Efektifkah Strategi Influencer Marketing?

Efektifkah Strategi Influencer Marketing

Untuk meningkatkan penjualan barang, dibutuhkan pemasaran atau promosi yang cukup menarik. Dengan promosi dan pemasaran yang menarik, penjualan produk atau barang tersebut diharapkan akan meningkat.

Bagaimana cara membuat sebuah promosi yang menarik?

Banyak sekali cara memasarkan produk atau jasa Anda. dari menyebarkan flyer hingga memberikan iming-iming bonus atau potongan harga di setiap pembelian, bisa menjadi cara promosi untuk menarik pembeli.

Tetapi dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat dan hebat, orang mulai memanfaatkan sosial media sebagai media promosi. Sebut saja live sale di Instagram atau di platform-platform market place yang ada.

Tetapi bagaimana menarik minat calon pembeli produk Anda? Salah satu cara untuk menarik minat pembeli untuk melirik produk atau jasa Anda adalah menggunakan jasa influencer.

Definisi Influencer Marketing

Instagram atau Youtube sekarang sudah menjadi media promosi atau pemasaran yang baik. Brand bisa melihat secara langsung respons yang diberikan ketika mereka melempar produk ke pasar.

Salah satu cara yang biasa digunakan oleh berbagai macam brand untuk meningkatkan minat beli adalah menggunakan jasa influencer.

Influencer marketing adalah sebuah strategi pemasaran yang menggabungkan cara konvensional dengan memanfaatkan sarana dengan basis teknologi yang ada saat ini. Penerapan influencer marketing adalah sebagai menempatkan seorang tokoh terkenal yang dianggap mampu mempengaruhi banyak orang, dalam hal ini akan mampu meningkatkan minat beli pada produk atau jasa yang ditawarkan.

Tokoh terkenal atau selebriti ini dijadikan wajah atau duta dari sebuah merek. Dalam skala kecilnya, influencer tidak harus menjadi brand Ambassador, cukup mereview produk yang mereka promosikan.

Saat ini strategi marketing ini dianggap paling efektif, karena mampu memanfaatkan platform-platform sosial media yang ada dengan maksimal.

Influencer marketing juga biasa dikenal dengan sebutan Key Opinion Leader (KOL). Influencer atau KOL ini sekarang sudah banyak sekali dapat Anda lihat di sosial-sosial media yang ada.

Tolak ukur seseorang dapat disebut sebagai Influencer atau KOL adalah jumlah pengikut yang ada pada media sosialnya. Semakin banyak pengikut atau followers, berarti semakin besar kemungkinan produk Anda dikenal dan memberikan pengaruh pada penjualan Anda.

Manfaat Influencer Marketing

Sebagai salah satu turunan dari konsep internet marketing, influencer marketing memiliki banyak manfaat. Beberapa manfaat menerapkan konsep influencer marketing ini adalah:

1. Meningkatkan brand awareness

Branding yang tepat tentu saja akan meningkat brand awareness dengan cepat. Seorang influencer pasti memiliki ribuan atau bahkan jutaan pengikut. Jika Anda mempercayakan promosi atau branding produk Anda kepada influencer yang tepat, bisa dipastikan bahwa brand Anda akan mudah dikenali oleh ribuan orang.

2. Meningkatkan trust brand

Seorang influencer yang baik, mampu meyakinkan followers atau pengikut-pengikutnya bahwa brand yang sedang dipromosikan memiliki kualitas yang baik. Umumnya followers atau pengikut dari influencer sudah mempercayai si influencer, sehingga akan meningkatkan kepercayaan pada brand Anda dengan mudah.

Itulah beberapa manfaat dari menerapkan infleuncer marketing. Dengan memanfaatkan teknologi dan memilih influencer yang tepat, pemasaran untuk produk atau jasa Anda menjadi semakin mudah dan efektif.

Anda bisa menggunakan platform INFINA sebagai salah satu platform influencer marketing yang cocok untuk bisnis UMKM karena di INFINA terdapat banyak daftar micro influencer indonesia yang siap bekerja sama untuk promosi bisnis Anda. Gabung sekarang juga bersama INFINA!

Baca juga: