Berbagai Penyebab dan Cara Hilangkan Bau Badan yang Perlu Anda Ketahui

Berbagai Penyebab dan Cara Hilangkan Bau Badan yang Perlu Anda Ketahui

Bau badan adalah masalah yang sering dialami oleh banyak orang, termasuk oleh para remaja. Dan bukan rahasia lagi, jika bau badan yang tidak sedap dapat membuat Anda merasa tidak nyaman dan canggung ketika berinteraksi dengan orang lain. Untuk itu Anda perlu mengetahui cara hilangkan bau badan yang ampuh, agar masalah tersebut dapat segera teratasi.

Penyebab Bau Badan Tidak Sedap

Ada beberapa penyebab utama bau badan, yang akan dijabarkan di bawah ini.

1. Keringat Berlebih

Salah satu penyebab utama bau badan adalah keringat. Keringat adalah cairan yang dihasilkan oleh kelenjar keringat di kulit untuk menjaga suhu tubuh tetap stabil.

Biasanya, keringat tidak memiliki bau, tetapi jika tidak dibersihkan dengan benar, bakteri dapat berkembang di atas kulit dan menghasilkan bau yang tidak sedap.

2. Makanan yang Digoreng

Penyebab lain bau badan adalah makanan yang dikonsumsi. Makanan yang digoreng atau mengandung banyak bawang, seperti bawang putih dan bawang merah, dapat meninggalkan bau di mulut yang dapat bertahan selama beberapa jam. Makanan tersebut dapat menjadi penyebab bau badan ketika keringat yang mengandung bau tersebut keluar melalui keringat.

3. Penggunaan Obat Tertentu

Penggunaan obat-obatan juga dapat menyebabkan bau badan. Beberapa jenis obat, terutama obat-obatan yang mengandung zat kimia yang disebut antikolinergik, dapat menyebabkan bau badan yang tidak sedap.

Jika Anda mengonsumsi obat-obatan tersebut dan mengalami bau badan, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan saran dan bantuan.

Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Bahan Alami

Untuk mengatasi bau badan dengan bahan alami, Anda bisa mencoba beberapa cara berikut:

1. Gunakan Minyak Esensial

Gunakan minyak esensial seperti minyak lavender atau minyak tea tree untuk menghilangkan bau badan. Anda bisa menambahkan beberapa tetes minyak ke dalam air mandi atau mencampurkannya dengan lotion untuk digunakan setelah mandi.

2. Konsumsi Jahe

Memakan makanan-makanan yang bersifat antiseptik seperti jahe dapat membantu mengurangi bau badan. Anda juga bisa mengonsumsi jahe dalam bentuk minuman, seperti wedang jahe atau air jahe hangat.

3. Gunakan Baking Soda atau Garam

Selain itu, menggunakan baking soda atau garam dapat membantu mengurangi bau badan. Anda bisa mencampurkan satu sendok teh baking soda atau garam ke dalam air mandi atau menggunakannya sebagai scrub tubuh.

4. Konsumsi Air Putih yang Cukup

Konsumsi banyak air putih dapat membantu membersihkan sistem pencernaan dan mengurangi bau badan. Sebaiknya Anda minum air putih setidaknya 8 gelas air setiap hari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, sekalius dapat membersihkan sistem pencernaan dan mengurangi bau badan.

5. Pilih Bahan Pakaian yang Menyerap Keringat

Memakai pakaian yang terbuat dari bahan-bahan yang menyerap keringat seperti katun dapat membantu mengurangi bau badan. Hindari memakai pakaian dari bahan-bahan yang tidak menyerap keringat seperti poliester atau nailon.

Selain cara-cara di atas, Anda juga bisa mencoba beberapa tips berikut untuk mengurangi bau badan:

  • Mandi setiap hari dengan sabun yang mengandung anti bakteri untuk membunuh kuman penyebab bau badan.
  • Menjaga kebersihan area ketiak dan menggunakan deodoran atau antiperspiran yang tepat.
  • Mengganti pakaian bekas digunakan setelah berolahraga atau beraktivitas yang menyebabkan keringat berlebih.
  • Membiasakan diri dengan pola makan yang sehat dengan gizi seimbang.
  • Hentikan kebiasaan merokok dan konsumsi minuman beralkohol.

Demikianlah beberapa hal yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah bau badan yang mengganggu. Jika bau badan yang Anda alami tidak juga dapat dihilangkan, maka sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat untuk masalah bau badan Anda.

Baca juga: