Cara-Cara Memilih Distributor Genset Bermutu untuk Bisnis Anda!

Cara Cara Memilih Distributor Genset Bermutu untuk Bisnis Anda

Pemilihan distributor genset menjadi hal yang krusial sebagai langkah awal untuk mendapatkan yang berkualitas tinggi untuk menjalankan bisnis atau usaha Anda.

Apalagi mengingat genset memiliki kemampuan untuk menghasilkan listrik bertenaga tinggi sehingga fungsi sebuah benda atau tempat bisa bekerja dengan baik.

Kegunaannya yang sangat mendasar inilah yang membuatnya dibutuhkan hampir di segala jenis industri mulai dari otomotif, logistik hingga pertambahan dan kontruksi sekalipun.

Dimana, alat ini hanya bisa didapatkan secara lengkap dan berkualitas sehingga mampu memenuhi kebutuhan Anda saat memilih distributor genset yang tepat.

Namun sebelum mengetahui bagaimana tips saat mencarinya, yuk ketahui terlebih dahulu apa sebenarnya genset sekaligus cara kerjanya sehingga bisa bermanfaat dan mampu diaplikasikan hampir disemua sektor industri!

Sekilas Tentang Genset dalam Dunia Industri

Genset merupakan sebuah istilah yang diambil dari padanan kata  generator set. Alat ini merupakan mesin portabel yang dapat memberikan tenaga supaya peralatan lainnya dapat berjalan dan bekerja dengan optimal.

Sederhananya, genset terdiri dari mesin dan alternator listrik, yang digunakan untuk menyediakan energi untuk memenuhi kebutuhan sebuah industri maupun pribadi.

Hal inilah yang membuat penggunaannya cukup luas mulai dari menyalakan peralatan dalam tepat konstruksi ataupun menyediakan listrik di wilayah yang sering mengalami pemadaman listrik atau bahkan tidak terhubung dengan listrik sama sekali.

Bahkan genset juga sangat berguna pada tempat dimana pemadaman listrik dapat menyebabkan masalah yang sangat signifikan atau berbahaya, seperti site tambang.

Bagaimana Genset Bekerja untuk Menghasilkan Energi?

Bagaimana Genset Bekerja untuk Menghasilkan Energi

Sumber: dpspower.co.id

Saat ini, ada beberapa jenis genset yang tersedia di pasaran yaitu yang menggunakan tenaga solar (matahari) dan juga diesel (bahan bakar). Namun yang paling  mudah diaplikasikan hingga saat ini adalah genset diesel.

Inti dari cara pengoperasian genset dimulai dari mesinnya dan akan digerakkan dengan menggunakan bahan bakar diesel. Pada saat inilah mesin akan memulai proses pembakaran BBM tersebut sehingga dapat menghasilkan energi rotasi yang menggerakkan generator.

Adanya energi yang terus berotasi inilah yang memungkinakn generator untuk menyediakan listrik. Energi rotasi atau kinetik ini akan melewati sebuah proses sehingga membuatnya berubah menjadi tenaga listrik dengan memutar kumparan melalui medan magnet.

Jadi saat generator terhubung ke sebuah bagian yang disebut electrical load, maka tegangan yang telah dibuat akan diteruskan ke bargain tersebut supaya bisa bergerak dengan optimal.

Terlebih bagi genset diesel, unit mesin tersebut tetap akan dapat menjalankan kinerjanya dengan baik selama bahan bakar masih ada.

Oleh karena itu, jenis generator yang sepenuhnya portabel ini membutuhkan pasokan bahan bakar yang stabil.

Namun tentunya secara umum, genset telah menawarkan keuntungan yang luar biasa dalam dunia industri karena kemampuannya.

Sebab, alat ini dapat ditempatkan dimanapun supaya listrik dapat tersedia bahkan di tempat-tempat yang tidak memiliki sambungan ke jaringan listrik sekalipun.

Bagaimana Cara Memilih Distributor Genset yang Berkualitas?

Krusialnya peranan genset dalam industri membuat pemilihan produk dan distributor yang terpercaya menjadi cara utama untuk memastikan kualitas yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan.

Oleh karena itulah, memilih distributor genset yang tepat sangatlah penting untuk memastikan bahwa Anda dapat memperoleh genset berkualitas supaya bisa diandalkan dalam jangka waktu yang lama.

Supaya tidak bingung, berikut ini adalah beberapa cara dan acuan untuk memilih distributor genset yang tepat:

1. Cek Reputasi dan Pengalaman Distributor

Pastikan Anda memilih distributor genset yang memiliki reputasi yang baik dan pengalaman untuk menyediakan berbagai kebutuhan bagi industri yang berbeda.

Cari tahu seberapa lama mereka telah beroperasi dan apakah mereka memiliki catatan yang baik dalam memberikan layanan yang memuaskan pelanggan.

2. Periksa Jaminan dan Layanan yang Ditawarkan

Selanjutnya, pastikan distributor genset menawarkan jaminan yang baik sehingga Anda dapat yakin bahwa genset yang  dibeli dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Pertimbangkan juga layanan yang ditawarkan seperti garansi supaya Anda bisa mendapatkan layanan purna jual yang baik jika terjadi masalah.

3. Evaluasi Ketersediaan Suku Cadang

Pastikan bahwa distributor genset yang Anda pilih memiliki ketersediaan suku cadang untuk genset yang mereka jual. Jika suku cadang sulit didapat, maka akan sulit untuk memperbaiki genset jika terjadi kerusakan.

4. Tinjau Merek dan Tipe yang Dijual

Selanjutnya, pastikan juga merek dan tipe genset yang dijual oleh distributor tersebut merupakan merek yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik.

Selain itu, pastikan genset yang ditawarkan memenuhi kebutuhan daya listrik yang Anda butuhkan.

5. Pertimbangkan Harga yang Ditawarkan

Pastikan bahwa harga yang ditawarkan oleh distributor genset adalah harga yang wajar dan sesuai dengan kualitas genset yang ditawarkan.

Jangan hanya memilih distributor genset yang menawarkan harga paling murah, tetapi pastikan kualitas genset yang diberikan juga sesuai dengan harga yang dibayarkan.

6. Cari Referensi dan Ulasan dari Pelanggan

Pastikan Anda mencari referensi dan ulasan dari pelanggan yang telah menggunakan layanan dari distributor genset tersebut.

Hal ini akan membantu Anda untuk memahami seberapa baik kualitas layanan yang diberikan oleh distributor dan seberapa puas pelanggan dengan produk dan layanan yang diberikan.

Kabar baiknya, kini Anda sudah bisa mendapatkan distributor yang sesuai dengan kriteria yang telah disebutkan tersebut di CV Daiho Mesin.

Mulai dari pilihan produk yang berkualitas dan variatif hingga berpengalaman dalam menangani berbagai kebutuhan klien sejak lama membuatnya menjadi pilihan yang tepat saat hendak mencari genset saat ini!

Baca juga: