Peran Big Data dalam Meningkatkan Strategi Digital Marketing

Peran Big Data dalam Meningkatkan Strategi Digital Marketing

Saat ini proses pengumpulan dan pemilahan data untuk analisis bukanlah hal baru bagi kita, terutama untuk pelaku bisnis dan perusahaan. Big Data menjadi hal penting dalam dekade terakhir karena dunia kita bergeser ke lingkungan yang lebih digital. Data sudah bisa disebut seperti mata uang di era digital ini. Data adalah apa yang akan memandu upaya strategis dalam perusahaan karena membantu pemasar memahami target audiens mereka untuk membuat kampanye yang lebih dipersonalisasi dan lebih efektif.

Big Data dan digital marketing saling berhubungan satu sama lain karena tujuannya. Big Data berfungsi untuk meningkatkan traffic dengan menargetkan orang atau audiens yang tepat. Big Data juga membantu dalam mengatur kampanye untuk audiens yang ditargetkan. Hal tersebut pun juga terjadi dalam digital marketing. Tujuan utama digital marketing adalah untuk meningkatkan penjualan dan jumlah pelanggan dengan menggunakan strategi dan taktik pemasaran baru. Keduanya saling berhubungan karena tujuannya, terutama untuk melibatkan sebanyak mungkin orang atau audiens.

Lalu apa itu Big Data?

Big Data adalah kumpulan data yang sangat besar, kompleks, terstruktur dan tidak terstruktur, dan terus bertambah setiap waktu. Data ini dihasilkan dari aktivitas internet yang sering dilakukan, baik untuk tujuan pribadi ataupun bisnis.

Sebagai contoh, mungkin awalnya perusahaan hanya punya informasi penting dari Anda berupa data nama, nomor telepon, dan alamat rumah. Namun saat ini, data yang perusahaan miliki semakin beragam, mulai dari postingan di media sosial bahkan sampai riwayat belanja di marketplace, sehingga pencarian di search engine yang akan menunjukkan ketertarikan Anda tentang suatu topik.

Maka dari itu Big Data memainkan peran penting dalam digital marketing karena membantu perusahaan dan bisnis menentukan wawasan bisnis mereka. Ini memberikan semua informasi yang diperlukan mengenai pasang surut mereka, termasuk perilaku pelanggan terhadap bisnis mereka.

Kemudian, apa manfaat Big Data dalam meningkatkan strategi digital marketing?

1. Targeted Audience

Big Data membantu terjalinnya hubungan dengan pelanggan yang tepat dan berharga. Pendekatan ini membantu marketer, pelaku bisnis, dan perusahaan untuk menetapkan siapa target yang tepat dengan menggunakan analisis pencocokan perilaku pelanggan. Setelah sudah mendapatkan pemahaman secara mendalam dari Big Data Analytics, maka data dapat ditindaklanjuti dalam menyusun strategi, bagaimana memanfaatkan wawasan atau informasi yang berguna tersebut untuk diaplikasikan kedalam kegiatan digital marketing.

2. Personalisasi Pelanggan

Menggunakan Big Data dapat memprediksi preferensi pelanggan dengan baik, personalisasi produk yang diinginkan, hingga menawarkan produk yang relevan. Kegiatan pemasaran ini membuka peluang untuk bisa mengetahui preferensi yang diinginkan oleh pelanggan dan kebutuhan pelanggan secara spesifik dari rekomendasi produk yang ditawarkan.

Sebagai contoh, ketika Anda ingin membeli sebuah produk di e-commerce, setelah lama mencari produk tersebut, Anda mendapatkan satu produk yang pas dan sesuai kebutuhan. Namun, Anda hanya menaruhnya di keranjang, kemudian dengan bantuan data yang telah terekam dalam kegiatan di e-commerce tadi, maka Anda akan mendapatkan notifikasi secara personalisasi seperti:

“Hai (nama Anda), produk belanjaan yang kamu pilih sedang diskon nih, segera check-out sebelum kehabisan!”

Pendekatan secara personal meningkatkan kemungkinan pelanggan membaca notifikasi, sehingga meningkatkan kemungkinan transaksi secara langsung.

3. Membantu merancang marketing campaign lebih baik

Salah satu penggunaan Big Data dalam menargetkan kebutuhan pelanggan dan mengembangkan konten yang informatif adalah mengumpulkan perilaku pelanggan dengan memanfaat file cookie di website Anda.

File cookie adalah proses pengumpulan informasi tentang aktivitas pelanggan saat melakukan kegiatannya di internet. Setiap kali orang berselancar di internet, secuil informasi berkaitan dengan aktivitas mereka di website tersebut dapat dikumpulkan untuk diproses lebih lanjut. Dengan informasi ini, Anda dapat membuat marketing personal yang ditargetkan kepada setiap individu berdasarkan pola belanja dan kemampuan belanja mereka. Dengan Big Data analytics tool, data dilaporkan beserta dengan solusinya sehingga Anda dapat membuat rencana campaign yang lebih baik.

4. Membantu Decision Making yang Tepat

Penggunaan Big Data dalam digital marketing, membantu Anda membuat keputusan harga sedetail mungkin. Selain itu, Big Data juga memungkinkan Anda menghemat waktu serta mendapatkan wawasan yang lebih akurat, sehingga sedikit peluang terjadi kesalahan untuk memutuskan keputusan.

5. Meningkatkan layanan konsumen

Big Data dapat meningkatkan pengalaman konsumen saat menggunakan layanan Anda. Ketika seorang pelanggan puas dengan layanan Anda, maka penjualan pun akan meningkat seiring waktu. Cara Big Data mengubah layanan konsumen adalah dengan penggunaan software chatbot atau yang disebut sebagai mesin penjawab otomatis.

Selain untuk digital marketing, Big Data juga dapat mendukung pengambilan keputusan stategis dalam bisnis, tidak terpaku pada besar atau kecilnya operasi perusahaan Anda, Big Data akan memberikan wawasan dan menjadi kekuatan di setiap tantangan dalam menciptakan keputusan penting. Anda bisa menggunakan Big Data platform telkom, untuk meningkatkan strategi digital marketing dan membantu untuk membuat keputusan penting. Dengan Big Data platform telkom perusahaan juga dapat memperoleh benefit dari kondisi operasional secara realtime dan membantu dalam distribusi produk secara modern sehingga dapat meningkatkan efisiensi perusahaan.

Baca juga: