Inilah 5 Cara Mengatasi Kulit Kepala Gatal yang Perlu Anda Ketahui

Cara Mengatasi Kulit Kepala Gatal yang Perlu Anda Ketahui

Anda mungkin sedang mengalami kulit kepala yang gatal. Agar tidak semakin berlarut-larut, maka Anda perlu mencari cara mengatasi kulit kepala gatal yang efektif.

Kulit kepala gatal merupakan kondisi umum yang sering terjadi pada banyak orang. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk perubahan cuaca, stres, alergi, dan gangguan kulit seperti psoriasis dan dermatitis seboroik.

Bukan rahasia lagi, jika kulit kepala gatal dapat sangat mengganggu dan tidak nyaman, dan dapat memengaruhi kualitas hidup seseorang.

Apa Penyebab Kulit Kepala Gatal?

Kulit kepala gatal dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Berikut ini merupakan beragam penyebab umum kulit kepala gatal:

1. Perubahan Cuaca

Kulit kepala gatal seringkali terjadi saat cuaca menjadi lebih dingin atau lebih kering. Hal ini karena kelembapan alami di kulit kepala Anda berkurang, sehingga menyebabkan kulit kepala menjadi kering dan gatal.

2. Alergi

Beberapa orang mungkin mengalami kulit kepala gatal karena alergi terhadap bahan kimia atau bahan-bahan tertentu yang digunakan dalam produk perawatan rambut seperti shampoo, kondisioner, atau pewarna rambut.

3. Stress

Selain itu, stres juga dapat menyebabkan banyak gangguan kesehatan termasuk kulit kepala gatal. Hal ini disebabkan oleh pelepasan hormon stres yang dapat merusak kesehatan kulit dan meningkatkan risiko terjadinya iritasi.

4. Psoriasis

Psoriasis adalah gangguan autoimun yang dapat menyebabkan kulit kepala menjadi kering, gatal, dan bersisik.

5. Dermatitis Seboroik

Dermatitis seboroik atau ketombe merupakan kondisi kulit yang menyebabkan kulit kepala menjadi gatal, merah, dan bersisik.

Apa Saja Gejala Kulit Kepala Gatal?

Gejala kulit kepala gatal dapat bervariasi, tergantung pada penyebabnya. Beberapa gejala yang umum terjadi pada kulit kepala gatal adalah:

  • Rasa gatal di kulit kepala.
  • Kulit kepala kering dan bersisik.
  • Kulit kepala yang terlihat merah dan teriritasi.
  • Rambut yang mudah patah atau rontok.

Bagaimana Cara Mengatasi Kulit Kepala Gatal?

Ada beberapa cara mengatasi yang dapat membantu mengurangi gejala kulit kepala gatal, tergantung pada penyebabnya. Berikut ini beberapa cara  yang dapat Anda lakukan:

1. Gunakan Sampo Khusus

Sampo khusus seperti sampo antijamur, sampo antiketombe, dan sampo untuk dermatitis seboroik dapat membantu mengurangi gejala kulit kepala gatal. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan TRESemmé Scalp Care Shampoo & Conditioner sebagai produk perawatan rambut guna merawat kulit kepala.

Kandungan ZPTO dan tea tree oil yang ada di dalamnya, akan mmebantu dalam merawat kulit kepala, sehingga akan lebih sehat dan Anda dapat terbebas dari rasa gatal yang mengganggu.

2. Obat Anti-Inflamasi

Obat anti-inflamasi seperti kortikosteroid dapat membantu mengurangi inflamasi dan iritasi pada kulit kepala.

3. Pengobatan Alergi

Jika kulit kepala gatal disebabkan oleh alergi, pengobatan alergi dapat membantu mengurangi gejala. Hal ini bisa meliputi menghindari bahan yang menyebabkan alergi, mengambil obat antihistamin, atau menjalani terapi imunologi.

4. Perawatan dengan Bahan Alami

Beberapa bahan alami seperti minyak kelapa, minyak zaitun, teh hijau, dan lidah buaya dapat membantu mengurangi gejala kulit kepala gatal dan meningkatkan kesehatan kulit kepala.

5. Menghindari Faktor Pemicu

Jika kulit kepala gatal disebabkan oleh faktor tertentu seperti stres atau cuaca dingin, menghindari faktor pemicu dapat membantu mengurangi gejala.

Cara Mencegah Kulit Kepala Gatal

Ada beberapa cara yang dapat membantu mencegah terjadinya kulit kepala gatal. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

  • Gunakan sampo yang tepat. Pilihlah sampo yang cocok untuk jenis rambut dan kulit kepala Anda. Hindari menggunakan sampo yang mengandung bahan kimia yang keras atau iritasi.
  • Jangan terlalu sering mencuci rambut. Sebab, hal ini dapat menghilangkan kelembapan alami dari kulit kepala dan menyebabkan kulit kepala menjadi kering dan gatal.
  • Hindari menggunakan produk rambut yang mengandung bahan kimia yang keras atau iritasi.
  • Jangan terlalu sering menggunakan pengering rambut, karena dapat menghilangkan kelembapan alami dari kulit kepala, dan menyebabkan kulit kepala menjadi kering dan gatal.
  • Perhatikan asupan nutrisi untuk tubuh Anda. Asupan nutrisi yang seimbang dan cukup air putih, dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan mencegah terjadinya kulit kepala gatal.

Baca juga: