu, juga dapat memicu terjadinya kayu bengkok.

Cara Meluruskan Pintu Kayu yang Melengkung

Untuk mengatasi pintu kayu yang melengkung, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan.

1. Pilih Jenis Kayu Terbaik

Cara pertama adalah memilih jenis kayu terbaik. Dalam hal ini, Anda bisa memilih kayu solid engineering, untuk membuat pintu kayu. Sebab, kayu solid engineering mampu mengurangi risiko gerakan yang memicu penyusutan atau pun pemuaian pada pintu kayu.

Misalnya saja kayu jati, di mana merupakan salah satu jenis kayu terbaik yang dapat digunakan untuk membuat pintu rumah. Sementara itu, pemakaian kayu yang lunak atau sedang, akan membuat kayu lebih mudah menalami kontraksi dan memuai.

2. Perhatikan Tingkat Kekeringan Kayu

Cara kedua adalah menentukan tingkat kekeringan kayu. Perlu Anda ketahui, kayu yang baik untuk diolah adalah kayu dengan kadar air yang rendah. Maka dari itu, gunakan kayu yang benar-benar kering.

Dalam hal ini, Anda bisa mengeringkan kayu secara alami atau menggunakan oven khusus untuk mempercepat proses pengeringannya. Kayu yang kadar airnya dikurangi, maka kayu tersebut akan lebih stabil ukurannya.

Adapun tingkat kekeringan atau kadar air pada kayu yang disarankan, berkisar antara 12% hingga 15%. Dan angka tersebut bisa Anda pastikan nilainya, dengan menggunakan moisture meter untuk mengukurnya.

3. Gunakan Pintu yang Sudah Dilapisi Veneer

Cara selanjutnya, Anda bisa memakai pintu yang sudah dilapisi veneer. Bagi Anda yang belum tahu, veneer itu sendiri merupakan lapisan tipis kayu yang ditempelkan pada permukaan kayu yang lebih keras dan stabil, contohnya adalah Medium Diversity Fiberboard (MDF) atau lebih dikenal dengan sebutan plywood.

Pada proses produksi pintu kayu engineering, kayu-kayu kering akan dilaminasi dan dilapisi oleh veneer. Dengan demikian, pintu akan menjadi lebih stabil serta tidak gampang melengkung.

Tidak hanya itu saja, pintu kayu yang dilapisi veneer bahkan memiliki kekuatan dan keawetan yang lebih baik, jika dibandingkan dengan pintu kayu solid yang terbuat dari satu jenis kayu saja.

Dengan memilih pintu kayu yang sudah dilapisi veneer, maka Anda juga bisa memastikan, bahwa pintu tersebut memiliki kualitas serta stabilitas yang lebih baik, dan tentu saja juga akan awet atau tahan lama.

4. Jemur Pintu di Bawah Sinar Matahari

Selanjutnya, Anda juga bisa menjemur pintu di bawah sinar matahari guna meluruskan pintu kayu yang melengkung. Bahkan, cara ini terbilang sangat efektif dalam mengeringkan kayu secara merata, sekaligus meluruskan pintu kayu yang melengkung.

Untuk mendapatkan baik agar proses pengeringan yang maksimal, maka Anda harus menjemur pintu di area yang terpapar sinar matahari secara langsung, dan didukung dengan sirkulasi udara yang baik.

Hanya saja perlu Anda perhatikan, bahwa bahwa terlalu banyak paparan sinar matahari berpotensi merusak warna serta tekstur kayu tersebut. Maka dari itu, sebaiknya Anda tidak terlalu sering menjemur pintu.

5. Mengecat Pintu yang Berpori

Selain cara-cara di atas, Anda juga bisa meluruskan pintu melengkung dengan mengecat bagian pintu yang berpori. Sebab, hal ini akan membantu mengisi pori-pori kayu, sehingga kayu tersebut akan terhindar dari kelembaban.

Hanya saja, sebaiknya Anda memilih cat yang tepat, misalnya saja cat kayu atau pun cat tembok yang bisa digunakan untuk mengecat kayu. Dengan demikian, kayu akan terlindungi dari kelembaban serta membuatnya lebih awet.

Demikianlah sedikit uraian mengenai cara untuk meluruskan pintu kayu yang melengkung. Jika Anda membutuhkan pintu kayu yang berkualitas dan tahan lama, maka Anda bisa mempercayakannya kepada produk Citra Kayon.

Untuk informasi selengkapnya, Anda bisa mengunjungi website resmi Citra Kayon dengan alamat www.citrakayon.co.id.

Baca juga: