adplus-dvertising


Ketahui 5 Tips untuk Meningkatkan Pengalaman Pelanggan Toko Anda

Ketahui Tips untuk Meningkatkan Pengalaman Pelanggan Toko Anda

Jika Anda mencari bisnis yang berulang sebagai perusahaan ritel, salah satu hal yang perlu Anda fokuskan adalah pengalaman pelanggan (Customer Experience, CX). Bagaimana pengalaman pelanggan, tidak hanya ketika mereka berada di toko Anda, tetapi juga ketika mereka berinteraksi dengan merek Anda secara online atau purna jual.

Hal itu akan menentukan apakah mereka akan membeli dari Anda lagi atau tidak di masa depan. Dibutuhkan perhatian Anda untuk memastikan pengalaman itu berkesan positif.

Tips Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

Tips Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

Berikut ini adalah beragam tips untuk meningkatkan pengalaman pelanggan ritel anda yang mungkin belum diketahui.

1. Mulailah dengan Audit

Anda mungkin berasumsi bahwa setiap pengalaman pelanggan adalah positif, tetapi tanpa umpan balik, Anda tidak dapat memastikannya. Kirim pembeli rahasia ke toko Anda, dan minta mereka untuk melaporkan kembali pengalaman mereka dengan:

  • Tata letak toko.
  • Kemampuan mereka untuk menemukan apa yang mereka butuhkan.
  • Keramahan dan keseriusan mitra penjualan.
  • Kecepatan dan kemudahan proses checkout.

Jika Anda hanya beroperasi sebagai bisnis e-niaga, Anda dapat menggunakan prinsip yang sama dengan meminta beberapa orang yang Anda kenal untuk mengunjungi situs web Anda dan melakukan pembelian, memberikan umpan balik pada titik data yang sama terutama jika Anda menggunakan layanan obrolan langsung.

Saat Anda mendapatkan umpan balik, lihat apa masalahnya. Mungkin seorang rekan penjualan sedang memainkan teleponnya ketika seorang pembeli mencoba untuk mendapatkan perhatiannya. Atau mungkin proses checkout online terlalu lama dan pembeli frustasi.

Hal inilah yang dapat Anda tangani segera melalui pelatihan untuk memastikan pengalaman pelanggan Anda tidak membuat pelanggan potensial berlari ke arah yang berlawanan.

2. Lay Out Produk dengan Cara yang Menarik

Pelanggan berbelanja dengan “mata” mereka, dan etalase dapat meningkatkan penjualan secara drastis jika Anda mengaturnya dengan cara yang menarik. Misalnya, jika Anda memiliki tabir surya yang belum terjual dengan baik, susunlah di atas meja yang dilapisi pasir dengan bola pantai dan kacamata hitam.

Hal ini membuat pembeli berhenti untuk mengambil semuanya, dan pada saat itu, Anda memiliki kesempatan untuk membuat mereka tertarik pada produk yang terfokus. Jika Anda ingin menawarkan diskon juga, Anda akan menjual lebih banyak lagi dengan tampilan Anda.

3. Pikirkan Tentang Arus Lalu Lintas

Pernahkah Anda ke toko di mana Anda harus berjuang untuk menemukan jalan di antara rak pakaian atau rak pajangan? Ini mengecewakan. Dan sementara pelanggan mungkin tidak memikirkannya, ketika mereka mempertimbangkan tempat untuk berbelanja nanti, mereka mungkin telah mencoret Anda dari daftar itu karena mereka tidak merasa nyaman di toko Anda.

Beri banyak ruang di antara rak atau rak. Pembeli harus bisa berjalan tanpa menabrak apapun atau menabrak pelanggan lain. Jangan membuat rak lebih tinggi dari yang bisa dicapai. Terkadang, lebih sedikit lebih baik dalam hal desain.

4. Bicaralah dengan Staf Anda

Jika Anda memiliki karyawan, Anda harus menyampaikan betapa pentingnya membuat setiap pembeli merasa diterima. Terkadang ketika Anda mempekerjakan karyawan yang tidak berpengalaman dengan upah minimum, Anda tidak mendapatkan karyawan yang merasa berhutang lebih dari sekadar muncul dan memeriksa orang lain.

Jadi mulailah dalam proses wawancara. Temukan orang-orang yang benar-benar tampak bersemangat membantu orang dan bekerja di ritel.

Terus tekankan pentingnya menyambut pelanggan saat mereka masuk dan menawarkan bantuan jika mereka membutuhkannya. Sekali lagi, pemeriksaan sesaat dengan pembelanja rahasia dapat memberi tahu Anda apakah karyawan Anda melakukan pekerjaan mereka dengan benar.

5. Pertimbangkan Cara Membuat Pengalaman Pelanggan Anda Lebih Baik

Ada sejuta sentuhan kecil yang dapat Anda berikan yang akan meningkatkan pengalaman pembeli. Anda dapat menyediakan sesuatu di toko Anda untuk memberikan rasa yang nyaman, atau menawarkan pembeli sebotol air.

Berikan permen lolipop untuk anak-anak yang berada di toko Anda. Bahkan senyum yang tulus dapat membuat orang ingin kembali dan berbelanja dengan Anda lagi.

Tidak sulit untuk melakukan penjualan awal. Namun, semakin sulit, semakin banyak pelanggan akan kembali dan membeli dari Anda lagi dan lagi. Dimulai dengan memastikan bahwa pengalaman yang mereka miliki dengan merek Anda, menyenangkan dan tak terlupakan.

Baca juga: Penga